Selasa, 24 Agustus 2021 10:33:55
Dilihat sebanyak 304 kali

341.000 UMKM di Riau Dapat Bantuan Pusat, Pemprov: Jangan untuk Beli Rokok

341.000 UMKM di Riau Dapat Bantuan Pusat, Pemprov: Jangan untuk Beli Rokok
Advertising Berita UKM Nasional Dunia UKM Iklan UKM Liputan Media Pemasaran UKM

Kurang lebih 341 ribu usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Riau mendapat bantuan usaha Rp 1,2 juta dari pemerintah pusat. Pemerintah mengimbau bantuan itu untuk modal usaha, bukan beli rokok.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi dan UKM Riau, Asrizal menyebut bantuan dikucurkan secara bertahap dari pemerintah pusat. Di mana, Riau menjadi Provinsi kedua tertinggi di Sumatera yang dapat bantuan setelah Sumatera Selatan.

“Kita ini termasuk besar yang mendapat bantuan pusat. Bahkan di Sumatera kita terbesar kedua ya,” kata Asrizal kepada wartawan Gedung Daerah Provinsi Riau, Senin (23/8/2021)

Asrizal juga mengatakan nominal bantuan yang diterima pelaku untuk modal sebesar Rp Rp 1,2 juta. Dia mengimbau bantuan itu benar-benar dimanfaatkan ketika pandemi COVID-19 seperti saat ini.

“Silahkan gunakan untuk modal usaha dan membeli bahan baku, peralatan dan untuk tambahan modal usaha. Jangan pula dana dipakai untuk beli rokok, kalau mau dipakai untuk membayarkan gaji pegawai silahkan, itu boleh,” kata Asrizal mengingatkan pada pelaku usaha.

Asrizal menyebut ada kenaikan signifikan bantuan yang didapatkan pelaku usaha di Riau. Di mana pada tahun 2020 ada 258 ribu pelaku usaha yang mendapat bantuan.

“2020 yang dapat bantuan 258.909 pelaku usaha. Di sini kami berusaha mendorong UMKM dapat bantuan pemerintah melalui dana APBN, kita usulkan lagi dan di tahun ini kita dapatkan 341.695 atau nomor dua setelah Sumatera Selatan dengan selisih 30, yakni 341.725 pelaku usaha mendapat bantuan,” katanya.

Selain bantuan pusat, Pemerintah Provinsi Riau juga mengucurkan dana Rp 25 miliar untuk UMKM. Dana disalurkan bagi pelaku usaha yang tidak dapat bantuan dari pusat.

Penyaluran dana, salah satunya karena ada banyak pelaku usaha yang tidak mendapat bantuan. Sehingga mereka protes dengan bantuan yang dikucurkan pemerintah pusat.

“Karena itulah Pak Gubernur membuat kebijakan, memberikan bantuan dengan jumlah yang sama Rp 1,2 juta atau Rp 25 miliar dengan sasaran 20 ribu pelaku usaha,” katanya.

 

Sumber:detiknews

 

About Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA