Selasa, 18 April 2017 08:39:38
Dilihat sebanyak 2.501 kali

Bisnis Furniture Menguntungkan di Pekanbaru Riau

Bisnis Furniture Menguntungkan di Pekanbaru Riau
Bisnis Pekanbaru Dunia Kerja Dunia UKM Inspirasi Bisnis Menjalankan Bisnis Modul Bisnis Peluang Bisnis Peluang Usaha Riau Bisnis Tips Bisnis

Bisnis Furniture Menguntungkan di Pekanbaru Riau – kata furniture sendiri itu lebih masyhur kalau dalam bahasa sehari-hari kita terutama di Indonesia sendiri lebih disebut dengan sebutan mebel yaitu salah satu peluang usaha yang bergerak dibidang produksi desain perabotan rumah, mulai dari in dan eksterior dengan modal yang juga tidak sedikit tetapi memiliki potensi sukses yang luar biasa.

ya, karena dengan semakin berkembangnya waktu dan zaman, terutama perkembangan trend mebel di mata dunia dengan berjualan berbagai macam serba-serbi mebel untuk perlengkapan rumah adalah peluang usaha yang sangat luarbiasa. terlebih lagi, didukung dengan semakin padatnya penduduk di Indonesia, serta daya kemajuan finansial mereka yang justru semakin konsumtif.

Modal Usaha

Dalam bidang Furniture atau permebelan sendiri bagi para pebisnis pemula ini mungkin merasa kesulitan, terlebih karena tidak ada pengalaman sama sekali dalam bisnis Furniture. Berbeda jika seseorang yang memang sudah memiliki pengalaman dalam bidang memproduksi dan bisnis
Furniture ini. Tetapi menurut saya, tidak ada kata terlambat bagi mereka yang mau berusaha. sebelum memulai bisnis ini alangkah baiknya kita para pemula mempelajari cara memproduksi, memasarkan, dan menawarkan furniture sehingga menjadi orang yang berpengalaman. karena itu
adalah konsep dasar penting supaya bisa mendapatkan keuntungan jangka panjang dalam bisnis ini.

oke, kembali ke topik Modal usaha, Modal usaha untuk bisnis ini bisa sesuai kenginan anda. Apabila Kekurangan modal pribadi, cobalah untuk menjadi reseller atau sales furniture dengan menggunaka sistem dropship. Ini akan memberi anda Pengalaman memasarkan, menjual, Menambah Uang kas, serta pengalaman dunia internet marketing.

Apabila nanti sudah yakin dan matang akan kemampuanmu, anda bisa mengajukan modal ke Bank. Cobalah meminjam modal usaha ke bank atau lembaga keuangan sekitar yang tentu saja mematok bunga rendah.

Niat dan Ketekunan
Bisnis atau usaha tidak semudah membalikkan tangan. hanya perlu modal kecil setelah itu untung besar. tentu itu adalah persepsi yang salah besar juga. Niat tentu saja menjadi prioritas utama dalam memulai bisnis ini, dengan mempunyai niat yang kuat yang disertai dengan ketekunan, kita akan siap secara jasmani dan rohani menghadapi segala rintangan dan resiko yang terjadi saat
memulai suatu bisnis. apabila kita saat ditengah jalan menghadapi problema atau persaingan bisnis yang terjadi dan kita tidak siap secara jiwa raga terutama soal modal usaha.

maka akan berpotensi gagal, gulung tikar, bahkan merugi. jangan sekali-kali mengharapkan keuntungan saja dan tidak memikirkan kelanjutan atau jangka panjangnya demi kelangsungan bisnis mebel ini.

Ketekunan menjadi syarat wajib yang harus kita miliki, jika tidak mau rugi tenaga dan waktu pula. menjalankan bisnis dengan setengah-setengah pasti hasilnya pun akan setengah- setengah. pasti juga konsumen akan lari semua dan kita tidak akan mencapai goal atau tujuan dari kita berbisnis.

Lokasi Strategis
Didalam memulai karir sebagai pengusaha Furniture, maka yang sangat perlu anda pikirkan setelah modal dan partner dalam memulai usaha adalah tempat yang strategis. apabila seseorang mengatakan sulit dalam memilih tempat yang tepat untuk mengawali usaha Furniture, sebenarnya tidak juga. Karena memang sebenarnya tidak sulit, hanya pencarian lokasi atau tempat yang tepat saja sesekali yang menjadi hambatan. terutama untuk menarik perhatian atau simpati pembeli.

Anda bisa menyewa tempat strategis hanya untuk tampilan usaha, tidak perlu luas yang penting elegan dan terkesan pas untuk calon konsumen atau pembeli.

Gudang dan produksi tidak harus ditempat yang strategis, di samping rumah, di halaman rumah kalau luas, atau kalau punya tanah yang cukup dan tidak terpakai bisa juga. asalkan jangan di kamar tidur yaa..hehehe

Nilai plus jika anda mampu menyewa tempat yang cukup luas untuk menyimpan stock sekaligus showroom. Karena ini juga berpengaruh pada minat pembeli dalam mengenal serta berkunjung di tempat usaha Furniture anda.

Selain itu, tempat yang ramai, dan lebih kepada lokasi sekitar perkotaan adalah tempat yang cocok untuk memulai usaha Furniture ini. dengan tempat yang ramai akan lalu lalang masyarakat, maka akan lebih mudah meraih perhatian masyarakat. Dan dari poin plus itulah, maka toko anda akan
mulai dikenal serta dikunjungi para calon-calon konsumen anda.

Cerdik membaca peluang
Dan juga, saat ini juga marak investasi perumahan, dengan lahan yang tak cukup luas namun banyak perumahan-perumahan baru dibangun.

Nah, itu adalah salah satu asset bagi anda yang peka terhadap peluang usaha. Karena mampu meraih perhatian konsumen. Mereka adalah target-target pemasaran anda untuk menjadi konsumen di bisnis Furniture anda. Jangan pernah melewatkan kesempatan.

Selain itu, atau jika memang anda dapat menyewa sebuahruangan yang ada di mall, anda juga  dapat menggunakannya untuk mulai melebarkan sayap perusahaan dan mengenalkan lebih luas tentang produk Furniture anda.Dengan modal brosur dan kartu nama, anda dapat mengenalkan usaha Furniture anda pada khalayak yang lebih luas lagi. Ditambah lagi jika ada beberapa pameran atau bazar, anda dapat menyewa suatu area untuk dapat mengikuti pameran atau bazar tersebut.

Jika lokasi-lokasi perkotaan dan banyak menyita orang yang berlalu-lalang disekitarnya, maka anda juga dapat mencari sentra-sentra yang berjualan khusus Furniture. karena semakin banyak pesaing di pasar semakin banyak juga konsumen yang datang. dan tentu saja Hal ini juga akan
memberikan dampak positif bagi anda yang ingin memulai usaha dalam bidang Furniture.

So, lokasi yang tepat dan strategis akan sangat mempengaruhi perjalanan karir anda dalam mengepakkan sayap pada bidang usaha Furniture.

Bahan Baku
Para calon pengusaha, gunakanlah bahan baku sesuai target pasar anda. Sesuaikanlah dengan keahlian dan harga yang ingin ditawarkan ke pembeli. Sedikitnya ada 3 jenis bahan baku furnitureyang banyak dipakai di indonesia antara lain :

Medium Densitey Fireboard

Pernahkah melihat meja belajar dari merk terkenal? Bahannya dibuat dari serbuk gergaji kayu yang dipadatkan lalu dilapisi lempengan kayu tipis dan halus. Ini adalah pilihan bagus dan murah untuk produksi masal.

Rotan

Bahan satu ini sedang naik daun di pasaran internasional. Indonesia pun kaya akan bahan ini. Namun, anda perlu melakukan pelatihan khusus karena tidak semua orang bisa mengolah rotan.

Kayu

Ini adalah bahan yang banyak diminati publik. Bentuknya yang elegan dan exotic juga menunjukkan harganya yang mahal.

Tenaga Kerja
Berbisnis di bidang furniture pasti memerlukan tenaga kerja. Anda tidak mungkin menghandlenya sendiri. Memberikan instruksi yang jelas untuk karyawan. apabila pengetahuan tentang furniture anda masih sedang dan perlu banyak masukan, maka rekrutlah satu atau dua orang ahli produksi
furniture dan ahli finishing yang bisa dipercaya untuk menjadi masukan bagi diri sendiri dan karyawan lain demi untuk menghasilkan furniture yang berkualitas serta
kreatif.

Asosiasi
Ikut asosiasi itu penting, lebih-lebih jika anda di kota mebel seperti Jepara. Wadah isi ini bisa membagi isu terkini terkait kondisi pasar. Selain itu anda juga bisa memperoleh peluang usaha baru dari teman-teman di asosiasi.

Ekspor
mmmm,Kalau untuk ekspor sendiri saya belum bisa recomended, dalam artikel ini saya menjelaskan tentang dasar memulai bisnis. di dalam ekspor sendiri Anda sebenarnya harus siap mental dan cerdik. tentu juga dengan modal cadangan yang banyak untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Sedikit bocoran saja, ekspor itu biasanya langsung satu kontainer dan pelunasannya lama. sebenarnya Ini adalah peluang bagus bagi yang sudah berpengalaman, karena tidak semua orang berani ekspor.

Pasar ekspor sangat laris manis. Penyebab utamanya adalah musim dngin di eropa. Di musim dingin, furniture yang telas berumur akan dibakar untuk perapian.

Online
Bergeraklah juga di bidang online. misalnya membuat website atau blog bisnis jualbeli online, cobalah mengutak-ngatik pemasaran di google, dan Jika gagal di google, beralihlah
ke facebook, instagram, atau medsos lain yang praktis. Gunakan jangkauan lokal atau nasionalmu dulu agar penjualanmu tertarget. Sumber mebelian.com dengan perubahan seperlunya.

About Reza UKM

Web Development at Riau Web Design | Administrator at UKMRIAU | Mimin at KosNgosan | Still Ngenes With Single Status