Kamis, 19 Agustus 2021 16:46:51
Dilihat sebanyak 447 kali

504 Usaha Sudah Mendaftar UMKM Riau Bisa Ikut Lelang

504 Usaha Sudah Mendaftar UMKM Riau Bisa Ikut Lelang
Advertising Berita UKM Nasional Bisnis Pekanbaru Dunia UKM Liputan Media

PEKANBARU — Sebanyak 504 pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Riau sudah mendaftar pada Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) sebagai persyaratan ikut serta lelang pengadaan di bawah nominal Rp50 juta.

Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Pemprov Riau Agussalim mengatakan mulai tahun ini Pemda Riau sudah mendigitalisasi pengadaan barang yang nilainya di bawah Rp50 juta atau yang menjadi ranah bagi pelaku UMKM.

“Kami mencatat saat ini ada 504 pelaku usaha UMKM yang sudah mendaftarkan diri ke LKPP, dan pemda sudah bisa berbelanja produk terdaftar itu,” ujarnya, Kamis (1/7/2021). Menurutnya upaya lelang secara digital ini dilakukan pihaknya sesuai arahan dari pemerintah pusat.

Dia menjelaskan bagi pelaku usaha yang ingin ikut serta dalam penawaran produk dalam pengadaan ini, dapat melakukan pendaftaran ke Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP), serta ke marketplace yang sudah bekerjasama dengan pemprov.

Selanjutnya satuan kerja perangkat daerah terkait juga sudah diminta untuk dapat melakukan belanja barang dan jasanya melalui platform tersebut, sehingga dapat membantu perkembangan UMKM di wilayah Riau.

Tidak hanya itu, keuntungan lain yang didapatkan pemda melalui sistem pengadaan barang dan jasa melalui platform digital ini akan membantu proses pendataan dan pelaporan.

“Selama ini satuan kerja masih berbelanja secara manual untuk barang dan jasa di bawah Rp50 juta sehingga cukup sulit untuk pendataannya. Kini dengan sistem digital prosesnya semakin mudah.”

 

 

 

About Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA