Kamis, 19 Agustus 2021 10:31:15
Dilihat sebanyak 407 kali

Hipmi Sebut Sektor UKM Harus Diberikan Ruang untuk Bangkit

Hipmi Sebut Sektor UKM Harus Diberikan Ruang untuk Bangkit
Berita UKM Nasional Dunia UKM Liputan Media

Ketua Bidang Keuangan dan Perbankan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Ajib Hamdani mengatakan sektor Usaha Kecil Menengah (UKM) mampu menjadi penopang daya ungkit ekonomi dalam masa pandemi.Menurutnya, UKM mesti diberikan ruang untuk bangkit.

“Pertumbuhan ekonomi yang ditargetkan sebesar 3,8 persen secara agregat pada akhir tahun 2021, menjadi target yang penuh tantangan, terutama kondisi pandemi yang terus berkepanjangan,” ucapnya di Jakarta, Senin (9/8/2021).

Salah satu faktor daya ungkit pertumbuhan UKM, selain permodalan, adalah tingkat kemudahan melakukan usaha atau ease of doing business (EODB).

Dengan jumlah mencapai 64,19 juta UKM, menjadi penopang 60,3 persen PDB, dan diproyeksikan terus meningkat.

Kebijakan Online Single Submission (OSS) diharapkan memberikan kemudahan buat para pelaku usaha, minimal dalam empat hal.

“Pertama, mempermudah melakukan izin usaha maupun izin operasional dalam mekanisme pemenuhan persyaratan. Kedua, pelaku usaha langsung terhubung dengan pihak terlibat secara aman, cepat dan real time. Ketiga, fasilitas pelaporan dan pemecahan masalah perizinan. Keempat, menyimpan data perizinan dalam satu identitas NIB,” tutur Ajib.

Pada 9 Agustus 2020, Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, meresmikan peluncuran Sistem Online Single Submission (OSS) Berbasis Resiko.

Peluncuran program ini merupakan wujud nyata komitmen Presiden Jokowi untuk terus mendorong deregulasi dan debirokratisasi yang menjadi program pokok dalam periode kepemimpinan kedua ini.

Para pelaku usaha, investor dan para UKM bisa melakukan proses perijinan dengan lebih cepat.Layanan perizinan ini dilakukan secara online dan terintegrasi dengan paradigma berbasis risiko.

sumber : Tribunnews.com

 

About Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA