Peluang Usaha Budidaya Pohon Sengon

Peluang Usaha Budidaya Pohon Sengon
Peluang Usaha

BeritaUKM,Riau-

Pohon sengon menjadi salah satu jenis pohon bernilai ekonomis tinggi. Pohon yang biasa dimanfaatkan kayunya untuk perabot rumah tangga, tiang bangunan, pagar, kertas, tangkai korek api, dan lain sebagainya. Pohon sengon dapat tumbuh tinggi yang mencapai sekitar 30-45 meter dengan ukuran diameter sebesar 70-80 cm. Dengan nilai yang ekonomis dan manfaatnya yang multiguna membuat banyak orang membudidayakan pohon sengon. Peluang usaha budidaya pohon sengon  memiliki prospek bisnis yang cukup bagus. Dari waktu ke waktu permintaan kayu sengon terus meningkat. Pemasaran kayu sengon terbilang laris manis di pasaran. Hal inipun membuat prospek budidaya pohon sengon sangat gemilang. Cara budidaya pohon sengon sendiri tidaklah sulit. Dimana budidaya pohon sengon dapat Anda lakukan pada lahan kosong yang Anda miliki. Tidak membutuhkan perawatan yang serasa khusus dalam proses budidaya pohon sengon ini. Dimana jika Anda memiliki ketersediaan lahan yang kosong maka dapat Anda manfaatkan untuk budidaya pohon sengon. Menarika bukan! Anda tertarik untuk budidaya pohon sengon ini! Jika iya tentunya melalui artikel ini kami akan membahas mengenai budidaya pohon sengon yang secara lengkapnya dapat Anda lihat di bawah ini :

Memulai bisnis budidaya pohon sengon

Bisnis perkebunan kayu memang menjadi salah satu bisnis yang tidak pernah mati. Begitupun dengan bisnis budidaya pohon sengon yang menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan. Untuk memulai bisnis budidaya pohon sengon ini tidak sulit. Bisa di mulai dengan mudah dengan modal yang kecil. Anda dapat memulai bisnis budidaya pohon sengon di lahan kosong yang fasilitasnya memadai. Yakni memiliki sumber air yang mudah dijangkau serta memiliki jalan angkut yang mudah saat panen

Pelaku bisnis budidaya pohon sengon

Bisnis budidaya pohon sengon ini bisa dan cocok dijalankan oleh semua orang. Anda yang kini bingung mencari pilihan bisnis yang tepat. Dengan kemauan dan minat yang tinggi maka bisnis budidaya pohon sengon ini dapat Anda jalankan dengan mudah.

Konsumen bisnis budidaya pohon sengon

Konsumen budidaya pohon sengon memang tidaklah sulit, konsumen budidaya pohon sengon cukup besar mulai dari orang yang membangun rumah, mebel kayu hingga pabrik-pabrik besar baik pabrik kertas pabrik korek pai dan lainnya.

Peralatan bisnis budidaya pohon sengon

Dalam bisnis budidaya pohon sengon membutuhkan beberapa peralatan penting diantaranya pengadaan bibit pohon sengon, cangkul, gerobak dorong, sewa lahan, golok dan sabit, pompa air, hand sprayer, timba, selang air dan gunting. Dengan adanya peralatan tersebut maka bisnis budidaya pohon sengon makin maksimal.

Pemasaran budidaya pohon sengon

Dalam berjualan budidaya pohon sengon, Anda bisa memasarkannya dengan cara menjualnya ke pengepul kayu sengon atau dengan menjualnya langsung ke pembeli yang membutuhkan bahan kayu sengon.

Karyawan bisnis budidaya pohon sengon

Karyawan dalam menjalankan bisnis budidaya pohon sengon bisa menggunakan satu orang dahulu dalam permulaan.

Harga jual budidaya pohon sengon

Patokan harga untuk budidaya pohon sengon dapat Anda buat dalam hitungan per batang dimana harga mulai Rp 450.000 hingga Rp 1.000.000. Ini tergantung dari harga pohon sengon yang ada di pasaran serta bentuk dan ukuran dari kayu sengon sendiri.

Keuntungan dalam menjalankan bisnis budidaya pohon sengon

Keuntungan bila Anda memilih terjun dalam peluang bisnis budidaya pohon sengon ini yakni merupakan bisnis perkebunan kayu yang paling mengutungkan. Sebab pohon sengon menjadi bahan penting yang paling banyak di cari.

Kekurangan bisnis budidaya pohon sengon

Segi kekurangan bisnis budidaya pohon sengon ialah budidaya pohon sengon memiliki tingkat persaingan yang tinggi dan keta

About Sasi RWD

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA