Peluang Usaha Budidaya Labu Kuning

Peluang Usaha Budidaya Labu Kuning
Peluang Usaha

BeritaUKM – Labu kuning merupakan hasil pertanian yang dapat dimanfaatkan untuk bahan alternatif pangan. Kandungan serat dalam labu kuning sangat bagus bagi kesehatan tubuh. Labu yang memiliki nama latin Cucurbita Moschata dan juga biasa dinamakan waluh. Pada bulan puasa tentunya labu kuning ini tidak pernah dilewatkan dalam sajian kolak.

Berbagai kandungan nutrisi yang terdapat dalam labu kuning membuat bahan makanan ini banyak penggemarnya. Tidak hanya di bualan puasa saja, labu kuning ini juga kerap digunakan masyarakat dalam berbagai makanan kekinian.  Sampai saat ini tingkat kebutuhan masyarakat akan komoditas labu kuning kuning terbilang tinggi. Kini peluang usaha budidaya labu kuning semakin menjanjikan. Banyak orang yang membudidayakan  labu kuning di berbagai daerah. Mungkin Anda tertarik untuk menjalankan budidaya labu kuning!

Cara pembudidayaan labu kuning sendiri dapat dikatakan tidaklah sulit. Pohonya yang merambat mudah di rawat dan hasil panen labu kuning terbilang banyak. Prospek dalam budidaya labu kuning dapat di katakan menjanjikan sehingga kami akan membahasnya disni. Jika Anda tertarik dengan budidaya labu kuning maka dapa menyimak informasinya yang ada di bawah ini :

  • Memulai bisnis budidaya labu kuning

Bisnis budidaya tanaman memang menjadi salah satu bisnis yang tidak pernah mati. Begitupun dengan bisnis budidaya labu kuning yang menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan. Untuk memulai bisnis budidaya labu kuning ini tidak sulit. Bisa di mulai dengan mudah dengan modal yang kecil. Anda dapat memulai bisnis budidaya labu kuning di pekarangan rumah.

  • Pelaku bisnis budidaya labu kuning

Bisnis budidaya labu kuning ini bisa dan cocok dijalankan oleh semua orang. Anda yang kini bingung mencari pilihan bisnis yang tepat. Dengan kemauan dan minat yang tinggi maka bisnis budidaya labu kuning ini dapat Anda jalankan dengan mudah.

  • Konsumen bisnis budidaya labu kuning

Konsumen budidaya labu kuning memang tidaklah sulit, konsumen budidaya labu kuning cukup besar mulai dari konsumsi rumah tangga hingga berbagai usaha kuliner. Dimana labu ini memiliki serat yang bagus bagi kesehatan sehingga banyak dijadikan olahan makanan yang dikonsumsi.

  • Peralatan bisnis budidaya labu kuning

Dalam bisnis budidaya labu kuning membutuhkan beberapa peralatan penting diantaranya pembukaan lahan labu kuning, pengadaan bibit labu kuning, keranjang panen labu kuning, golok dan sabit, timbangan, pompa air, selang air, gunting, cangkul, gerobak dorong, pompa air, timba, dan juga hand sprayer. Dengan adanya peralatan tersebut maka bisnis budidaya labu kuning makin maksimal.

  • Lokasi strategis dalam pemasaran budidaya labu kuning

Dalam berjualan budidaya labu kuning, Anda bisa memasarkannya dengan cara menjualnya ke pasar, rumah makan, restoran atau hotel. Juga dapat memasarkan labu langsung ke swalayan atau supermarket.

  • Karyawan bisnis budidaya labu kuning

Karyawan dalam menjalankan bisnis budidaya labu kuning bisa menggunakan satu orang dahulu dalam permulaan.

  • Harga jual budidaya labu kuning

Patokan harga untuk budidaya labu kuning dapat Anda buat dalam hitungan per kg dimana harga mulai Rp 5.000 hingga Rp 11.000. Ini tergantung dari harga labu kuning  yang ada di pasaran.

  • Keuntungan dalam menjalankan bisnis budidaya labu kuning

Keuntungan bila Anda memilih terjun dalam peluang bisnis budidaya labu kuning ini yakni merupakan bisnis budidaya tanaman yang paling mengutungkan.

  • Kekurangan bisnis budidaya labu kuning

Segi kekurangan bisnis budidaya labu kuning ialah budidaya labu kuning memiliki tingkat persaingan yang tinggi dan ketat.

About Isti RWD

Isti RWD Admin UKMRIAU