Senin, 5 Februari 2018 13:07:17
Dilihat sebanyak 1.200 kali

Kemenperin Targetkan 4.000 Pebisnis Ikut E-Smart IKM

Kemenperin Targetkan 4.000 Pebisnis Ikut E-Smart IKM
Berita UKM Nasional Kampung UKM Digital

BISNIS RIAU – Kementerian Perindustrian menargetkan industri kecil menengah atau E-Smart IKM mencapai 4.000 produsen.

E-Smart IKM merupakan Sistem Basis Data IKM yang tersaji dalam profil industri, sentra dan produk yang diintegrasikan dengan marketplace yang sudah ada.

Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian (IKM Kemenperin) Gati Wibawaningsih mengatakan jumlah ini naik 131% dibandingkan dengan realisasi 2017. Pada 2017 lalu, IKM yang tergabung dalam E-Smart mencapai 1.730 produsen.

“Target IKM yang dibina mencapai 4.000 pada 2018 dan 5.000 IKM pada 2019,” kata Gati, Minggu (4/2/2018).

IKM yang dibina seluruhnya merupakan produsen produk industri. Pemerintah menyiapkan sejumlah skema selama pembinaan. “Kami merekrut peserta yang semuanya produsen, tetapi produknya kurang laris di toko daring. Mereka yang dihapus oleh penyedia layanan kemudian kami beri peningkatan kapasitas sesuai kebutuhan,” katanya.

Gati mengatakan para produsen kecil ini akan  diberi pelatihan untuk memahami kekayaan intelektual, standar nasional Indonesia, restrukturisasi bisnis hingga sertifikasi yang harus dimiliki.

Selain itu, pihaknya juga membenahi kemasan agar menjadi lebih menarik pembeli, hingga penentuan biaya untuk menentukan harga jual terbaik.

“Kami juga bekerja sama dengan Bank Negara Indonesia untuk sosialisasi kredit usaha rakyat [KUR],” katanya.

Kemenperin, kata Gati, juga menggandeng Bank Indonesia untuk meningkatkan kemampuan IKM dalam mengelola keuangan, terutama pemahaman akuntansi sederhana. “Sehingga IKM feasible untuk memperoleh KUR,” katanya.

Program E-Smart IKM merupakan upaya pengembangan ekonomi berbasis digital, peningkatan ekspor IKM, serta perluasan akses pasar dan akses pendanaan. Kemenperin saat ini menggandeng lima toko daring ternama. “Mulai 2018 kami bekerja sama dengan Bukalapak, Tokopedia, Blibli, Shopee dan Blanja,” katanya.

 

Sumber : bisnis.com

About Wina Rahma Fitri

Wina Rahma Fitri "I'm a Programmer, and coding is my life"