Manfaat Kolang Kaling Untuk Tubuh

Manfaat Kolang Kaling Untuk Tubuh
Dunia UKM Informasi Kesehatan

Manfaat Kolang Kaling Untuk Tubuh – Buah dari biji pohon aren ini selalu laris manis dijadikan bahan olahan es, apalagi saat bulan Ramadan. Teksturnya yang kenyal dengan rasa khas serasi dipadukan dalam banyak minuman, seperti es campur, es buah, sup buah, es teler, dan sebagainya. Tak cuma segar, kolang-kaling ternyata juga tinggi nutrisi, lho! Ini dia lima manfaat kolang kaling untuk tubuh yang perlu kamu tahu.

1. Menghidrasi tubuh

Salah satu manfaat kolang-kaling adalah membuatmu tetap terhidrasi, karena kandungan airnya yang tinggi, yakni mencapai 93,8 persen dalam 100 gram. Karena sifatnya ini, asupan air harian bisa bertambah dengan mengonsumsi kolang-kaling. Ditambah lagi, buah ini mengandung sejumlah mineral dan vitamin seperti zat besi, fosfor, hingga kalsium. Namun ingat, minum air putih tetap jadi prioritas utama dalam memenuhi kebutuhan cairan tubuh, sedangkan kolang-kaling hanya jadi variasi supaya tidak bosan.

2. Mengenyangkan

Setiap 100 gram kolang-kaling mengandung 4 gram karbohidrat, 0,9 gram protein, dan 1,6 gram serat kasar. Karena itu, makanan ini mampu memberi massa untuk dicerna dan mengenyangkan. Kolang-kaling bisa juga jadi alternatif camilan atau menu diet, karena bisa memberi rasa kenyang, tapi rendah kalori. Dengan catatan kamu gak menyantapnya dengan gula atau santan yang banyak, ya!

3. Melancarkan pencernaan

Manfaat lain makanan berwarna transparan ini adalah melancarkan sistem pencernaan. Alasannya, karena kolang-kaling mengandung serat kasar yang setara dengan sayuran, seperti gandum hingga bayam. Serat kasar alias serat tak larut tidak bisa larut dalam cairan. Ia menambah massa feses dan mendukung pergerakan organ pencernaan. Selain untuk pencernaan, serat jenis ini berguna pula untuk menurunkan risiko penyakit dalam seperti diabetes, hipertensi, sampai stroke apabila dikonsumsi secara alami.

4. Bisa bikin awet muda

Buah aren atau kolang-kaling ternyata mengandung senyawa gula polisakarida bernama galactomannan. Senyawa ini dipercaya memiliki fungsi sebagai antioksidan dan menghambat proses penuaan. Pharmacognosy Research memuat jurnal penelitian soal fakta tersebut. Hasilnya, galactomannan dapat memerlambat lebih dari 50 persen tirosinase, yakni senyawa yang bekerja dalam sintesis melanin serta memberikan warna kulit.

5. Menjaga kepadatan tulang

Ada sekitar 91 gram kalsium dan 243 gram fosfor yang terkandung dalam 100 gram kolang-kaling. Karena itulah, buah ini cukup baik memelihara kesehatan dan kekuatan tulang. Selain tulang, fosfor juga berfungsi memerkuat gigi, mencegah risiko osteoporosis, memelihara jaringan tubuh, menghasilkan energi, hingga menjaga fungsi syaraf.

Bahan pangan dengan nutrisi setinggi apa pun tidak akan pernah bekerja optimal untuk tubuh kalau gak diolah dengan cara tepat. Kolang-kaling misalnya, manfaatnya bisa saja hilang jika dalam bentuk manisan dengan gula tinggi, bahkan dikonsumsi berlebihan dalam olahan es campur. Bukannya sehat, risiko obesitas dan diabetes justru bisa menghantui. Karena itu, kontrol setiap makanan yang kamu konsumsi.

sumber:www.idntimes.com

About Sasi RWD

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA