Rabu, 16 Januari 2019 13:31:52
Dilihat sebanyak 401 kali

Peluang Usaha Dodol Sawo

Peluang Usaha Dodol Sawo
Peluang Usaha

BeritaUKM,Riau-

Kuliner di Indonesia sangat banyak sekali ragamnya termasuk aneka jajanananya. Jajanan yang sudah sangat dikenal dan memiliki rasa kenyal dan legit ini misalnya. Makanan seperti dodol selalu ada setiap harinya sebagai menu camilan pada saat ada acara atau hanya untuk camilan dirumah. Dodol pun memiliki banyak inovasi dan bisa dibuat dari berbagai jenis bahan. Salah satunya ialah dodol sawo ini terbuat dari buah sawo segar. Rasa sawo yang manis menjadi lebih enak jika dibuat menjadi dodol sawo. Peminat dari dodol sawo pun sangat banyak membuat peluang usaha dodol sawomenguntungkan. Apabila menjalankan usaha ini maka akan banyak target pasar yang dituju. Jajanan dodol sawo dapat dikonsumsi anak – anak hingga orang tua. Tekstur kenyal dan lembut disukai banyak kalangan. Bisnis dodol sawo ini jika dijalankan dengan baik maka nantinya akan bisa berkembang dan menguntungkan bagi pelaku usaha.

Info Bisnis Dodol Sawo

Dodol sawo menjadi camilan yang enak dan banyak disukai, jika mengolah buah sawo dengan maksimal maka akan bisa menghasilkan dodol sawo yang pas. Menjalankan bisnis dodol sawo ini cukup mudah karena bahan yang dibutuhkan tersedia disekitar kita. Bisnis dodol sawo walaupun telah banyak dijalankan oleh berbagai kalangan namun peminatnya semakin berkembang dan menjadikan bisnis ini menjanjikan.

Peluang Menjalankan Bisnis Dodol Sawo

Dodol sawo bisa menjadi produk andalan untuk berbisnis dengan melihat peluangnya yang menjanjikan. Jika ingin menjalankan usaha dodol sawo supaya berjalan dengan lancar dan maksimal maka perlu membuat dodol sawo sesuai selera masyarakat. Apabila membuat dodol sawo sesuai dengan keinginan masyarakat pasti produk ini akan dikenal dan disukai.

Bahan Baku Dodol Sawo

Sebelum memulai mengembangkan bisnis dodol sawo sebaiknya mengetahui bahan yang digunakan. Untuk menghasilkan rasa yang nikmat maka bahan baku harus berkualitas. Bahan utama untuk membuat dodol sawo sudah pasti ialah buah sawo. Cari buah sawo yang masih segar dan matang sempurna. Selain bahan utama berupa buah sawo, dibutuhkan juga bahan lain untuk membuatnya seperti gula, susu, dan vanili.

Peralatan Bisnis Dodol Sawo

Supaya usaha dodol sawo dapat berjalan dengan baik, untuk proses produksi perlu dibantu dengan peralatan bisnis yang tepat. Peralatan ini misalnya wajan besar, pengaduk, penghalus sawo, baskom, pencetak dodol, pengemas dan sebagainya. Jika usaha ini masih dalam skala kecil maka bisa memanfaatkan peralatan dapur di rumah, sedangkan untuk skala besar bisa membeli peralatan usaha dengan kapasitas besar.

Konsumen Produk Dodol Sawo

Dodol sawo disukai masyarakat dari berbagai golongan, baik anak – anak, muda sampai tua. Dengan harga terjangkau dodol sawo bisa dibeli oleh banyak kalangan mulai dari kalangan bawah sampai atas. Sehingga bisnis dodol sawo ini memiliki target pasar yang besar.

Tempat Bisnis Dodol sawo

Supaya dodol sawo diketahui banyak kalangan maka perlu mencari lokasi usaha strategis. Tempat yang sesuai untuk menjalankan bisnis dodol sawo ini yaitu di dekat pasar, di dekat sekolahan dan kampus, di pusat perbelanjaan dan sebagainya.

Harga Dodol Sawo

Dodol sawo yang dijual dipasaran berkisar antara Rp. 10.000 sampai Rp. 16.000 per kemasan tergantung sedikit banyaknya porsi. Apabila Anda ingin menjalankan usaha dodol sawo perlu menentukan harga yang tepat. Hitung dahulu pengeluaran untuk membeli bahan dodol sawo lalu tentukan harga. Ambil keuntungan yang diinginkan, jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit, supaya menghasilkan keuntungan yang tepat.

Strategi Bisnis Dodol Sawo

Ketika mencoba peluang bisnis dodol sawo ini membutuhkan banyak strategi supaya nantinya bisa menjalankan bisnis dodol sawo dengan mudah. Beberapa diantaranya yaitu :

  1. Membuat dodol sawo dengan kualitas rasa yang maksimal supaya diminati masyarakat, berikan aneka pilihan variasn supaya pembeli bisa memilih dodol sesuai keinginan.
  2. Membuat produk dodol sawo dengan tampilan yang unik dan berbeda dengan pengusaha lainnya. Sebagai ciri khas untuk usaha dodol yang dijalankan.
  3. Untuk menawarkan bisnis dodol sawo bisa dijalankan dengan mudah yaitu membuat spanduk dan memajang di depan tempat bisnis. Agar banyak yang mengetahuinya, untuk lebih menarik pasang foto produk  dodol sawo dan kisaran harga.

About Sasi RWD

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA