Peluang Usaha Budidaya Rumput Laut

Peluang Usaha Budidaya Rumput Laut
Advertising Peluang Usaha

BeritaUKM,Riau-

Rumput laut menjadi komoditi hasil laut dengan nilai yang berharga. Hasil kekayaan laut yang satu ini memang banyak manfaatnya dan cukup potensial. Olahan dari rumput laut memang cukup beragam namun yang popular adalah agar-agar. Namun untuk bahan rumput laut juga dapat diolah untuk bahan tambahan berbagai industri makanan, farmasi, tekstil, kertas, kosmetik, cat dan lain-lain. Tak hanya itu saja rumput laut ini juga dimanfaatkan untuk pembuatan pupuk hijau serta pakan ternak atau ikan. Dengan seiring luasnya pemanfaatan hasil olahan rumput laut dalam berbagai industri, maka makin meningkat pula pasokan akan rumput laut yang dibutuhkan. Peluang usaha budidaya rumput laut memang bisa dibilang sangat potensial. Dimana pengembangan komoditi rumput laut yang kian meningkat membuat prospek bisnis ini semakin cerah. Budidaya rumput laut sendiri memang bukan jenis bisnis baru namun potensi bisnis ini sangat menanjikan. Cara budidaya rumput laut sendiri memang tidaklah sulit dan bisa Anda jalankan bagi pemula. Jenis-jenis rumput laut sendiri memang beragam seperti sango sango, bulung sangu, dongi dongi dan lain – lain. Memilih lahan yang strategis untuk budidaya rumput laut tentu sangat mendasar. Secara alamiah rumput laut hidup dengan melekat pada pasir, karang ataupun substrat lain dengan kedalaman air 10 hingga 15 meter di bawah permukaan laut. Selain itu lokasi dengan tingkat  dengan konsentrasi garam laut sekitar 12o/oo – 30o/oo dapat menjadi lokasi yang pas untuk budidaya rumput laut. Cukup mudah bukan budidaya rumput laut ini! Anda tertarik untuk mengikuti bisnis budidaya rumput laut dengan ulasan detailnya. Mari simak info budidaya rumput laut yang kami kupas di bawah ini :

Memulai bisnis budidaya rumput laut

Bisnis pembudidayaan kekayaan laut memang menjadi salah satu bisnis yang tidak pernah mati. Begitupun dengan bisnis budidaya rumput laut yang menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan. Untuk memulai bisnis budidaya rumput laut ini tidak sulit. Bisa di mulai dengan mudah dengan modal yang kecil. Anda dapat memulai bisnis budidaya rumput laut di lahan kecil atau pekarangan rumah.

Pelaku bisnis budidaya rumput laut

Bisnis budidaya rumput laut ini bisa dan cocok dijalankan oleh semua orang. Anda yang kini bingung mencari pilihan bisnis yang tepat. Dengan kemauan dan minat yang tinggi maka bisnis budidaya rumput laut ini dapat Anda jalankan dengan mudah.

Konsumen bisnis budidaya rumput laut

Konsumen budidaya rumput laut memang tidaklah sulit, konsumen budidaya rumput laut cukup besar mulai dari konsumsi rumah tangga hingga berbagai usaha kuliner.

Peralatan bisnis budidaya rumput laut

Dalam bisnis budidaya rumput laut membutuhkan beberapa peralatan penting diantaranya

pengadaan bibit rumput laut, pembukaan lahan budidaya rumput laut, keranjang panen rumput laut, golok dan sabit, perahu, gunting dan pisau, timba, sewa lahan, sekop dan lainnya. Dengan adanya peralatan tersebut maka bisnis budidaya rumput laut makin maksimal.

Pemasaran budidaya rumput laut

Dalam berjualan budidaya rumput laut, Anda bisa memasarkannya dengan cara menjualnya ke pasar, rumah makan, restoran atau hotel. Juga dapat memasarkannya rumput laut bagus ke swalayan atau supermarket.

Karyawan bisnis budidaya rumput laut

Karyawan dalam menjalankan bisnis budidaya rumput laut bisa menggunakan satu orang dahulu dalam permulaan.

Harga jual budidaya rumput laut

Patokan harga untuk budidaya rumput laut dapat Anda buat dalam hitungan per kg dimana harga mulai Rp 8.000 hingga Rp 17.000. Ini tergantung dari harga rumput laut yang ada di pasaran.

Keuntungan dalam menjalankan bisnis budidaya rumput laut

Keuntungan bila Anda memilih terjun dalam peluang bisnis budidaya rumput laut ini yakni merupakan bisnis pembudidayaan kekayaan laut  yang paling menguntungkan. Sebab rumput laut menjadi bahan penting yang paling banyak di cari.

Kekurangan bisnis budidaya rumput laut

Segi kekurangan bisnis budidaya rumput laut ialah budidaya rumput laut memiliki tingkat persaingan yang tinggi dan ketat.

About Sasi RWD

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA