Peluang Usaha Jajanan Anak Sekolah Yang Menguntungkan

Peluang Usaha Jajanan Anak Sekolah Yang Menguntungkan
Peluang Usaha Tips Bisnis


BisnisRiau, Peluang Usaha Jajanan Anak Sekolah Yang Menguntungkan Bisnis jajanan merupakan jenis usaha yang sudah tak asing lagi di Indonesia. Anda bisa dengan mudah menjumpai berbagai gerai usaha jajanan secara keliling, kantin, warung, toko maupun rumahan. Ada berbagai jenis jajanan yang bisa digeluti. Baik jajanan untuk kalangan anak TK, SD, SMP, SMA dan mahasiswa serta jajanan pasar untuk kalangan umum. Menjamurnya berbagai bisnis jajanan membuat persaingan bisnis kuliner ini sangat ketat. Sebagai bisnis makanan ringan, jajanan akan senantiasa laris dicari banyak orang. Disebabkan sebagai jenis usaha yang memenuhi kebutuhan dasar manusia yaitu makan. Sehingga bisnis jajanan selalu dibutuhkan setiap orang setiap hari. Bisnis ini tidak mengenal istilah sepi konsumen.

Konsumen Usaha Jajanan
Adapun yang menjadi konsumen usaha jajanan adalah semua orang. Anak-anak, remaja, orang dewasa dan orang lanjut usia pun menyukai makanan ringan jajanan. Karena memiliki rasa yang enak, lezat dan gurih dengan harga yang sangat terjangkau. Di saat perut lapar maka jajanan merupakan kuliner yang murah dan tepat untuk dapat mengganjal dan menahan perut yang lapar. Jajanan sangat enak dan pas dinikmati saat menonton televisi, bersantai di rumah, makanan cemilan di tempat kerja bahkan untuk menjamu tamu.

Prospek Bisnis Jajanan Terbaru
Anda bisa saja mengerem untuk membeli kebutuhan sekunder seperti baju dan pakaian. Namun untuk kebutuhan makan akan sangat sulit. Apalagi ketika perut sedang lapar. Pastinya akan membeli makanan atau jajanan untuk mengisi perut anda yang kosong. Hal inilah hanya menunjukkan betapa prospek bisnis jajanan sangat cerah dan menjanjikan saat ini di Indonesia. Apalagi jumlah penduduk Indonesia yang setiap tahun bertambah besar.

Berdasarkan survey terbaru bahwa jenis bisnis yang paling banyak ditekuni oleh orang di seluruh dunia adalah bisnis kuliner. Jika anda memutuskan untuk memulai bisnis makanan ringan atau jajanan maka sangat tepat. Walaupun sudah banyak pesaing, bisnis jajanan akan tetap laku keras. Anda bisa menjalankan bisnis usaha jajanan dengan konsep restoran, kafe, rumahan, pedagang kaki lima, maupun konsep keliling menggunakan sepeda motor atau gerobak.

Namun jika anda memutuskan untuk memulai bisnis jajanan maka terlebih dahulu harus menentukan pangsa pasar yang hendak dibidik. Salah satu pangsa pasar yang bisa anda bidik adalah kalangan anak sekolah. Mengingat setiap anak sekolah pastinya mempunyai uang jajan dari kisaran Rp 4000 sampai Rp 10 ribu. Dan terbukti usaha jajanan anak sekolah selalu laris manis dan menghasilkan keuntungan sampai jutaan rupiah perbulan.

13 Cara Membuka Bisnis Jajanan Anak Sekolah Untung Jutaan
Untuk lebih jelas, berikut ini 13 cara membuka bisnis jajanan anak sekolah yang menguntungkan dengan untung jutaan perbulan bagi pemula, antara lain:

1. Memilih jenis jajanan anak sekolah yang sesuai bakat dan minat
Ada begitu banyak jenis jajanan bagi anak sekolah dari mulai pentol, cilok, surabi, aneka gorengan, kerak telor, baso ikan, baso tahu, siomay, snack aneka 1000, chiki, taro, makroni, es dan lain sebagainya. Dari banyak jenis jajanan anak sekolah tersebut pilihlah jajanan yang paling anda minati. Sehingga anda bisa mengerjakan bisnis jajanan anak sekolah dengan menyenangkan, tanpa beban dan nyaman.

2. Persiapan modal usaha
Untuk membuka usaha jajanan anak sekolah pastinya memerlukan yang namanya modal usaha. Terutama dalam segi uang dan peralatan. Modal usaha jajanan anak sekolah terdiri dari biaya investasi dan biaya operasional usaha. Untuk biaya modal investasi meliputi pembelian alat press pengemas makanan ringan jajanan. Untuk modal operasional adalah pembelian bahan baku, plastik kemasan, gas, listrik dan biaya lain sebagainya.

Anda bisa memulai bisnis jajanan anak sekolah dengan modal uang Rp 2 juta. Namun jika anda tidak mempunyai uang sama sekali maka anda bisa mendapatkan modal usaha tersebut dengan cara sebagai berikut:

▪ Kerjasama
Anda bisa mengajak sanak kerabat, anggota keluarga maupun teman anda untuk bekerjasama membuka usaha jajanan anak sekolah. Kerjasama bisa dalam bentuk pembiayaan maupun dalam bentuk membantu memasarkan jajanan anak sekolah.

▪ Meminjam
Apabila sobat tak memiliki uang yang memadai untuk modal buka usaha jajanan anak sekolah maka anda bisa melakukan peminjaman uang kepada kedua orangtua, sanak kerabat, teman, sahabat, tetangga, koperasi, bank dan kalangan lain sebagainya. Pada awal usaha, usahakan untuk meminjam modal uang kepada keluarga dan sanak kerabat dengan sistem bagi hasil. Sedangkan untuk melakukan peminjaman uang di bank dan koperasi harus benar-benar dipikirkan secara matang. Sebab memerlukan proses administrasi, seperti pengajuan proposal usaha, jaminan dan lain sebagainya.

3. Tempat usaha yang strategis
Anda bisa menjalankan bisnis jajanan anak sekolah secara keliling menggunakan gerobak atau sepeda motor. Selain itu, anda dapat pula menggunakan sistem pemasaran ke warung-warung dan kantin sekolahterdekat. Namun semua itu perlu didukung oleh gerai usaha jajanan anak sekolah yang berada di tempat yang strategis. Untuk sukses bisnis jajanan anak sekolah membutuhkan tempat yang strategis seperti di dekat sekolah, dilalui banyak anak sekolah, di pusat keramaian dan lain sebagainya.

4. Memilih jajanan anak sekolah yang paling laris
Untuk membuka usaha jajanan anak sekolah tidak gampang. Anda mesti terjun ke lapangan dan melihat jenis jajanan anak sekolah terlaris dan populer yang ada di pasaran. Kemudian sobat dapat memilih membuka usaha jajanan anak sekolah yang laris tersebut dan yang masih jarang pesaing. Sebab percuma jika anda menjual jajanan yang tidak sesuai selera anak sekolah. Bukannya untung malahan buntung. Sebab tidak ada penjualan sama sekali.

Oleh sebab itu, pastikan anda membuka usaha jajanan unik yang menjual jajanan yang paling disukai anak sekolah. Lalu anda mesti bisa mengalahkan pesaing anda dengan kemasan lebih menarik dan harga jual yang lebih murah. Berikut ini sejumlah jajanan anak sekolah paling laris antara lain : es, cilok atau pentol, seafood, makaroni, kerupuk udang, cireng, jenang jagung, dodol, risoles, martabak manis mini, lumpia, lemper, pastel dan jajanan lain yang digemari anak sekolah.

5. Pasokan bahan baku
Setelah mengetahui jenis jajanan yang sedang laris maka berikutnya adalah mencari pemasok bahan baku dari jajanan anak sekolah tersebut. Anda bisa mengetahui alamat pemasok jajanan anak sekolah di internet maupun dengan survey di lapangan. Dengan mempunyai pemasok tetap maka dipastikan proses produksi akan berjalan lancar setiap harinya. Pastikan anda mendapatkan beberapa pemasok jajanan yang lebih murah. Dan sebagian disimpan sebagai cadangan.

6. Mempersiapkan karyawan
Jika bisnis jajanan anak sekolah yang anda bangun masih dalam skala kecil-kecilan mungkin tidak membutuhkan karyawan dalam jumlah banyak. Sobat bisa bekerja sendirian dengan memberdayakan anak maupun isteri tercinta. Namun jika usaha jajanan yang sobat miliki telah berkembang besar maka tak ada salahnya bagi anda untuk merekrut karyawan terampil yang dapat membantu kelancaran usaha dan meningkatkan omset usaha jajanan perbulan. Sehingga anda bisa fokus dalam pengembangan usaha.

7. Promosi dan pemasaran
Karena bisnis jajanan yang anda kelola menargetkan kalangan anak sekolah maka anda bisa mempromosikan dan memasarkan jajanan anak sekolah kepada kantin, warung, pedagang keliling yang berada di sekitar sekolah SD, TK, SMP dan SMA. Lakukan penawaran langsung kepada warung atau kantin yang di dekat sekolah. Promosikan bisnis jajanan anak sekolah yang sobat tekuni lewat mulut ke mulut, memasang pamflet, papan nama, spanduk, reklame, menyebarkan brosur dan leaflet, dan lain sebagainya.

Untuk memperluas pangsa pasar, sobat dapat pula menggunakan internet untuk memasarkan usaha jajanan anak sekolah. Misalkan menggunakan media sosial, facebook, twitter, instagram, whatsapp, marketplace, blog dan aplikasi lainnya. Tawarkanlah sistem dropship dan reseller untuk menjual lebih banyak produk jajanan anak sekolah yang sobat buat.

8. Kombinasi usaha
Selain membuka usaha jajanan anak sekolah tak ada salahnya anda mengkombinasikan dengan usaha sejenis yang masih berkaitan seperti mainan anak-anak sekolah. Sehingga keuntungan yang bisa didapatkan akan lebih besar.

9. Membuat surat perijinan usaha
Untuk mengembangkan bisnis jajajan anak sekolah yang sobat dirikan maka anda mesti membuat surat perijinan usaha seperti NPWP, surat ijin dari BPPOM, dinas kesehatan dan sertifikat halal dari MUI. Sebab beberapa minimarket dan pasar modern serta toko oleh-oleh selalu mensyaratkan syarat di atas agar terpenuhi jika ingin produk jajanan anak sekolah sobat bisa masuk di lingkungan usaha mereka.

10. Pelayanan terbaik
Untuk membuka bisnis jajanan anak sekolah untung jutaan sobat harus memperhatikan kualitas pelayanan. Pastikan anda melayani konsumen dengan baik, ramah, tepat waktu, bersahabat, sopan, supel, murah senyum, dan sikap baik lainnya. Sehingga konsumen terkesan dengan penampilan apik yang anda berikan. Yang membuat konsumen memutuskan menjadi pelanggan tetap.

11. Kualitas jajanan anak sekolah sangat baik
Pastikan anda menjual jajanan anak sekolah dalam kualitas bagus. Jangan sampai menjual makanan anak sekolah yang sudah basi dan kadaluarsa. Bukan hanya merugikan orang lain sebagai penikmat tapi juga bisa membahayakan bisnis jajanan anak sekolah sobat.

12. Harga lebih murah
Masalah harga adalah sesuatu yang sangat sensitif bagi kalangan anak sekolah. Mengingat daya beli mereka cukup rendah. Sehingga produk jajanan anak sekolah yang sobat jual mesti dibanderol dengan harga sesuai dengan kemampuan keuangan mereka. Jajanan anak sekolah bisa dijual di kisaran Rp 500 sampai Rp 1000. Lebih dari itu, jajanan anak sekolah kurang begitu laku.

13. Terus berinovasi
Jangan sampai bisnis jajanan anak sekolah yang sobat tekuni mengalami penurunan kuantitas penjualan disebabkan bosan dengan jajanan anak sekolah yang itu-itu saja. Sobat mesti melakukan inovasi yang menampilkan jajanan yang terlihat unik, berbeda dengan kualitas rasa yang enak dan lezat.

sumber: investasiuntung.com


  • Usaha rumahan makanan dan minuman untuk anak anak sd dan tk di banyuwangi Usaha rumahan makanan dan minuman untuk anak anak sd dan tk di banyuwangi (1)

Tentang Isti RWD