Rabu, 7 Februari 2018 17:18:07
Dilihat sebanyak 1.169 kali

Ini Alasan Kenapa UKM Harus Go Online !!

Ini Alasan Kenapa UKM Harus Go Online !!
Dunia UKM Kampung UKM Digital

BISNIS RIAU – Go Online adalah sebuah langkah memasuki dunia internet untuk memperluas jaringan pemasaran. Ini adalah langkah yang sekarang ini dilakukan hampir semua usaha, termasuk UKM. Langkah ini penting dilakukan UKM mengingat banyaknya manfaat ketika melakukan langkah Go Online. Apa saja keuntungan UKM ketika memasuki online ?

  1. Memperluas Jaringan Pasar

Strategi pemasaran modern sekarang tidak hanya berpatok pada kecakapan para sales menjelaskan keungguan sebuah produk. Melainkan juga dikerjakan berbagai konten promosi yang disebarkan mealui media sosial, blog dan website.

Keunggulan dari pemasaran online adalah adalah persebarannya yang tidak terbatas oleh jarak dimanapun di muka bumi. Hal ini memungkinkan produk kita tersiar kepada begitu banyak orang di luar sana yang selama ini tidak bisa kita jangkau dengan hanya mengandalkan strategi pemasaran offline. Banyaknya orang yang bisa kita jangkau itu tentu saja menjadi alat kita membangun jaringan pasar menjadi jauh lebih luas dengan biaya yang sangat minimal.

  1. Lebih Mudah Mendapatkan Pelanggan Baru

Kecepatan menyebar dan banyaknya jumah orang yang bakal melihat promosi produk Anda otomatis akan mempercepat UKM Anda mendapatkan pembeli atau pelanggan baru. Soalnya, pemasaran online membuat banyak orang akan mendapat informasi produk Anda. Stratagi pemasaran offline memiliki keterbatasan menjangkau orang-orang dengan letak geografis yang jauh karena itu bakal menghabiskan dana perusahaan. Tetapi melalui strategi pemasaran online akan ada banyak orang di luar sana yang menemukan produk kita karena mereka membutuhkannya. Mesin Google sangat membantu produk-produk seperti ini bertemu dengan orang-orang yang membutuhkannya.

  1. UKM Menjadi Lebih Profesional

Memasuki dunia online berarti memasuki dunia persiangan modern. Tetapi percayalah, setiap produk sepanjang produk itu memang menawarkan fungsi yang bisa menjawab kebutuhan orang, maka produk itu tidak akan terlalu sulit bertemu dengan calon pembelinya. Strategi pemasaran online juga akan membangun branding produk dan perusahaan Anda menjadi jauh lebih kuat dan terkesan profesional karena telah tersiar kemana-mana. Ini adalah langkah besar yang bisa jadi bakal membawa usaha atau UKM Anda ke jenjang pengembangan yang lebih besar.

Demikian tiga fungsi utama kenapa UKM harus masuk strategi pemasaran online. Hanya saja, memasuki pemasaran online berarti juga harus siap dengan konsekuensinya. Berbeda dengan strategi pemasaran offline yang biasanya hanya menjangkau area terbatas, pemasaran online memungkinkan produ Anda idbeli oleh orang dari tempat yang jauh bahkan luar negeri. Maka Anda harus siap menunjukkan kemampuan melayani pembeli seperti itu. Caranya, kuasai pula persoalan packaging, masalah pengiriman yang aman, murah dan cepat serta kemampuan selalu merespon komunikasi para calon pelanggan.

 

Sumber : berdesa.com

About Wina Rahma Fitri

Wina Rahma Fitri "I'm a Programmer, and coding is my life"