Jumat, 10 Februari 2017 03:39:06
Dilihat sebanyak 1.625 kali

Keuntungan Menggunakan Analytic Tool Untuk UKM

Keuntungan Menggunakan Analytic Tool Untuk UKM

Ketika menjalankan sebuah bisnis, Anda tentu ingin bisa membaca pikiran pelanggan. Disadari atau tidak, Anda sebenarnya memiliki sesuatu yang bisa digunakan untuk membaca pikiran pelanggan.

Analitik bisa menjadi intel yang cerdas bagi para pemilik UKM. Ketika Anda mengetahui perilaku pengunjung website, bagian website mana yang paling efektif dan mana yang diabaikan, Anda dapat memahami apa yang diinginkan pengunjung, sehingga Anda dapat menyediakan apa yang mereka inginkan bahkan sebelum mereka mengunjungi website kembali.

google analytics banner - Keuntungan Menggunakan Analytic Tool Untuk UKM

Penjelasan Analytic tool

Google Analytics adalah layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web. Google Analytics dapat menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu, termasuk mesin pencari, iklan, jaringan pay-per-click, email marketing, dan juga tautan yang terkandung dalam dokumen PDF. Jika diintegrasikan dengan AdWords, Google Analytics juga bermanfaat untuk menganalisis efektfitas iklan AdWords yang dipasang di Google. Dengan Google Analytics, pengguna dapat mengetahui iklan dan kata kunci apa yang paling banyak merujuk ke situs web pengguna. Aplikasi Google Analytics dapat di akses melalui alamat http://google.com/analytics/. Google Analytics juga digunakan untuk mengetahui kepadatan trafik dari website/blog. Dengan menggunakan Google Analytics seseorang dapat membuat report tentang trafik website/blog dalam jangka waktu harian, mingguan, atau bulanan. Untuk mendaftar pada Google Analytics, seseorang hanya perlu memiliki akun Google

Google Analytics merupakan solusi analisis web tingkat perusahaan yang memberikan wawasan kaya tentang kunjungan situs web dan efektivitas pemasaran. Kini, fitur yang canggih, luwes, serta mudah digunakan membuat Anda dapat melihat dan menganalisis data kunjungan dengan cara baru. Dengan Google Analytics, Anda dapat membuat iklan yang lebih bertarget, memperkuat program pemasaran, dan membuat situs web dengan konversi yang lebih tinggi.

Punya blog tentu tidak sekedar menulisinya. Blogger juga harus tahu bagaimana melihat efektivitas tulisannya dalam memberikan manfaat bagi para pembacanya. Kecuali tujuan anda ngeblog hanya untuk menambah media untuk curhat nggak jelas, selain Facebook dan Twitter, Anda sebaiknya melengkapi blog dengan tools yang akan memberi tahu banyak hal tentang kebiasaan pengunjung blog anda. Dengan mengetahui banyak hal dari karakteristik pengunjung, diharapkan anda bisa lebih meningkatkan mutu konten demi meningkatkan trafik kunjungan ke blog anda.

Fungsi Umum Google AnalyticsTools yang umum digunakan oleh blogger sedunia untuk mendapatkan informasi lengkap seputar pengunjung blog adalah Google Analytics. Secara umum fungsi Google Analytics adalah:

Mengetahui jumlah pengunjung berdasarkan rentang waktu tertentu, perhari, perminggu, perbulan atau jumlah total. Jumlah pengunjung juga bisa dikategorikan pada pengunjung baru (new visitor) dan pengunjung berulang (returning visitor)
Halaman atau artikel yang paling sering dikunjungi berikut jumlah total kunjungan pada masing-masing halaman
Mengetahui berapa lama rata-rata waktu yang dihabiskan pengunjung di blog
Mengetahui sumber kedatangan pengunjung. Pilihannya adalah Mesin pencari (search engine), Pengunjung langsung (direct traffic), dari website lain (referring website) dan lainnya (other)
Mengetahui asal negara pengunjung
Fungsi Khusus Google AnalyticsAku telah menjelaskan beberapa fungsi umum dari Google Analytics diatas. Selanjutnya Google Analytics juga memberikan laporan yang lebih detail tentang pengunjung. Berikut ini hal-hal detil yang aku ketahui bisa didapat dari Google Analytics :

Pengunjung (Visitors)Pada bagian ini, anda dapat melihat laporan mengenai :

Total Kunjungan
Total kunjungan baru (pengunjung yang baru pertama kali datang ke blog anda)
Rata-rata waktu yang dihabiskan oleh pengunjung di blog
Kesetiaan pengunjung. Ini dilihat dari data jumlah kunjungan seseorang ke blog anda. Jika berulang maka pengunjung ini dikategorikan sebagai pengunjung setia
Persentasi pengunjung baru dengan total kunjungan
Asal negara pengunjung dan bahasa yang digunakan pengunjung
Jenis browser dan sistem operasi yang digunakan pengunjung
Resolusi monitor pengunjung
Jenis gadget yang digunakan pengunjung (Komputer, Handphone) dan sistem operasi handphone yang digunakan pengunjung
Kecepatan koneksi pengunjung
ISP pengunjung berikut nama ISP tersebut
Sumber Trafik (Traffic Sources)Google Analytics juga memberikan laporan detil tentang dari mana pengunjung menemukan blog kita.

Hal-hal yang bisa dilihat adalah :

Asal kunjungan. Seperti yang aku sebutkan sebelumnya, asal kunjungan dikategorikan berdasarkan kunjungan dari search engine, website refferal dan kunjungan langsung. Kita bisa mengambil kesimpulan hal-hal manakah yang mendatangkan pengunjung terbanyak ke blog kita. Apakah dari optimasi SEO (Search Engine), kegiatan blogwalking dan tebar backlink (Referring Sites) atau dari kunjungan langsung (promosi dari selain blogwalking dan tebar backlink)
Persentase asal kunjungan. Bloghery.info contohnya, mendapatkan lebih dari 78% pengunjungnya dari google.com dan google.co.id, 13% kunjungan langsung, facebook.com 1.34% selain dari kaskus.us dan twitter dengan porsi yang lebih kecil. Data ini diambil dari rentang waktu 9 Sept 2010 hingga saat artikel ini ditulis
Keyword yang menjadi sumber trafik. Dari sini bisa dinilai bagaiman efektivitas susunan keyword yang menjadi magnet bagi pengunjung blog. Aku mendapati blog ini menikmati kucuran trafik yang cukup deras dari keyword perihal mengganti logo blogger pada address bar (favicon)
Konten (Content) Pada bagian konten, aku bisa melihat laporan yang rinci mengenai :

Artikel/Posting mana yang paling banyak dikunjungi
Artikel paling akhir yang dibaca oleh pengunjung sebelum meninggalkan blog. Dari poin 1 dan 2 ini bisa diambil kesimpulan apakah pengunjung cukup tertarik dengan artikel-artikel lain di blog kita. Jika poin 1 dan 2 mengacu pada judul artikel yang sama, secara kasar bisa disimpulkan bahwa konten di blog kurang menarik perhatian pengunjungDemikianlah, dengan memahami hasil laporan dari Google Analytics kiranya kita bisa mengevaluasi perbandingan antara tujuan pembuatan blog dengan hasil yang ditunjukkan. Jangan sampai tujuan pembuatan blog tidak sama dengan hasil yang kelihatan.

Google analytics - Keuntungan Menggunakan Analytic Tool Untuk UKM

 Berikut 3 keuntungan menggunakan analytic tool bagi UKM.

Mengetahui dari mana trafik berasal

Hal paling penting yang perlu diketahui adalah dari mana trafik website berasal. Dengan melakukan analitik, Anda akan mengetahui bagaimana pengunjung bisa sampai ke website.

Anda dapat mengidentifikasi seberapa banyak rujukan yang didapat dari mesin pencari dan kata kunci apa yang sering digunakan audiens untuk menemukan website Anda.

Jika kata kunci yang terbanyak digunakan tidak ada dalam sumber rujukan, Anda mungkin perlu mencari cara untuk meningkatkan SEO yang difokuskan pada kata kunci tersebut.

Mengetahui sumber trafik website juga dapat membantu Anda untuk lebih memahami berapa banyak pengunjung yang berhasil dijangkau melalui newsletter, email, dan media sosial.

Anda bisa mengetahui posting-an atau email mana yang mendapat respon terbanyak dan kapan waktu paling efektif untuk berkomunikasi dengan para pelanggan.

Anda juga bisa mengetahui website-website mana yang terhubung dengan website Anda atau yang membicarakan tentang bisnis Anda.

Mengetahui apa yang orang-orang suka dan tidak suka dari website Anda

Apapun yang orang katakan tentang apa yang mereka suka dari website Anda, hasil analitik tidak akan bohong.

Analitik tidak hanya bisa mengidentifikasi halaman yang paling popular dan seberapa lama waktu yang dihabiskan pengunjung di website, tapi juga bisa mengidentifikasi halaman “exit” atau halaman terakhir yang dikunjungi sebelum pengunjung memutuskan untuk meninggalkan website.

Hal ini sangat penting untuk diketahui mengingat semakin lama pelanggan menjelajah sebuah website, semakin besar peluang terjadinya transaksi bisnis. Mengetahui halaman mana yang mereka sukai dapat membantu menemukan cara untuk meningkatkan kualitas halaman tersebut, sehingga pengunjung semakin betah berselancar di website Anda.

Menganalisis konversi dengan penjualan

Mengetahui perbandingan antara jumlah pengunjung dan penjualan bisa menjadi bahan evaluasi seberapa signifikan peran website Anda dalam mengubah pengunjung menjadi pelanggan.

Walaupun tujuan utama dari website Anda bukan untuk penjualan, seperti misalnya hanya sekadar untuk mengajak pengunjung mengisi formulir atau survei, Anda bisa menentukan strategi pemasaran yang efektif dan produk yang cocok untuk pelanggan dengan mengetahui seberapa besar konversi yang didapat.

Tidak setiap halaman harus bisa dikonversi, namun mengetahui halaman mana yang bekerja dengan baik dan mana yang tidak, bisa menjadi penentu apakah menuai kesuksesan atau kegagalan.

Website yang paling efektif adalah yang mudah di-navigasi-kan, mengundang perhatian, dan informatif. Membangun website dengan domain yang terpercaya seperti .com atau .net (atau bahkan .tv jika konten website Anda sebagian besar adalah video) merupakan cara yang efektif karena ekstensi domain ini sudah dikenal banyak orang dan mudah dibaca oleh SEO.

Ditambah dengan analisis tentang bagian mana yang bekerja dengan baik di website dan mana yang tidak, akan membantu Anda membuat strategi online yang efektif.

 Lalu, bagaimana caranya memulai melakukan analisis pada website?

Anda bisa memulai dengan menggunakan analytic tool yang berbiaya rendah atau bahkan gratis seperti Google Analytics.

Melalui layanan ini, Anda bisa mendapatkan informasi berharga tentang seberapa banyak pengunjung yang datang ke website dalam periode tertentu, berapa banyak pengunjung mengklik link dalam website, berapa lama waktu yang mereka habiskan di website, dan lainnya.

Anda juga bisa mendapatkan data mengenai sumber trafik, kata kunci yang paling banyak mendorong trafik, dan trafik mana yang banyak menghasilkan konversi dan penjualan.

Seluruh informasi ini akan mendorong kepercayaan diri Anda dalam membangun strategi yang kuat untuk mengoptimasi konten website, kata kunci, dan lain sebagainya.

 

Referensi marketing.co.id

About Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA