Peluang Usaha Bermodal Internet Ini Pas Banget untuk Karyawan

Peluang Usaha Bermodal Internet Ini Pas Banget untuk Karyawan
Peluang Usaha


BeritaUKM – Kamu sedang mencari peluang usaha baru yang pas buat karyawan kantoran di tahun 2019? Tenang, kamu gak sendiri kok soal ini.

Pada kesempatan kali ini, MoneySmart bakal membantumu mencari ide-ide usaha sampingan yang pas buat karyawan. Dijamin, usaha ini bisa dilakoni kapan pun saat ada waktu senggang.

Meski sedikit nyeleneh dan gak terduga, jangan salah jasa ini memang sangat dibutuhkan. Dan, bila kamu merasa sanggup melakoni usaha ini, tunggu apalagi! Segera cari klien dongbiar di tahun 2019 dompetmu bakal makin tebal.

Penasaran dengan peluang usaha baru yang dimaksud? Yuk, simak ulasan lengkapnya di sini:

1. Jasa bikin presentasi

Jasa bikin presentasi

Presentasi adalah hal yang wajib dilakukan setiap manajer atau staf senior di sebuah perusahaan saat meeting. Sebuah materi presentasi yang semakin keren tentu akan membuat penciptanya makin dipuji. Bahkan, bisa mendapat promosi jabatan.

Sayangnya, gak semua orang kreatif membuat presentasi. Bahkan, staf yang dianggap jenius pun sulit membuat presentasi sederhana, dan mudah dimengerti.

Ada orang yang jago ketika harus bicara, tapi gak mampu bikin presentasi power point yang menarik. Begitu pun sebaliknya.

Buat kamu yang piawai membuat presentasi, mungkin hal ini bisa jadi peluang usaha baru tahun depan. Coba saja tawarkan bos-bos atau manajer di kantormu, jika mereka tertarik dan siap bayar, barulah kamu coba mencari klien lain di luar perusahaan. Mudah kan?

2. Buka kursus online

Kursus online
Kursus online

Apapun kursusnya, apakah itu kursus bahasa, marketing, kursus gitar, bass, dan sebagainya, semuanya bisa dilakukan secara online. Kita mungkin mengenalnya dengan istilah webinar.

Membuka kursus itu jelas tanpa biaya. Ya kalaupun ada paling biaya kuota internet aja dan pastinya bisa saja dilakukan di kantor saat senggang, atau saat pulang kerja.

Buat menarik calon murid, coba bikin video di YouTube yang isinya teaser kursus online-mu. Namun, jangan lupa bahwa video itu sifatnya cuma teaser, kalau mereka ingin video lengkap ya harus bayar dulu dong.

Peluang usaha baru yang satu ini memang mengasyikkan karena kamu bisa membuka kursus sesuai dengan kemampuanmu. Tertarik mencoba?

3. Pembuat konten website

Pembuat konten website

Nah, ini merupakan pekerjaan yang cukup banyak ditawarkan oleh para freelance di situs Sribulancer. Itu artinya, persaingannya memang cukup ketat tapi kalau kamu yakin bisa, kenapa harus ragu mencoba.

Konten itu sifatnya beragam, namun yang paling umum adalah tulisan blog. Berbeda dengan tulisan di media, tulisan di blog-blog situs yang baru saja dibuat harus bersifat SEO friendly.

Tujuannya, agar tulisan di situs tersebut mudah muncul dalam mesin pencarian Google. Dan ketika banyak orang yang mengklik tulisan itu, traffic atau jumlah pengunjung situs baru itu akan bertambah.

Tentunya ini bisa jadi peluang usaha baru yang harus kamu coba. Tapi, pastikan kamu sudah tahu soal kaidah penulisan ramah SEO ya. Biar klien yakin.

4. Jasa pembayaran online

Jasa pembayaran online

Gak sedikit yang kepincut dengan barang-barang yang dipampang di toko-toko online luar negeri atau mau menikmati layanan premium di aplikasinya, tapi harus mengurungkan keinginan itu lantaran gak punya kartu kredit.

Kamu punya kartu kredit gak? Kalau punya, kenapa gak buka saja layanan jasa bayar ini. Jangan lupa tetapkan tarif yang bersahabat.

Jasa pembayaran bisa jadi apa aja, bisa berupa pembelian barang-barang dari situs luar negeri seperti Amazon, Alibaba, atau cuma urusan bayar-bayar perpanjang membership aplikasi  seperti Spotify, Netflix, dan Tinder.

Buat membuka jasa ini, baiknya kamu membuka blog aja. Nanti tinggal tulis kalau kamu menyediakan jasa pembayaran buat apa aja. Buat tulisan yang enak dibaca ya, biar calon konsumen percaya sama usaha online milikmu yang satu ini.

5. Jasa email blast

Jasa email blast

Email blast atau email marketing campaign adalah aktivitas promosi yang dilancarkan para pemilik usaha dengan mengandalkan email.

Kamu pasti sering kan menerima email promosi? Sebut saja dari bank-bank atau situs yang kamu subscribe.

Mengirim email blast itu gak bisa dilakukan secara manual dengan email kantor atau pribadi lho.

Bayangin aja, seandainya sebuah brand punya 1 juta data email pelanggan, mana bisa mereka mengirimkan sebanyak itu lewat email biasa?

Sebagai sebuah alat buat melancarkan kampanye promosi, email blast emang cukup efektif. Pasalnya, mekanisme ini tergolong murah.

Beberapa platform email blast yang umum dipakai adalah MailChimp dan EmailOctopus. Biaya langganan per bulannya dimulai dari kurang lebih US$ 20 hingga US$ 100, tergantung pada berapa jumlah subscriber dan email yang pengin klien kirimkan.

Sama seperti iklan, jasa ini juga sering ditawarkan agensi digital marketing. Tapi harganya udah pasti gak murah. Nah, di sinilah peluangnya.

Coba aja tawarkan ke pemilik bisnis-bisnis kecil atau UKM yang masih buta internet. Kalau mereka tertarik, ini bisa jadi peluang usaha baru yang bisa kamu garap tahun depan.

Oh ya satu lagi nih soal email blast. Menulis email blast juga ada tehniknya, karena kalau terlihat kayak iklan, email itu bisa masuk SPAM!


Tentang Isti RWD