Peluang Usaha Dodol Durian

Peluang Usaha Dodol Durian
Peluang Usaha

Durian menjadi buah yang manis dan enak dimakan langsung, buah durian juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku makanan yang kalanya tidak kalah enak. Hal ini membuat kebutuhan akan durian semakin meningkat dalam setiap waktu. Selain daging buah yang enak dimakan bagian lainnya juga bisa dimanfaatkan misalnya biji durian untuk keripik. Olahan dari bahan durian semakin banyak setiap waktunya serta semakin beragam pula inovasinya. Salah satunya camilan dari bahan durian yaitu dodol durian. Ya, durian dapat dijadikan sebagai dodol dengan rasa istimewa. Membuat dodol durian banyak diburu oleh banyak orang. Kondisi ini membuat peluang usaha dodol durian layak untuk dicoba. Nah, jika tertarik untuk membuka usaha dodol durian maka silahkan simak info dibawah ini :

Info Usaha Dodol Durian

Dodol durian ini bisa dijadikan usaha dengan prospek keuntungan yang menjulang. Target pasar pada camilan dodol durian cukup tinggi, hampir semua kalangan masyarakat menyukai kelezatan dari dodol durian. Proses mengolah dodol durian ini pun sangat mudah dan simple, jadi siapa saja bisa mencobanya asalkan mengetahui teknik pembuatan dodol durian dengan baik dan benar.

Modal Usaha Dodol Durian

Usaha dodol durian tidak membutuhkan modal besar ini karena bahan durian yang terjangkau. Anda pun bisa menjalankan usaha dodol durian dengan bekerjasama bersama para petani durian. Peralatan untuk membuat dodol durian pun cukup hemat.

Bahan Baku Dodol Durian

Bahan baku durian dapat dibeli dengan mudah penjual buah atau pada para petani durian. Harga bahan baku durian lebih terjangkau jika membelinya langsung dipetani durian. Selain membutuhkan bahan baku durian, bisnis ini juga memerlukan bahan tambahan lain supaya hasil durian lebih enak. Bahan ini misalnya tepung ketan, santan dan sebagainya.

Siapkan Peralatan Membuat Dodol Durian

Peralatan yang dibutuhkan untuk memproduksi dodol durian ini yaitu wajan besar, baskom, wadah dodol, kompor dan gas, pengemas, pengaduk dan sebagainya.

Lokasi Usaha Dodol Durian

Usaha dodol durian ini bisa dijalankan dirumah apabila masih menjalankannya dalam skala rumah tangga. Bila dodol durian semakin dikenal dan mempunyai permintaan pasar yang besar bisa menyewa tempat yang lebih luas untuk proses produksi.

Konsumen Produk Dodol Durian

Camilan kenyal dan legit ini disukai banyak kalangan, sehingga target pasar pada bisnis dodol durian ini sangat meluas. Harga dodol durian terjangkau sehingga bisa dibeli oleh siapa pun. Dari mulai anak kecil sampai orang tua bisa mengkonsumsi dodol durian legit dan enak ini.

Harga Produk Dodol Durian

Dodol durian ini bisa dijual dengan harga berkisar antara Rp. 10.000 – Rp. 15.000 per kemasan. Harga yang diberikan disesuaikan dengan kemasan dan jumlah dodol durian yang dikemas.

Karyawan Usaha Dodol Durian

Usaha dodol durian membutuhkan karyawan karena usaha ini memakan banyak waktu dalam pembuatannya. Rekrut satu orang untuk dijadikan karyawan dalam membantu memproduksi dodol durian.

Pengolahan Produk Dodol Durian

Pengolahan durian ini mudah dengan memisahkan daging gurian dari biji. Menyiapkan bahan – bahan lainnya kemudian mencampurnya menjadi satu. Proses pembuatan dodol durian membutuhkan waktu sekitar 2 jam lebih.

Promosi Usaha Dodol Durian

Lakukan promosi dodol durian dengan mencetak spanduk dan dipasang didepan lokasi usaha, hal ini supaya kegiatan usaha dodol durian diketahui banyak kalangan.

Pemasaran Usaha Dodol Durian

Pasarkan produk dodol durian ini ditempat ramai dan banyak dikunjungi masyarakat luas. Jika bisa titipkan dodol durian kebeberapa toko, , swalayan, dan supermarket terdekat.

Strategi Usaha Dodol Durian

Strategi untuk usaha dodol durian ini yaitu dengan mengemas dodol durian secara rapi dan menarik. Tambahi label pada kemasan dodol durian dengan nama unik dan tambahan gambar. Kemas pada plastik transparan dan tebal secara rapi. Buat produk dodol durian agar disukai banyak kalangan dengan memberikan cita rasa khas pada dodol.

Sumber : agrowindo.com

About Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA