Peluang Usaha Zaman Now

Peluang Usaha Zaman Now
Peluang Usaha


BeritaUKM – Nilai tukar rupiah terhadap dolar yang semakin melemah, bahkan hingga tembus ke angka Rp 15 ribu beberapa hari lalu, tentu secara otomatis berdampak pada kenaikan harga sejumlah barang. Kenaikan harga paling banyak terjadi pada produk yang diimpor, atau menggunakan bahan baku impor. Dilansir dari CNNIndonesia.com, Ketua Asosiasi Peritel Indonesia (Aprindo) Roy Nicholas Mandey, mengatakan bahwa barang-barang seperti beras, gula pasir, daging sapi, obat-obatan, dan barang elektronik diperkirakan akan mengalami lonjakan harga akibat nilai tukar dolar AS yang terus meningkat.

Melihat fakta di atas, sebagai masyarakat Indonesia yang terkena dampaknya, kamu mempunyai dua pilihan ketika dihadapkan pada situasi seperti ini untuk tetap bisa memenuhi kebutuhan hidup: meminimalisir pengeluaran, atau mencari pemasukan tambahan. Jika pilihan pertama sudah dilakukan, namun penghasilan belum juga mencukupi untuk memenuhi semua kebutuhan, maka artinya, sudah saatnya untuk mencari pundi-pundi rupiah di luar pekerjaan utama.

Ada banyak cara untuk mencari penghasilan tambahan, salah satunya adalah dengan menjadi pengusaha. Namun membuka usaha bukan perkara mudah, kamu perlu mencari peluang usaha baru sehingga bisnismu kelak mampu bersaing dengan bisnis lainnya. Daripada membangun usaha yang sudah banyak dikuasai pemain raksasa, lebih baik kamu perhatikan hal-hal baru yang terjadi di sekitar. Kebiasaan masyarakat yang semakin bergeser bisa dijadikan ide peluang usaha baru untuk digeluti. Untuk kamu calon pebisnis yang sedang mencari ide, berikut 4 peluang usaha baru yang banyak dilirik masyarakat zaman now .

1. Make up artist

Jika zaman dulu jasa make up artist hanya dicari untuk acara-acara besar seperti pernikahan, kini profesi di bidang kecantikan tersebut banyak dicari kaum hawa bahkan untuk menghadiri acara kecil sekalipun. Melihat peminatnya yang tinggi, maka tak heran jika bisnis make up artist cukup digandrungi belakangan ini. Apalagi penghasilannya juga sangat menjanjikan. Untuk acara seperti wisuda, atau hanya sekadar menghadiri pesta, seorang make up artist bisa dibayar mulai dari Rp 250 ribu hingga Rp 2 juta per orang. Sedangkan untuk acara besar, bayarannya bisa mencapai Rp 5 juta hingga Rp 20 juta. Semakin bagus skill dan portofolio seorang make up artist,maka semakin tinggi pula bayarannya.

Jika kamu masih pemula, kamu bisa mendaftar sekolah kecantikan atau mengikuti kursus yang biasanya diadakan secara privat oleh make up artist bersertifikat. Kalau kamu mau menghemat bujet,  manfaatkan gadget dan koneksi internet yang kamu miliki untuk menonton berbagai tutorial make up di YouTube.

2. Fotografer freelance

Setelah kehadiran Instagram, kini hampir semua orang berlomba-lomba untuk menghasilkan foto-foto terbaik agar akun Instagram mereka terlihat indah. Selain untuk mengabadikan momen penting yang hanya terjadi sesekali, tak jarang juga orang yang rela merogoh kocek lebih untuk membayar jasa fotografer mengabadikan acara-acara seperti arisan, ulang tahun, hingga jalan-jalan. Daripada meminta tolong orang dan hasilnya tidak memuaskan, lebih baik memakai jasa profesional saja kan?

Bayarannya fotografer freelance pun tergantung dari keahlian sang fotografer, jenis acara, dan lamanya waktu pemotretan. Biasanya jasa fotografer traveling dihargai sekitar Rp 3 juta hingga Rp 7 juta selama dua-tiga jam. Angka yang lumayan kan? Dengan bermodalkan keahlian fotografi dan sebuah kamera, maka kamu bisa menjalani bisnis yang menjanjikan satu ini.

3. Katering makanan sehat

Bagi masyarakat zaman now, megonsumsi makanan sehat merupakan salah satu bentuk dari gaya hidup kekinian. Tak hanya rutin olah raga saja, makanan dan minuman yang dikonsumsi juga tak boleh luput dari perhatian. Karena hal ini, katering makanan sehat dan katering khusus diet mulai digandrungi banyak orang. Untuk bisa menikmati makanan sehat ini, seseorang harus membayar mulai dari Rp 50 ribu per porsinya. Dengan mendapat pesanan 10 porsi saja per harinya, dalam seminggu kamu bisa menghasilkan Rp 3,5 juta jika menjalani usaha ini.

Namun mengingat ini menyangkut kesehatan banyak orang, kamu tak bisa sembarangan. Sebelum menekuni bisnis katering makanan sehat, pastikan temui ahli gizi yang mumpuni terlebih dahulu untuk melakukan konsultasi.

4. Bisnis makanan kekinian

Bisnis makanan memang tak ada habisnya dan selalu bisa menarik minat banyak orang. Di satu sisi, hal ini tentu bagus untuk kamu yang mau bergelut ke dalam bisnis bidang kuliner. Namun, di sisi lain, kamu juga dituntut untuk mencari peluang usaha baru dengan ide yang kreatif, sehingga konsumen tak akan bosan. Ide usaha tak harus original, dan kamu juga bisa melirik tren yang ada, asal kamu bisa mengembangkannya dengan lebih kreatif dan unik. Pastikan kamu memiliki inovasi yang fresh dan baru sebagai poin utama dari bisnis makanan kekinian yang akan kamu geluti.


Tentang Isti RWD