Peluang Usaha Nasi Goreng Keliling Yang Menguntungkan

Peluang Usaha Nasi Goreng Keliling Yang Menguntungkan
Peluang Bisnis Peluang Usaha

BisnisRiau, Nasi goreng adalah makanan asli Indonesia yang memiliki banyak penggemar. Tidak hanya dari kalangan dewasa tetapi anak-anak juga sangat menyukainya. Selain itu, makanan yang satu ini juga menjadi makanan favorit bagi turis-turis asing. Ini menjadikan usaha nasi goreng menjamur di mana-mana, baik di perkotaan maupun di pedesaan.

Memulai usaha nasi goreng juga tidaklah terlalu rumit. Bahan baku mudah didapatkan dan harganya pun sangat terjangkau. Selain itu, bisnis ini juga bisa dijalankan dengan modal minim. Yah, anda bisa melakukan usaha ini dengan cara berkeliling menggunakan gerobak. Mudah sekali, bukan?

Nah, bagi anda yang berminat untuk membuka usaha nasi goreng keliling, ada beberapa langkah yang perlu anda ketahui. Yah, anda tidak bisa serta merta menjalankan bisnis ini tanpa memiliki ilmu yang cukup. Dengan mengetahui langkah-langkahnya, anda lebih bisa mengetahui apa yang perlu dilakukan. Ada 9 langkah membuka usaha nasi goreng keliling yang perlu anda ketahui, antara lain:

  1. Siapkanlah modal yang cukup

Modal adalah suatu keharusan dalam memulai usaha. Yah, bisa dipastikan usaha tidak akan jalan jika tiada modal yang memadai. Maka dari itu, siapkanlah modal sesuai dengan kebutuhan usaha anda. Selain itu, kalkulasikan modal usaha yang dibutuhkan untuk membeli bahan baku, peralatan, promosi, dan lain sebagainya.

  1. Siapkanlah peralatan dengan komplet

Apa saja peralatan untuk memulai usaha nasi goreng? Sebenarnya sama saja seperti usaha kuliner lainnya. Yah, anda harus menyediakan peralatan memasak seperti kompor, wajan, sodet, dan lain sebagainya. Selain itu, jika anda ingin berjualan nasi goreng dengan berkeliling, otomatis membutuhkan gerobak. Nah, peralatan di atas sangat menunjang kelangsungan usaha nasi goreng anda. Oleh sebab itu, carilah peralatan serta perlengkapan lainnya yang dibutuhkan. Anda bisa membelinya di pasar dengan harga yang murah namun kualitas tidak murahan. Atau bisa juga menggunakan perlatan rumah tangga anda sehingga tidak perlu keluar modal lebih banyak.

  1. Miliki resep nasi goreng yang enak

Nasi goreng yang enak itu seperti apa sih? Yah, pada intinya anda harus sering-sering mengecek selera di pasaran. Sebab rasa sangat menentukan perjalanan usaha nasi goreng anda. Rasa yang lezat sesuai dengan selera pelanggang tentunya akan membuat nasi goreng anda menjadi laris. Nah, maka carilah resep yang enak sesuai dengan selera orang kebanyakan. Anda bisa mempelajarinya dengan mendatangi orang yang memiliki nasi goreng yang enak dan laris. Tanyakanlah apa rahasianya dan bagaimana membuatnya. Yah, anda tidak perlu menanyakan langsung. Bisa saja anda menjadi seorang pembeli dan kemudian bertanya-tanya seputar nasi gorengnya. Atau bisa juga anda mempelajarinya dari buku resep masakan, video tutorial, dan bisa juga bekerja sama dengan orang yang memang ahli dalam urusan nasi goreng. Setelah tahu resepnya, anda bisa berkeliling menjual nasi goreng.

  1. Pilihlah lokasi yang strategis
❛❛ Baca juga :   Romi Cahaya Fajar, Pria Yang Meraup Keuntungan Dari Berbisnis Barbershop

Usaha nasi goreng bukanlah perkara sulit untuk dijalankan. Asalkan anda tahu di mana harus menjual nasi goreng tersebut. Makanan yang satu ini tidaklah memandang strata sosial, semua orang menyukainya. Nah, agar usaha nasi goreng keliling anda berjalan sukses, berkelilinglah ke tempat-tempat yang ramai. Misalnya anda berkeliling perumahan yang padat penduduk, berkeliling di sekitaran jalan raya yang ramai dilalui orang, atau di tempat umum seperti stasiun dan terminal. Pada intinya, tempat ramai adalah pasar yang bagus untuk usaha nasi goreng keliling anda.

  1. Membuat konsep usaha

Nah, penting sekali membuat konsep usaha. Jika anda telah menetapkan konsepnya (berjualan keliling) maka anda harus menonjolkan sesuatu yang unik dari usaha nasi goreng anda. Misalnya dengan membuat gerobak yang unik dan menarik, berpakaian tidak seperti bukan tukang nasi goreng pada umumnya, atau apapun yang bisa membuat orang tertarik dengan nasi goreng anda. Jika konsep usaha telah ada, anda tinggal menjalankannya saja. Ini akan lebih mudah dan terarah tentunya.

  1. Memiliki nasi goreng yang bernilai lebih

Semua orang pasti senang jika sesuatu memiliki nilai lebih. Yah, anda harus membuat nasi goreng anda bernilai lebih. Singkatnya, memiliki pembeda. Entah itu dari rasanya, penyajiannya, konsepnya, atau apapun yang tidak dimiliki oleh penjual nasi goreng lainnya. Carilah ciri khas yang bisa anda tonjolkan kepada pelanggan sehingga membuat mereka selalu ingin mencoba nasi goreng anda. Yah, jika ada nilai lebihnya pasti keuntungan pun berlebih.

  1. Menentukan harga
❛❛ Baca juga :   Peluang Usaha Isi Ulang Air Minum !!

Biasanya orang setelah mengedepankan rasa, berikutnya adalah harga. Yah, ini sangat biasa. Tentukanlah harga yang kompetitif dalam usaha anda. Jangan terlalu tinggi dari harga pasaran. Banyak orang mentang-mentang ingin mendapat untung banyak lalu tidak memperhatikan harga pasar. Pada akhirnya usaha mereka malah tidak laku. Sekali lagi, tentukan harga yang kompetitif, tidak terlalu mahal dan jangan terlalu murah juga. Intinya pas sesuai dengan harga pasaran.

  1. Melakukan promosi

Dalam bisnis apapun promosi wajib dilakukan. Ini tidak lain untuk memberikan informasi kepada calon pelanggan usaha anda. Jika mereka sudah tahu, tentunya pembeli anda akan semakin banyak. Buatlah promosi yang efektif dan efisien. Maksudnya, biaya murah namun tepat sasaran. Anda bisa melakukan promosi secara mouth to mouth (mulut ke mulut). Biasanya cara ini sangat ampuh dalam segala bisnis. Atau juga anda bisa memanfaatkan media sosial seperti facebook, twitter, instgram, dan lainnya. Yah, selain gratis juga bisa menjangkau banyak orang.

  1. Pelayanan yang prima

Nah, setelah siap membuka usaha nasi goreng keliling dan kemudian menjalankannya, inilah yang perlu diperhatikan. Pelayanan yang prima. Buatlah pelanggan anda merasa nyaman lalu berikan kesan pertama yang baik. Ramah dan tersenyumlah saat melayani. Ini sederhana namun efeknya luar biasa. Dengan pelayanan yang baik bisa dipastikan pelanggan akan balik lagi untuk membeli. Jika sebaliknya, siap-siap saja pelanggan anda kabur. Untuk itu, berikanlah pelayanan yang memuaskan dan tentunya ini akan menjadi keuntungan buat usaha nasi goreng keliling anda.

Itulah langkah-langkah yang perlu anda perhatikan sebelum membuka usaha nasi goreng keliling. Setelah dipelajari, maka selanjutnya adalah mempraktikan. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Sumber: biezniez.com

Tentang Isti RWD