Jika Potensi UMKM Go Online, Bisa Kalahkan Alibaba

Jika Potensi UMKM Go Online, Bisa Kalahkan Alibaba
Berita UKM Nasional Dunia UKM

BisnisRiau, Jakarta – Bank Indonesia (BI) meyakini jika potensi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Indonesia digabungkan dalam satu wadah online, bisa mengalahkan Alibaba.

Direktur Departemen Pengembangan UMKM BI Yunita Resmi Sari menuturkan, saat ini jumlah UMKM di Indonesia sekitar delapan juta. Ketika semua UMKM tersebut go online masuk sistem e-commerce, tak dipungkiri bisa mengalahkan Alibaba karena Indonesia memiliki beragam jenis UMKM.

“Kita juga tergabung dengan inisiatif pemerintah ada UMKM go online, kalau itu sudah terlaksana jadi kita ini industri kreatif ada delapan juta. itu kalau bisa masuk Alibaba bisa kalah,” kata Yunita saat konferensi pers di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Selasa, 17 Juli 2018.

Demi mendukung kegiatan UMKM lebih bergairah, Yunita menuturkan BI mengklaim sudah melakukan beberapa insentif seperti memperluas e-commerce khusus UMKM dengan proteksi hak cipta, proteksi pembayaran, dan proteksi akses keuangan.

“Jadi itu insentif bagi UMKM untuk berkembang,” ucap dia.

Di sisi lain, lanjut Yunita, sejauh ini beberapa jenis UMKM yang menjadi andalan BI untuk dapat dipasarkan di luar negeri adalah industri kreatif yang terdiri dari fesyen dan kriya, serta komoditas ekspor, seperti kopi.

“Kalau misalnya di sektor mana yang difokuskan kalau dari binaan kami (BI) adalah UMKM yang bergerak di sektor kreatif dan komoditas ekspor,” pungkas dia.

sumber : metrotvnews.com