PT Bumi Alam Sumatera Akan Mengekspor Manggis Produksi Lokal Ke China

PT Bumi Alam Sumatera Akan Mengekspor Manggis Produksi Lokal Ke China
Berita UKM Nasional Ekonomi


BeritaUKM, Jakarta –  PT Bumi Alam Sumatera akan mengekspor manggis produksi lokal ke China. Tahun ini, pihaknya sudah melakukan kontrak bisnis dengan pembeli manggis di China sebanyak 10.000 ton.

Untuk perdana, PT Bumi Alam Sumatera pada Kamis (27/9), telah mengirim 2 ton manggis ke China via Bandara Internasional Minangkabau.

“Biasanya, perusahaan kami mengirim manggis ke Malaysia via Dumai. Di sana (Malaysia dan Thailand,-red), produk kita ganti label,” kata Direktur Utama PT Bumi Alam Sumatera Anggri Purnama Agung dan Direktur Kerjasama Antar Lembaga Muhammad Bayu Vesky dalam keterangan persnya.

Produk manggis yang diekspor berasal dari rumah kemas PT Bumi Alam Sumatera, berasal dari area Sawah Laweh, Nagari Tungka, Situjuah Limo Nagari, Limapuluh Kota, Sumatera Barat.

Untuk merayakan kinerja perusahaan tersebut, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dijadwalkan akan meresmikan peluncuran pada Kamis 4 Oktober mendatang.

Kementan mencatat, sepanjang 2018, baru ada 10 perusahaan dan rumah kemas yang dapat mengirim manggis petani secara langsung ke China dan beberapa negara tujuan ekspor. Di Sumatera, satu satunya PT Bumi Alam Sumatera. Sisanya di Jawa dan Bali

Adapun angka produksi manggis Sumbar dalam tahun kemarin, mengalami kenaikan. “Di angka 35.000 ton, sesuai data BPS, untuk kualitas lokal dan ekspor,” kata Kepala Dinas Pertanian Sumbar Chandra.

sumber: kontan.co.id


  • pt bumi alam sumatera padang sumatera barat (2)

Tentang Isti RWD