Peluang Usaha Budidaya Strawberry

Peluang Usaha Budidaya Strawberry
Peluang Usaha

BeritaUKM,Riau- Bentuk buah strawberry juga sangat menarik dan terlihat cantik sehingga banyak masyarakat yang penasaran dengan cita rasa dari buah strawberry. Buah straberry sangat populer sekali dikalangan masyarakat secara luas bahkan buah tersebut menjadi salah satu jenis buah yang banyak dicari oleh masyarakat secara luas. Buah strawberry dapat dimakan secara langsung namun bagi Anda yang tidak suka dengan cita rasa buah strawberry yang sedikit asam maka dapat dijadikan minuman jus. Manfaat yang bisa didapatkan dari buah strawberry tidak hanya untuk dapat dikonsumsi saja namun juga dapat digunakan sebagai masker wajah. Bagi masyarakat yang tinggal di daerah dataran tinggi sebaiknya mencoba untuk membudidayakan tanaman strawberry. Tanaman strawberry di dataran tinggi akan menghasilkan buah dengan tekstur yang besar sehingga memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Tanaman strawberry sebenarnya juga bisa dibudidayakan di rumah namun ada beberapa cara perawatan yang harus dilakukan agar tanaman strawberry dapat tumbuh dengan subur. Jika ingin menanam strawberry di rumah Anda bisa menggunakan polibag dan bagi Anda yang memiliki lahan yang cukup luas dapat membudidayakan tanaman strawberry dengan skala yang luas. Bagi Anda yang ingin membudidayakan tanaman strawberry di bawah ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  1. Syarat Tumbuh Tanaman Starwberry

Tanaman strawberry adalah jenis tanaman yang dapat tumbuh optimal dengan curah hujan antara 600 hingga 700 mm/tahun. Penyinaran matahari membutuhkan waktu antara 8 hingga 10 jam untuk setiap harinya. Tanaman strawberry adalah jenis tanaman subtropis yang dapat beradaptasi di daerah dataran tinggi dengan temperature 17 hingga 20 derajat C. Suhu kelembabab udara yang baik agar tanaman strawberry dapat tumbuh baik yaitu dengan tingkat presetasi 80 % hingga 90 %.

  1. Media Tanam

Media tanam yang baik untuk tanaman strawberry adalah tanah liat berpasir, tanah subur dan gembur, serta mengandung banyak bahan organik. Tingkat derajat keasamaan yang baik untuk tanah sebaiknya dengan PH 5.4 hingga 7 di kebun. Untuk penanaman di pot PH tanah yang baik berkisar antara 6.5 hingga 7. Penanaman strawberry di kebun sebaiknya dilakukan dengan ke dalaman 50 cm hingga 100 cm dari permukaan tanah.

  1. Pemeliharaan

Pemeliharaan atau perawatan strawberry bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti penyiraman secara teratur, penyemperotan hama, pemupukan, dan panen saat waktunya tiba.

About Sasi RWD

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA