Sri Mulyani Percayakan Puji Perry Warjiyo Pimpin Bank Indonesia

Sri Mulyani Percayakan Puji Perry Warjiyo Pimpin Bank Indonesia
Bisnis Pekanbaru Liputan Media


Bisnis Riau, JAKARTA —  Presiden Joko Widodo secara resmi menunjuk Perry Warjiyo sebagai calon tunggal Gubernur Bank Indonesia (BI) periode 2018 – 2023.

Penunjukan Perry sebagai calon tunggal pun sudah disulkan ke Dewan Perwakilan Rakyat beberapa waktu lalu.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan, Perry Warjiyo memilki pengalaman yang cukup untuk mengemban tugas sebagai Gubernur Bank Indonesia karena merupakan sosok yang berasal dari internal BI.

Selain itu, kata dia, Perry juga pernah menjadi Direktur Eksekutif Dana Moneter Internasional (IMF). Pengalaman tersebut menjadi penting kata Ani menyikapi situasi di mana kondisi ekonomi regional dan global yang dinamis.

“Dari pengalaman yang beliau miliki, telah memiliki banyak sekali kesempatan (untuk Perry) menyiapkan peranan dari Gubernur BI yang dibutuhkan,” kata Ani di Jakarta, Selasa (27/2/2018).

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu juga menambahkan, selama ini sosok Perry Warjiyo, menurutnya telah memberi peranan dalam menjaga hubungan baik dengan Kementerian Keuangan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sebagai anggota Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK).

“Pak Perry ada di situ (KSSSK) karena beliau sebagai Deputi Gubernur sudah menjalankan banyak sekali peranan, itu tentu akan bisa diteruskan,” jelas dia.

Namun demikian, Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo masih enggan mengomentari terkait penunjukkan Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo sebagai calon gubernur bank sentral Indonesia periode 2018 – 2023 itu.

“Belum ada resmi diumumkan. Jadi saya belum mau komentar,” kata Agus.

Sosok Perry Warjiyo bukanlah orang baru di lingkungan BI. Mulanya, karir Perry di BI dari staf desk penyelamatan kredit, urusan pemeriksaan dan pengawasan kredit pada 1992-1995.

Perry kemudian menjadi staf Gubernur Bank Indonesia.

Perry juga pernah menjabat Kepala Biro Gubernur, Direktur Pusat Pendidikan dan Studi Kebangsentralan, serta Direktur Departemen Kebijakan Makroprudensial. Kemudian, sejak 15 April 2013, Perry menjabat sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia.

 Sumber : tribunnews.com

Tentang Muhammad Rifki Elzan

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA