Usaha Es Pisang Ijo

Usaha Es Pisang Ijo
Peluang Usaha

Es pisang ijo adalah makanan khas Makassar yang mulai memilki tempat di hati para penggemar kuliner Indonesia. Tak heran, jika dari hari ke hari semakin banyak saja orang yang memberanikan diri membuka usaha es pisang ijo, terutama di bulan puasa.

Es pisang ijo terbuat dari pisang raja. Dililit dengan adonan tepung terigu, santan, dan air daun pandan atau daun suji. Daun pandan atau suji berfungsi sebagai pewarna hijau dan pengharum. Itulah mengapa disebut pisang ijo. Pisang “berbaju” hijau itu disajikan dengan saus beras yang diberi es serut dan sirup. Biasanya, sirup yang digunakan adalah sirup pisang ambon yang cita rasanya selaras dengan pisang.

Makanan ini biasa disajikan sebagai makanan penutup makanan pokok. Warung-warung makan besar atau restoran hampir selalu menyediakan es pisang ijo dalam menu mereka. Namun, kini es pisang ijo juga sudah mulai merambah usaha kaki lima, sehingga bisa dinikmati oleh siapa saja.

Deskripsi Usaha Es Pisang Ijo
Bahan Baku
Bahan baku utama usaha ini tentu saja pisang. Jenis pisang yang paling bagus untuk dijadikan es pisang ijo adalah pisang raja. Jenis pisang ini banyak dijual di pasar-pasar . jadi, Anda tak perlu khawatir bahan baku ini akan langka atau susah didapat. Setandan pisang raja biasanya dihargai Rp 50.000-Rp60.000. selain pisang, bahan baku yang juga harus tersedia adalah tepung beras, gula, santan, dan daun suji atau pandan sebagai pewarna hijau alami.

Tempat usaha
Lokasi strategis untuk berjualan es pisang ijo adalah di mal atau pusat perbelanjaan,pasar,di tempat wisata, dan dikawasan kampus dan perkantoran. Biasanya, es pisang ijo dijual di sebuah kios kecil lengkap dengan etalasenya. Sebuah kios kecil yang terletak disekitar kampus atau pasar bisa disewa dengan kisaran harga sewa Rp300.000-Rp400.000 per bulan. Sedangkan harga sewa kios di mal biasanya lebih tinggi, bahkan bisa mencapai Rp 1.000.000 per bulan.

Sumber : kampungwirausaha.com

About Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA