Dinas Koperasi Melakukan Pelatihan Pelaku UMKM Pekanbaru Pada Masa Pandemi

Dinas Koperasi Melakukan Pelatihan  Pelaku UMKM Pekanbaru Pada Masa Pandemi
Berita UKM Nasional Bisnis Pekanbaru Dunia UKM Inspirasi Bisnis

Pekanbaru  Wabah Covid–19 menimbulkan dampak dari berbagai sektor, salah satunya adalah sektor perekonomian masyarakat bawah.

Hal ini sangat dirasakan secara signifikan oleh para pelaku Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM) yang mengalami berbagai permasalahan. Seperti penurunan penjualan, permodalan, distribusi terhambat, kesulitan bahan baku, produksi menurun dan PHK buruh dan ini menjadi ancaman bagi perekonomian daerah.

Untuk membangkitkan kembali pelaku UMKM , Berbagai upaya dilakukan Dinas Koperasi , Kecil dan Menengah (Diskop UKM) Kota Pekanbaru untuk membantu para pelaku UMKM. yang disupport langsung oleh DPRD Kota Pekanbaru Hamdani SSI, mereka memberikan pelatihan secara khusus kepada para pelaku UMKM tersebut kemaren.

Rental Mobil Instagram Post

“Saat ini krisis kesehatan berdampak pada krisis ekonomi, yang mengahantam pelaku UMKM. Kita tentunya dinas koperasi, ingin mereka (pelaku UMKM- red), itu tumbuh dan berkembang serta bangkit dari keterpurukan dimasa pandemi ini, ujar Dr Idrus SAg MAg, Kadis Koperasi dan UKM Kota Pekanbaru

Untuk itu, kita usahakan banyak membangun kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk bersama anngota DPRD Kota Pekanbaru dalam membuat pelatihan ini, Ujarnya.

Ditambahkan Idrus, selain kerjasama pelatihan anggota DPRD Kota Pekanbaru juga rutin mensosialisasikan peraturan daerah (perda) terkait UMKM, yang saat ini melibatkan sekitar 700 sampai 800 pelaku UMKM.

Juga pengurus pengurus koperasi serta para masyarakat umum yang ingin menambah kemampuannya. Diskop UKM juga mengandeng pihak swasta dalam melaksanakan pelatihan bagi pelaku UMKM. Baik pelatihan pembuatan masker, tata boga ataupun Bimbingan teknis terhadap pengurus koperasi.

sumber:Riauoke.com

About Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA