Peluang Usaha Enting- Enting

Peluang Usaha Enting- Enting
Peluang Usaha

Apakah Anda termasuk salah satu pecinta olahan jajanan tradisonal yang bernama enting-enting? Nama olahan makanan Enting-enting ini pastinya sudah tidak asing lagi bagi Anda. Enting-enting ini terbuat dari kacang tanah yang disangrai diberi gula merah atau guli pasir. Olahan enting-enting ini memiliki cita rasa yang sangat enak dan sangat cocok untuk Anda jadikan menu camilan bersama keluarga tercinta Anda atau bersama rekan terdekat Anda. Enting-enting ini memiliki bentuk bundar atau persegi dengan kacangnya yang masih utuh membuat cita rasa dari emping-emping ini menjadi semakin istimewa. Camilan enting-enting ini dari jaman dahulu hingga saat ini tetap menjadi salah satu camilan yang banyak difavoritkan oleh masyarakat mulai dari kalangan anak-anak hingga kalangan dewasa. Rasanya yang gurih kacang dan manis karamel bisa membuat ketagihan setiap orang yang memakannya.

Camilan satu memiliki varian rasa yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera Anda. Meskipun camilan enting-enting ini camilan tradisonal namun hingga saat ini olahan enting-enting ini masih banyak diminati oleh masyarakat. ,melihat kondisi ini bisa Anda manfaatkan sebagai lahan bisnis. Peluang bisnis enting-enting ini masih sangat terbuka lebar jika Anda ingin terjun di dalamnya. Dengan menjalankan kegiatan usaha enting-enting ini bisa mendatangkan keuntungan untuk Anda sekaligus sebagai langkah untuk mempertahankan camilan tradisonal. Untuk menjalankan kegiatan usaha enting-enting ini sangat mudah dan juga tidak membutuhkan modal yang besar. Jika Anda merasa tertarik untuk menjalankan kegiatan usaha enting-enting ini di bawah ini akan kami berikan contoh analisa usaha dari usaha enting-enting. Adapun contoh analisa usaha enting-enting adalah sebagai berikut.

Contoh Analisa Usaha Enting- Enting

Memulai usaha

Untuk memulai kegiatan usaha enting-enting ini sangat mudah, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mempersiapkan peralatan usaha yang akan digunakan untuk memproduksi enting-enting. Proses pembuatan enting-enting ini juga sangat mudah dan juga bahan yang digunakan sangat mudah. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat enting-enting adalah kacang tanah yang sudah dikupas, gula merah yang sudah disisr, gula pasir, vanili bubuk., garam, dan air. Untuk proses pembuatannya adalah pertama dengan menyangrai kacang tanah setelah matang kacang tanah dtumbuk dengan menggunakan ulekan, masak gula merah yang dicampur dengan gula pasir, garam, vanili masak hingga mencair. Kemudian masukkan kacang tanah yang sudah dihancurkan tadi aduk hingga tercampur dengan merata. Jika sudah tercampur dengan merata, langkah berikutnya adalah dengan mengangkat enting-enting dan meletakannya ke dalam wadah yang sudah diberi alas plastik dan kemudian dipadatkan. Jika sudah sudah padat dan dingin keluarkan dan potong-potong dengan menggunakan pisau.

Pelaku usaha enting-enting

Menjalankan kegiatan usaha enting-enting ini bisa dilakukan oleh siapa saja tidak memandang gender, status dan pendidikan. Mungkin bagi Anda yang memiliki kesibukan bekerja di kantor, usaha yang memproduksi enting-enting ini bisa Anda jadikan sebagai usaha sampingan Anda.

Lokasi usaha

Untuk menjalankan kegiatan usaha enting-enting ini sebenarnya tidak harus memiliki lokasi usaha yang strategis. Usaha enting-enting ini bisa Anda jalankan di rumah sendiri tanpa harus menyewa tempat. Pemilihan lokasi usaha memang sangat penting, karena penentuan lokasi usaha juga menjadi factor penentu keberhasilan suatu usaha yang dijalankan. Meskipun kegiatan usaha enting-enting ini tidak menggunakan lokasi usaha yang strategis maka Anda harus memiliki perencanaan yang matang tentang bagaimana caranya agar produk enting-enting buatan Anda bisa dietrima di pasaran.

Sumber : agrowindo.com

About Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA