Bisnis Kreasi Gambut Yang Menguntungkan Warga

Bisnis Kreasi Gambut Yang Menguntungkan Warga
Berita UKM Nasional Peluang Usaha


BisnisRiau, Banjar Pelestarian lahan gambut juga meningkatkan potensi ekonomi masyarakat. Hal ini dialami Remi, warga Metangai Hulu, Kecamatan Metangai, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah.

Ia mengikuti pameran di acara Jambore Masyarakat Gambut di Desa Kiram, Karang Intan, Banjar, Kalimantan Selatan, Sabtu (28/4). Ia menjajakan barang dagangan hasil kreasinya. “Ada tas map, kopiah, kawung (ikat kepala, Red), dompet, gelang, sajadah,” kata wanita 40 tahun, di lokasi Jambore, Sabtu Siang (28/4).

Ia menjelaskan tas tersebut di jual dalam kisaran harga Rp 65 ribu hingga Rp 250 ribu. Kemudian kopiah sekitar Rp 20 ribuan. Barang-barang itu diolah dari rotan yang ditanam di lahan gambut.

Proses pembuatannya memakan waktu sepekan. Ini dihitung dari pengeringan hingga penganyaman. “Pemasarannya tunggu pesanan,” ujar petani yang juga Nyambi sebagai penyadap karet ini.

Pedagang lainnya bernama Rifky. Pemuda 22 tahun menjual kopi dari Riau. Rifky mengungkapkan pemasarannya di pasar lokal hingga ke mancanegara seperti Malaysia. “Harapannya lewat jambore ini memperkenalkan produk kami, mengangkat komunitas kopi, dan membantu mereka mencarikan pasar,” ujarnya.

Sumber: Republika.co.id


Tentang Isti RWD