Masuki Ekonomi Digital BNI Ajak Pelaku UKM Kembangkan e-Commerce

Masuki Ekonomi Digital BNI Ajak Pelaku UKM Kembangkan e-Commerce
Berita UKM Nasional Dunia UKM Liputan Media UKM Indonesia

Masuki Ekonomi Digital BNI Ajak Pelaku UKM Kembangkan e-Commerce – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau disingkat dgn BNI, mengajak mitra binaannya yang tergolong Usaha Kecil Menegah (UKM), untuk dapat terlibat secara aktif di Rumah Kreatif Badan Usaha Milik Negara (RKB) yang berada di Kabupaten Jembrana, Bali. RKB BNI merupakan wadah bagi UKM untuk berkembang dan berkolaborasi, sebagai bagian dari Digital Economy Ecosystem. Para mitra binaan yang aktif di RKB BNI, akan mendapatkan pembinaan untuk peningkatan kapasitas dan kapabilitas dalam mengembangkan peluang usaha yang mereka miliki melalui pasar digital atau e-commerce.

Peresmian RKB Jembrana dilaksanakan di Gedung Kesenian Ir. Soekarno Senin, (16/10/2017). Hadir dalam kesempatan tersebut Pemimpin BNI Kantor Wilayah Bali NTB & NTT, Putu Bagus Kresna, dan Bupati Jembrana, I Putu Artha, beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah. RKB dibangun sebagai salah satu pusat data dan informasi, sekaligus sebagai pusat edukasi, pengembangan dan digitalisasi UMKM.
“Kami berharap RKB BNI ini dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan industri kreatif yang ada di Jembrana,” kata Kresna dalam siaran pers yang diterima Tribun Bali.
Sementara itu Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian & Perdagangan Kabupaten Jembrana, Made Gede Budhiarta, menjelaskan saat ini terdapat lebih dari 40 mitra binaan Rumah Kreatif BUMN yang sudah teregistrasi di portal blanja.com.

“Beberapa produk unggulan dari Jembrana, seperti kain songket, kerajinan batok kelapa serta produk kreatif dari bahan daur ulang, sudah dapat dibeli oleh konsumen melalui blanja.com,” ungkapnya.
Para UKM yang tergabung di RKB BNI ini, nantinya akan mendapatkan training berupa registrasi dan akses pemasaran melalui situs belanja terkemuka saat ini yaitu blanja.com.
Kemudian untuk memudahkan para UKM melayani konsumennya, baik yang berada di dalam negeri maupun luar negeri, BNI telah melengkapinya dengan berbagai fasilitas pembayaran online (e-payment), seperti BNI Debit Online, BNI SMS Payment, BNI Kartu Kredit serta BNI Virtual Account Payment.

Rental Mobil Instagram Post

Dalam kesempatan tersebut, disepakati juga kerjasama antara BNI dan Pemkab Jembrana terkait pemanfaatan fasilitas jasa dan layanan perbankan, seperti pembiayaan KUR untuk UMKM, fasilitas Cash Management, Branchless Banking (Keagenan/Laku Pandai), fasilitas pembayaran pajak dan penerimaan daerah lainnya secara online, serta pengelolaan aktivitas jasa dan keuangan lainnya. “BNI berkomitmen mendukung pembiayaan kepada para pelaku UKM, dalam penambahan modal usaha dan memberikan kemudahan dalam mengakses layanan transaksi keuangan,” imbuhnya. (*)

sumber : bali.tribunnews.com