Pemerintah Perkuat Indrustri Tahu Tempe

Pemerintah Perkuat Indrustri Tahu Tempe
Peluang Usaha

Pemerintah melalui Departemen Perindrustrian  akan fokus memperkuat indrustri kecil dan menengah tahu tempe dalam jangka menengah maupun panjang, sehingga mampu menghadapi gejolak apa pun termasuk harga kedelai dunia.

“Kami tidak memberikan bantua berupa modal kerja,” ujarnya menjawab pertannyaan kemungkinan Depperin memberi bantuan midal kerja di tengah niknya biaya produksi IKM tempe tahu akibat naiknya harga kedelai.

Oleh karena itu, lanjut Fauzi yang juga hadir pada rapat koordinasi di Kantor Menko Perekonomia yang antara lain membahas rencana penurunan BM impor kedele.

Apalagi, kata dia, Menta mengakui saat ini lahan pertanuan kedele juga mengalami penurunan karena petani mengalihkan tanamannya. Ia mencatat sekitar 18 peersen lahan kedele beralih ke Jagung, dan empat persen ke padi.

Pada hal di satu sisi, permintaan tempe dan tahu terus meningkat, sementara produksi domestik tidak bisa diandalkan dan harga kedele dunia melonjak dari 300 dolar  AS menjadi 600 dolar AS per ton.

Oleh karena itu, kata dia, kenaikan harga kedele sangat memukul IKM tempe dan tahu yang jumlahnya mencapai sekitar 92 ribu unit usaha.

Sumber : bisnisukm.com

 

About Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA