Tips Memulai Bisnis Jual Beli Mobil Bekas Pekanbaru

Tips Memulai Bisnis Jual Beli Mobil Bekas Pekanbaru
Peluang Usaha


Tips Memulai Bisnis Jual Beli Mobil Bekas Pekanbaru – Ada banyak sekali cara untuk memulai berbisnis salah satunya adalah dengan bisnis jual beli mobil bekas. Bisnis jual beli mobil bekas memang menawarkan keuntungan yang besar jika kita tekun untuk menggelutinya.

Semakin besarnya kebutuhan masyarakat akan kendaraan roda empat menjadikan bisnis jual beli mobil bekas memiliki pasar tersendiri. Harga kendaraan baru yang relatif mahal membuat sebagian masyarakat beralih untuk membeli mobil bekas.

Keluarga kecil yang belum memiliki pendapatan yang besar untuk membeli mobil baru banyak menggunakan cara ini sebagai alternatif. Alasannya pun sederhana, mereka ingin berkendara dengan nyaman dan terhindar dari kepanasan ataupun kehujanan.

Masyarakat sekarang pun tidak terlalu ambil pusing dengan status kendaraan bekas. Selagi kendaraan tersebut memiliki kondisi yang baik, mereka akan membeli untuk digunakan.

Bukan cuma peluang pasar dan keuntungan yang masih terbuka lebar dalam bisnis jual beli mobil bekas. Dengan menjadi wirausaha, kita juga bisa membuka lapangan pekerjaan baru untuk banyak orang yang membutuhkan.

Waktu kerja yang tidak mengikat ditambah dengan keuntungan yang besar menjadikan bisnis jual beli mobil bekas masih memiliki potensi di mata wirausahawan.

Jika anda salah satu orang yang tertarik untuk memulai bisnis jual beli mobil bekas. Berikut 10 tips sukses yang bisa menjadi panduan anda dalam berbisnis.

Ketahui Momentum yang Tepat

Mengetahui momentum yang tepat untuk berbisnis merupakan tips sukses yang harus anda perhatikan dalam bisnis jual beli mobil bekas. Momentum yang tepat berkaitan erat dengan pemahaman anda terhadap perilaku pasar yang anda targetkan.

Pasar mobil bekas sebagian besar berasal dari keluarga dengan ekonomi menengah dan para petani besar di desa. Untuk pasar petani besar, mereka memilki priode tertentu yang harus anda perhatikan. Mereka akan membeli mobil bekas pada saat terjadinya musim panen raya. Saat terjadinya panen raya, banyak dari para petani yang memiliki pendapatan yang lebih dan mengalokasikan sebagian untuk membeli mobil.

Namun karena para petani ini membeli mobil tergantung dengan hasil panen dan harga jual hasil panen, maka anda harus mewaspadai hal ini. Anda harus waspada disaat terjadinya gagal panen atau harga komoditas yang menurun dipasaran. Hal ini banyak sekali terjadi di dalam praktek, disaat harga komoditas pertanian turun, pasar mobil bekas juga mengalami penurunan.

Momentum yang kedua adalah dari keluarga menengah yang mulai menyekolahkan anaknya ke bangku kuliah. Saat memasuki tahun ajaran baru akan ada banyak sekali keluarga yang akan membeli mobil bekas untuk kebutuhan anak mereka kuliah. Hal ini mereka lakukan untuk memenuhi kebutuhan transportasi bagi anak mereka.

Momentum-momentum diatas merupakan hal yang harus anda perhatikan jika ingin sukses dalam bisnis jual beli mobil bekas. Tanpa adanya pengetahuan tentang momentum yang tepat, anda bisa mengalami kerugian dalam berbisnis mobil bekas.

Ketahui waktu ramainya penjualan dan ketahui waktu sepi penjualan merupakan langkah bijak agar anda bisa survie dalam melakukan bisnis ini.

Pastikan Kelengkapan Dokumen Kendaraan

Kelengkapan dokumen kendaraan yang akan di jual mutlak harus anda miliki. Para konsumen tentu tidak akan mau membeli mobil yang tidak dilengkapi dengan surat-menyurat. Konsumen yang datang ke showroom anda pasti akan berpikiran negatif tentang asal muasal kendaraan yang anda jual jika tidak memiliki kelengkapan kendaraan.

Oleh karena inilah untuk menjaga nama baik sebagai pengusaha jual beli mobil bekas, anda harus senantiasa memastikan kelangkapan surat kendaraan. Ketika anda akan membeli mobil bekas yang akan dijual, pastikan kelengkapan surat seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) sudah ada.

BPKB dan STNK merupakan bukti yang sah bahwa kendaraan yang anda beli memiliki status yang legal.

Tingkatkan Harga Jual Mobil dengan Perbaikan Sederhana

Mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi lewat bisnis jual beli mobil bekas bisa anda lakukan dengan cara yang benar. Dengan cara yang benar artinya anda tidak menipu konsumen dengan mengatakan mobil yang ditawarkan memiliki kualitas yang baik padahal kenyataan tidak sama sekali.

Anda bisa memberikan nilai tambah dari mobil bekas yang anda tawarkan kepada para pelanggan. Sebagai contohnya anda bisa memperbaiki cacat yang ada atau memperbaiki cat mobil yang telah mengelupas.

Anda bisa juga mengecek kondisi mesin mobil dan berbagai komponen di bagian dalam mobil anda untuk mengetahui apa yang perlu diperbaiki. Melakukan hal ini sangat penting anda lakukan agar jangan sampai membeli mobil bekas yang salah. Jangan sampai anda melakukan pembelian mobil dengan harga yang tinggi padahal mesin dan bagian dalamnya bobrok.

Agar bisa meningkatkan harga mobil yang akan dijual, anda harus bekerja sama dengan pakar yang paham dengan mesin dan cara perbaikan mobil. Tenaga pakar tersebut dapat membantu anda untuk menilai kelayakan suatu mobil untuk dijual kembali. Mereka juga bisa melakukan perbaikan mobil dari sisi dalam maupun luar untuk menambah nilai jual dari kendaraan yang akan dijual.

Dengan bekerja sama dengan pakar otomotif, anda selaku pengusaha akan diuntungkan dengan pemahaman atas kendaraan dan mereka juga bisa meningkatkan nilai jual kendaraan anda. Sehingga potrnsi munculnya kerugian dari bisnis dapat anda cegah dengan baik.

Hindari Bertransaksi dengan Mekelar

Mendapatkan mobil bekas untuk dijual kembali dari makelar merupakan hal yang tidak seharusnya anda lakukan. Sebagai pengusaha dalam bisnis jual beli mobil bekas, anda diharuskan untuk terjun langsung mendapatkan mobil bekas untuk dijual kembali. Makelar atau perantara bukanlah cara yang tepat untuk mendapatkan mobil bekas.

Mengapa demikian ?

Pertama, biaya yang harus anda keluarkan untuk membeli mobil bekas dapat dipastikan menjadi lebih tinggi dibandingkan mendapatkannya langsung dari pemilik barang. Biaya yang lebih tinggi tentu mengurangi margin laba yang akan anda dapatkan dari hasil penjualan mobil bekas. Sehingga pendapatan yang akan anda peroleh menjadi tidak optimal.

Kedua, anda tidak bisa mengetahui kondisi mobil secara langsung jika lewat makelar. Hal ini tentu sangat berbeda jika anda mendapatkan mobil bekas lewat pemiliknya langsung. Anda bisa bertanya ini itu tentang kondisi mobil yang akan anda beli dari mereka. Anda juga bisa mengecek langsung kondisi mobil untuk menilai layak tidaknya mobil tersebut anda jual kembali.

Menggunakan jasa makelar digunakan untuk mempermudah anda mendapatkan mobil bekas dengan cepat. Namun, jika anda ingin mendapatkan laba yang maksimal dan mengetahui kondisi mobil dengan baik, terjun langsung mendapatkan mobil bekas merupakan cara yang terbaik.

Temukan Mobil yang Diminati Pasar

Berjalannya sebuah bisnis harus diimbangi dengan pendapatan yang diperoleh. Bisnis tidak akan lama bertahan jika kita tidak mendapatkan keuntungan dari bisnis yang dijalankan.

Keuntungan dari bisnis jual beli mobil bekas berasal dari banyaknya penjualan terhadap mobil bekas yang anda tawarkan kepada pelanggan. Banyaknya penjualan yang anda dapatkan sangat tergantung dengan permintaan pelanggan terhadap mobil bekas yang ditawarkan.

Sehingga anda sebagai pemilik bisnis jual beli mobil bekas harus jeli melihat jenis mobil yang diminati di pasaran. Semakin banyak anda menawarkan mobil-mobil bekas yang diminati di pasar akan semakin besar pula kemungkinan barang anda laku terjual.

Contoh jenis mobil yang masih memiliki permintaan yang tinggi di Indonesia meliputi Xenia, Innova, Honda Jazz, dan Avanza. Pastikan anda memiliki ke empat jenis mobil tersebut agar banyak pelanggan membeli mobil bekas lewat shoroom anda.

Showroom Anda Harus Strategis

Faktor sukses dalam menjalankan bisnis jual beli mobil bekas selanjutnya adalah dengan memiliki lokasi showroom yang strategis.

Lokasi showroom dikatakan strategis jika lokasi tersebut mudah dilihat oleh banyak calon pelanggan anda. Pilihlah lokasi showroom yang berada dipinggir jalan yang sering dilalui banyak pengendara. Dengan lokasi showroom yang berada dekat jalan, bisnis anda akan jauh lebih mudah dilihat oleh calon pelanggan anda.

Mendapatkan lokasi tepat dipinggir jalan memang sangatlah mahal, apalagi pada saat awal anda memulai bisnis. Caranya anda bisa terlebih dahulu menggunakan sistem sewa tempat untuk membuat showroom anda.

Sistem sewa banyak dilakukan para pebisnis jual beli mobil bekas yang belum memiliki tempat showroom yang strategis. Seiring dengan berkembangnya usaha yang dijalani, anda selanjutnya bisa membeli tempat khusus yang dijadikan showroom usaha jual beli mobil.

Di dalam pemilihan tempat usaha, anda juga harus memastikan bahwa tempat tersebut cukup untuk menampung mobil yang akan anda jual kepada pelanggan. Tempat yang cukup luas akan menjadikan pelanggan anda bisa leluasa melihat-lihat jenis mobil yang akan mereka beli.

Ikuti Lelang Untuk Mendapatkan Mobil Berkualitas

Jika anda kesulitan untuk menemukan orang yang akan menjual mobil, anda bisa memanfaatkan lelang untuk menemukan moil bekas yang memiliki kualitas yang baik.

Kendaraan yang dilelang kebanyakan berasal dari pemilik yang mengalami kredit macet sehingga mobil yang mereka beli secara kredit diambil kembali oleh pihak leasing. Dikarenakan mobil yang berada didalam pelelangan berasal dari penggunaan pribadi, maka bisa dipastikan kualitasnya lebih baik dibandingkan dengan mobil yang digunakan untuk aktivitas travel.

Bukan Cuma itu saja yang akan anda dapatkan saat mengikuti lelang kendaraan. Keuntungan selanjutnya anda akan mendapatkan kendaraan yang memilki surat-surat resmi yang lengkap. Hal ini dikarenakan kendaraan yang berada di pelelangan merupakan kendaraan resmi dan legal untuk dilakukan pelelangan.

Dengan demikian anda tidak akan lagi tertipu dengan pihak yang menjual mobil kepada anda dengan memalsukan surat-surat resmi kendaraan.

Dikarenakan didalam pelelangan banyak pelaku bisnis jual beli mobil bekas. Anda harus pandai-pandai dalam menawar agar mobil yang diincar dapat dibawa pulang dan dijual kembali.

Hal yang lebih menggembirakannya lagi, sebelum lelang diadakan, anda sebagai peserta diperkenankan untuk melihat kendaraan yang akan dilelang. Waktu inilah yang bisa anda manfaatkan untuk mengecek kondisi mobil mulai dari mesin, interior, dan juga eksterior.

Harga Jual dan Tahun Pembuatan Mobil yang Tepat

Harga jual mobil yang lebih murah dengan kualitas lebih baik pasti akan menarik pelanggan untuk datang dan membeli mobil di showroom anda. Ingatlah bahwa pasar yang akan anda target adalah kelas menengah yang cukup sensitif dengan perbedaan harga jual.

Jika mereka mendapatkan selisih harga yang lebih murah dari jenis mobil yang sama, mereka akan cenderung membeli mobil yang lebih murah. Jadi anda harus tahu dan mengerti harga mobil bekas di pasaran. Dengan pemahaman yang baik tentang harga mobil anda bisa menetapkan harga jual yang sedikit lebih murah agar pelanggan tertarik untuk membeli.

Kisaran mobil yang bisa anda jual di dalam showroom anda diantara 80 sampai 150 juta. Kisaran harga tersebut merupakan harga yang wajar untuk seseorang membeli mobil bekas. Bukan Cuma itu saja, keuntungan selanjutnya adalah kisaran harga tersebut telah mewakili harga mobil bekas yang banyak diminati di pasar.

Kemudian berkenaan dengan tahun pembuatan mobil, pastikan anda tidak menjual mobil dengan rentang tahun pembuatan yang terlalu lama. Tahun pembuatan yang terlalu lama akan menjadi bahan pertimbangan oleh calon pelanggan anda. Mereka akan berpikiran semakin lama tahun pembuatan mobil akan semakin buruk juga kondisi mesin mobil tersebut. Belum lagi desain mobil tersebut sudah ketinggalan zaman dan tidak menarik lagi di mata calon pembeli.

Pilihlah tahun pembuatan yang berada dalam kisaran 7 tahunan. Waktu tersebut tidak terlampau lama untuk sebuah mobil bekas dan masih banyak pelanggan yang berminat dengan mobil tersebut.

Lakukan Survei Harga Kendaraan

Melakukan survei kendaraan sangat penting dilakukan oleh para pebisnis jual beli mobil bekas. Hal ini dapat terjadi karena dengan pemahaman akan harga jual dan beli anda akan terhindar dari penipuan.

Bayangkan saja mobil yang bisa anda dapatkan dengan modal 100 juta namun anda beli dengan harga 105 juta, tentu hal ini sangat merugikan didalam bisnis. Begitu juga dengan pemahaman akan harga jual mobil anda, jangan sampai anda menawarkan mobil bekas jauh dibawah harga pasar karena itu jelas akan merugikan bisnis yang anda jalankan.

Lakukan survei terhadap beberapa mobil yang anda jual setidaknya sebulan sekali untuk mengetahui harga aktual dari mobil yang anda tawarkan.

Relasi Sangat Berperan di dalam Bisnis Jual Beli Mobil Bekas

Kekuatan relasi sangatlah berperan dalam menyukseskan anda menjalankan bisnis jual beli mobil bekas. Apalagi pada awal membuka usaha pasti ada banyak sekali kendala yang akan anda hadapi. Dengan adanya relasi yang luas, anda selaku pengusaha akan lebih mudah mengatasi masalah yang dihadapi karena banyaknya bantuan dari teman.

Sebagai contohnya jika anda tidak memiliki dana yang cukup untuk menyewa tempat showroom mobil bekas. Anda bisa memanfaatkan relasi untuk dijadikan partner dalam berbisnis jual beli mobil bekas. Anda bisa menggunakan ruko atau lahan seorang teman untuk dijadikan showroom mobil bekas anda. Namun tetap ingat anda juga harus menjalin kerjasama yang saling menguntungkan. Caranya dengan sepakat untuk berbagi keuntungan dari usaha jual beli mobil bekas yang anda jalani.

Untuk menyewa tempat sebagai showroom memang membutuhkan dana yang tidak sedikit, jika anda terkendala dengan dana awal, beberapa ide adalah carilah partner bisnis yang mempunyai lahan atau tempat yang tidak dipakai untuk showroom.

Atau anda terkendala dana untuk membeli mobil-mobil bekas sebagai modal awal membuka usaha. Anda bisa mencari teman yang akan menjual mobil mereka untuk diletakkan kedalam showroom anda. Sehingga dengan cara ini anda tidak perlu lagi membeli mobil terlebih dahulu untuk dijadikan modal awal memulai bisnis.


Tentang Sasi RWD

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA