Peluang Usaha Sampingan Modal Kecil Untuk Guru

Peluang Usaha Sampingan Modal Kecil Untuk Guru
Peluang Usaha


BeritaUKM, Riau – Jika anda adalah seorang yang berprofesi sebagai guru anda harus bersyukur karena pekerjaan menjadi guru itu sangat mulia. Banyak hal yang bsia dilakukan oleh guru, anda bisa membimbing, mengajar, mengarahkan serta melatih dan mendidik murid murid anda. Dari sekian banyak guru, banyak guru honorer yang gajinya tidak sebanding dengan jerih payahnya usaha mereka yang sehari hari mengajar.

Untuk para guru honorer anda jangan berkecil hati, meskipun gaji anda begitu kecil tapi anda masih bisa melakukan pekerjaan lain. Banyak peluang usaha yang dapat anda kerjakan untuk menambah penghasilan anda. Meskipun anda seorang guru tidak ada penghalang jika anda mau mengerjakan atau membangun usaha sampingan dirumah atau ditempat anda mengajar. Mungkin untuk anda seorang guru, banyak waktu luang dibandingkan dengan karyawan kantor atau swasta.  Jadi anda bisa memanfaatkan waktu luang anda untuk menjalankan usaha sampingan.

Dari sekian hari demi hari yang anda isi untuk mengajar, seorang guru mengajar dari pagi hingga siang berkisar sampai jam 1 atau 2. Nah dari waktu tersebut bila telah selesai mengajar masih banyak waktu untuk bisa digunakan atau dimanfaatkan untuk mengerjakan usaha sampingan. Lumayanlah untuk menambah penghasilan anda karena keuntungan dari usaha yang anda kerjakan bisa saja memberi untung yang besar.

Mungkin dari beberapa contoh peluang usaha sampingan modal kecil dibawah ini cocok untuk anda yang berprofesi sebagai guru :

1. Membuka usaha les atau bimbingan belajar dirumah
Untuk kegiatan belajar mengajar mungkin sudah terbiasa bagi anda seorang  guru. Usaha ini sangat cocok dengan anda sebagai usaha sampingan.  Apalagi anda bisa menguasai semua mata pelajaran, sangat beruntung sekali karena anda bisa membuka usaha bimbingan belajar bisa lebih dari satu mata pelajaran. Usaha bimbingan belajar bisa anda buka di rumah anda, anda bisa memanfaatkan halaman atau ruang yang anda di rumah anda. Selain membuka les dirumah anda juga bisa membuka usaha les privat ke rumah murid murid anda.

2. Usaha jualan di koperasi
Memungkinkan disekolah anda mempunyai koperasi, anda bisa menggunakan koperasi sebagai peluang usaha sampingan.  Dengan cara anda memberi setok barang yang dibutuhkan siswa terutama barang yang belum ada dikoperasi. Barang yang anda setok ke koprasi bisa berupa kain seragam, alat peraga, aksesoris computer, dll.

3. Usaha kuliner
Untuk anda seorang guru yang suka dengan kuliner anda bisa anda bisa menjadikan bidang ini menjadi usaha sampingan anda. Apalagi anda hobi dengan bidang ini anda bisa membuka usaha kuliner. Usaha kuliner tersebut bisa berbentuk catering ataupun roti pesanan. Usaha ini bisa anda kerjakan usai pulang mengajar dan bisa dikerjakan dirumah anda. Apalagi anda punya banyak kenalan guru guru diberbagai sekolahan anda bisa menwarkan jasa anda untuk menyediakan konsumsi ke sekolahan sekolahan dan para guru kenalan anda untuk kegiatan sekolah. Anda juga bisa menjual ke guru dan murid sekolah ketika jam istirahat.

4. Bisnis online
Bisnis onlen termasuk usaha sampingan yang cocok untuk guru, karena ini termasuk ide usaha yang sangat bagus bagi seorang guru. Anda bisa mengerjakan bisnis onlen dimananpun anda berada tanpa harus mengganggu jam bengajar anda. Anda bisa menjadi menjalankan bisnis online sebagai penulis lepas, pengelola website, jual beli online, dll. Anda bisa menentukan usaha online yang anda sukai supanya anda bisa serius dalam mengerjakan usaha ini. Apalagi anda mengerti betul tentang ilmu internet, keberuntungan bisa saja semakin dekat dengan anda.

5. Bisnis sampingan mlm online
Bisnis mlm termasuk bisnis bagus dan layak di coba oleh guru, dikarenakan keuntungan penghasilannya sangat besar. Untuk menjalankan usaha mlm online sangat mudah sekali dikarenakan usaha ini bisa anda kerjakan pada waktu luang anda. Yang dibutuhkan untuk usaha ini adalah perangkat computer dan koneksi internet. Anda bisa menjalankan usaha bisnis mlm yang menjual produk tentang perawatan untuk tubuh pria dan wanita. Anda bisa mendapatkan penghasilan puluhan juta bila anda bisa serius dengan usaha mlm ini.

6. Bisnis menjadi reseller
Reseller dengan blogger itu hampir sama, anda bisa mencoba usaha ini. Untuk modal utama anda cuma membutuhkan laptop atau pc dan jaringan internet. Pekerjaan reseller ini hanya menjual atau memasarkan barang atau produk milik orang lain. Pemasarannya yaitu melalui media online. Nah sangat mudah bukan.

Dari beberapa peluang usaha sampingan modal kecil untuk guru anda bisa mencoba salah satu ide tadi, siapa tau ada yang cocok dengan hobi anda. Semoga artikel ini bisa membantu anda dan memberi inspirasi kepada anda untuk menemukan solusi usaha sampingan yang bisa membuat anda menjalankan bisnis.


Tentang Isti RWD