Anda Mau Mendapatkan Pekerjaan Lewat Sosial Media? Berikut Tipsnya

Anda Mau Mendapatkan Pekerjaan Lewat Sosial Media? Berikut Tipsnya
Bisnis Pekanbaru

BisnisRiau – Sebagai pencari kerja ada hal yang harus Anda ketahui yakni pentingnya memiliki jaringan melalui media sosial. Pemilik perusahaan bisa jadi membagikan informasi perusahaannya lewat Twitter, atau bahkan rekan kerja di perusahaan terdahulu dapat menjadi sumber perkerjaan baru lewat relasi di Facebook.

Meski media sosial begitu kuat menjaga jaringan, kendati demikian hal tersebut tidak memberi alasan untuk Anda mengabaikan LinkedIn.

Mempertahankan profil terkini di LinkedIn sangat penting saat Anda secara aktif mencari pekerjaan baru.

Profil lengkap dan terperinci yang menyoroti keahlian Anda yang meningkat, baik itu proyek yang telah Anda kerjakan atau peran layanan masyarakat. Perekrut di sebuah perusahaan akan mencari kandidatnya menggunakan situs ini.

Perusahaan dalam list LinkedIn aktif dalam melakukan pencarian halaman perusahaan mereka, jadi ikutilah perusahaan yang Anda minati. Anda juga dapat memfilter pencarian pekerjaan di situs ini berdasarkan lokasi, gaji, dan persyaratan lainnya.

Namun ada 12 hal yang harus Anda perhatikan dalam menggunakan situs ini karena akan merugikan pekerjaan Anda. Berikut 12 hal yang harus Anda perhatikan seperti dilansir dari laman Reader’s Digest, Sabtu (27/1/2018).

1. Pasanglah foto profil yang mencerminkan profesi Anda

Unggahlah foto yang sesuai dengan peran Anda sebagai profesional namun juga membuat Anda tampak mudah didekati. Pasalnya, dengan menyertakan foto profil yang sesuai profesi Anda, akan menerima 21 kali lebih banyak kunjungan terhadap laman profil Anda.

 

2. Tunjukkan pengalaman kerja Anda dengan cara yang menarik

Profil LinkedIn Anda akan dilihat hingga 29 kali lebih sering jika Anda mencantumkan lebih dari satu posisi sebelumnya, dan alat bantu visual benar-benar dapat membantu. Anda bisa ilustrasikan kisah dan prestasi profesional Anda yang menarik dengan menambahkan visual seperti gambar, video menarik, dan presentasi inovatif pada bagian pengalaman Anda.

3. Jangan hanya tuliskan posisi jabatan tapi pengalaman yang menarik

Saat Anda menuliskan tentang pekerjaan terdahulu, proyek kebanggaan, kegiatan sukarelawan, atau tentang sekolah Anda, pertimbangkan setiap pengalaman dalam hal keterampilan yang Anda dapatkan. Bukan hanya sekedar menuliskan posisi jabatan Anda, tapi buatlah keterampilan Anda tersorot di situs ini.

4. Buat pengaturan profil Anda bisa dibagikan ke orang lain

Untuk mendapatkan pekerjaan impian Anda di masa kini, Anda harus menjual nilai diri Anda, terutama lewat profil digital Anda. Anda bisa membuat pengaturan profil LinkedIn Anda diatur ke publik, maka profil Anda akan memiliki alamat web (URL) yang dapat Anda bagikan kepada orang lain.

5. Gunakan ringkasan singkat untuk menjelaskan profil Anda

Menambahkan ringkasan sebanyak 40 kata atau lebih pada profil LinkedIn Anda cenderung akan membuat profil Anda muncul dalam pencarian. Pastikan ringkasan profil Anda mencakup kata kunci dan keterampilan yang ditampilkan dalam uraian pekerjaan yang diinginkan untuk bidang Anda.

Sumber : Okezone.com

About Sasi RWD

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA