Inspirasi Unik Dari Bakpao Karakter

Inspirasi Unik Dari Bakpao Karakter
Advertising

BeritaUKM – Bakpao atau yang juga sering disebut pao merupakan kudapan khas negeri China. Meski begitu, sejak lama, orang Indonesia sudah mengenalnya. Bahkan, menjadi salah satu camilan favorit dan punya banyak penggemar.

Ragam pao pun terus berkembang. Baik dari segi rasa maupun bentuknya. Beberapa tahun terakhir, pao muncul dengan bentuk yang lucu dan menggemaskan. Pao jenis ini sering disebut sebagai pao karakter.

Beraneka macam bentuknya. Mulai dari menyerupai hewan, hingga karakter superhero atau tokoh kartun. Pao karakter ini pun mampu bertahan hingga kini lantaran banyak disukai oleh anak-anak. Tak heran, pao karakter juga menjadi salah satu pilihan untuk camilan  yang mengisi goodie bag  ulang tahun anak-anak.

Rental Mobil Instagram Post

Linna, pembuat pao asal Surabaya, Jawa Timur menilai, popularitas pao dari tahun ke tahun tak pernah surut. Sebab, pao karakter sering menjadi alternatif konsumen bila bosan dengan cake. Bahkan tidak sedikit konsumennya yang memesan pao karakter sebagai hadiah kepada pasangan, teman sejawat serta hantaran momen spesial seperti Imlek dan Natal.

Karakter yang dipesan pun bervariasi. Linna bilang, karakter yang disukai adalah tokoh kartun Hotel Transylvania, Iron man, Captain Amerika, dan lainnya.

Selain menyediakan beragam bentuk karakter yang menarik, perempuan 33 tahun ini memberikan aneka pilihan isian pao mulai dari menu daging dan non daging seperti coklat, keju, kacang, dan lainnya.  Ia menjual pao dengan harga Rp 12.000-Rp 13.000 per buah.

Tak hanya dari Surabaya, konsumen pao Linna juga datang dari luar kota, seperti Malang, bahkan Kalimantan dan Nusa Tenggara Timur.

Senada dengan Linna, Wong Evelyn, pembuat po asal Semarang, Jawa Tengah mengaku pao karakter masih populer dan digemari. Dia merasakan, sejak dua tahun lalu hingga sekarang, minat konsumen masih besar.

Dalam sebulan perempuan 38 tahun ini dapat menerima pesanan sampai ratusan pao. Kebanyakan pelanggan memesan untuk acara ulang tahun, hadiah peringatan hari spesial, dan lainnya.

Berbeda dengan Linna, karakter pao yang banyak dipesan konsumen Evelyn adalah wajah laki-laki dan perempuan sebagai simbol keluarga. Selain itu, karakter kartun Super Wings.

Evelyn menjual pao dalam bentuk paket. Satu paket berisi 15 pao, harganya Rp 330.000. Sayang, dia enggan menyebutkan total omzet yang dikantonginya per bulan.

Meski menggunakan media sosial, Instagram sebagai tempat promosi dan berjualan, Evelyn dia hanya bisa melayani pelanggan yang berada di Semarang, Kendal, Pekalongan dan Kudus. Alasannya, pao hanya tahan sampai dua hari dalam suhu ruang. “Untuk konsumen luar kota biasanya mereka langsung ambil sendiri,” katanya.

Membuat bakpao atau pao dengan tampilan unik dan menyerupai karakter tokoh kartun bukanlah pekerjaan yang gampang. Apalagi, seperti bakpao pada umumnya, pada proses pemasakan, pao akan mengembang, sehingga gambar atau disain juga harus mempertimbangkan ukuran saat pao itu mekar.

Para pembuat pao karakter pun dituntut untuk memiliki ketrampilan khusus untuk mendekorasi.
Wong Evelyn, pembuat pao asal Semarang, Jawa Tengah mengamini hal tersebut. Dia mendapatkan ketrampilan menghias pao dari kelas kursus kue yang diikutinya. Lalu, dia rajin berlatih untuk mengembangkan ketrampilannya sekaligus menambah pengalaman.

Asal tahu saja, untuk menghias pao karakter, Evelyn masih mengandalkan cara manual dengan alat sederhana. Dia pun membutuhkan waktu cukup lama untuk menyiapkan satu paket pao

Alhasil, para konsumen diminta untuk memesan pao dari jauh-jauh hari sekitar satu sampai dua minggu sebelum hari perayaaan. Sekedar info, masa tahan pao hanya dua hari disimpan dalam suhu ruang.

Lainnya, kendala yang dihadapi adalah terbatasnya jumlah karyawan. Sehingga, dia sering kewalahan saat permintaan konsumen sedang tinggi. Sampai sekarang Evelyn hanya dibantu seorang karyawan dan dekorasi pao di kerjakannya sendiri.

Urusan persaingan yang sudah terasa ketat, perempuan asli Semarang, Jawa Tengah ini tetap santai. “Sebenernanya tergantung konsumen pertimbangannya mau harga atau kualitas,”  katanya pada KONTAN beberapa waktu lalu.

Disisi lain, dia menilai pamor pao karakter dapat meredup suatu hari nanti. Namun, untuk mempertahankan bisnis, Evelyn terus mengupdate disain atau  karakter baru. Hal ni bisa menjadi senjata untuk mempertahankan usaha.

Senada dengan Evelyn,  Linna asal Surabaya, Jawa Timur juga menilai potensi usaha pao masih akan bagus asalkan mengikuti tren karakter yang sedang naik daun. “Ibu-ibu akan tetap menyukai pao karakter karena kuenya kelihatan lucu,” katanya.

Untuk urusan persaingan, Linna mengaku tidak ambil pusing. Pasalnya, konsumen sekarang sudah pintar untuk menilai makanan yang berkualitas.

Kendala usaha yang dihadapinya kini adalah kurangnya tenaga kerja, terutama ditahap dekorasi pao. Alhasil, dia harus menyelesaikan semua dekorasi pao seorang diri.

Asal tahu saja, Linna mendapatkan ketrampilan dekorasi pao secara otodidak. Media digital seperti Youtube menjadi salah satu tempatnya mencari referensi.

Makanya, dia menerapkan sistem pemesanan jauh hari sekitar tujuh sampai empat hari sebelum hari pengantaran. Pao milikya dapat bertahan dua hari dalam suhu ruang dan satu minggu dalam kulkas.

sumber: kontan.co.id

About Isti RWD