Peluang Usaha Beras

Peluang Usaha Beras
Peluang Usaha

Nasi semua orang tentu akan sangat membutuhkannya untuk bisa bertahan hidup, mulai dari berbagai kalangan masyarakat dari anak – anak, remaja sampai dengan orang dewasa pun tentu akan membutuhkan sekali makanan berat seperti nasi. Nasi berasal dari beras yang dimasak kemudian baru bisa dikonsumsi dengan pelangkap seperti sayuran dan aneka lauk lainnya. Makanan memang akan selalu dibutuhkan untuk bisa menunjang aktivitas keseharian. Sehingga saat ini permintaan akan bahan makanan yang banyak sekali. Bahkan dalam setiap harinya akan selalu ada yang membutuhkannya, sehingga membuat bisnis makanan atau bahan baku makanan selalu laris dipasaran. Sehingga membuat aneka jenis makanan yang ada saat ini sangat bervariasi. Makanan yang dikonsumsi dalam setiap harinya ini tentu harus memiliki kandungan gizi yang baik dan seimbang, salah satu kandungan makanan yang cukup dibutuhkan ialah karbohidrat yang terkandung di dalam beras. Kabohidrat ini akan menghasilkan kebutuhan gula sehari – hari guna menjalankan aktifitas menjadi bertenaga. Bahan makanan tersebut berada di bahan makanan beras, beras menjadi makanan pokok untuk orang Indonesia. Beras selalu dibutuhkan oleh masyarakat karena menjadi makanan pokok untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari. Dengan melihat kebutuhan akan beras sangat meningkat untuk masyarakat maka sudah jelas bahwa peluang usaha beras sangat menjajikan untuk dijalankan. Mengingat masyarakat di Indonesia ini mengkonsumsi nasi dari bahan beras jadi banyak yang mencoba berbisnis beras.

Berikut ini akan kami sajikan beberapa hal sebelum memulai mencoba berbisnis beras supaya dapat menjalankan bisnis dengan lancar :

Mengetahui Jenis Beras
Terlebih dahulu Anda perlu mengetahui jenis – jenis dari beras. Beras ini memang memiliki banyak sekali varian serta bisa dibedakan mulai dari segi asal benih, kualitas beras, dan hasil beras nantinya jika sudah menjadi nasi. Beberapa jenis beras ini perlu Anda ketahui dan beradakan satu sama lain misalnya saja jenis beras pandan wangi, rojolele, bramo, koi, dan sebagainya. Jika sudah mengetahui jenis beras ini maka Anda tentu tidak akan merasa kebingungan saat pelanggan ini bertanya dan bisa menjawab mengenai sifat beras, kelebihan dari beras dan cara memasak jenis beras tersebut.

Mendapatkan Pasokan Beras
Dalam mencari serta mendapatkan pasokan beras ini untuk mengisi beras pada kios yang akan dibuka maka bisa dengan cara mengulak sari distributor atau agen beras. Anda pun juga bisa memilih untuk membeli hasil panen dari para petani yang belum melalui proses penggilingin dan kemudian digiling sendiri serta dikemas sesuai dengan keinginan, jika membelinya di para petani ini tentunya akan mendapatkan harga yang lebih terjangkau. Walaupun cara ini sangat panjang untuk dilakukan dan membutuhkan beberapa mesin untuk membantu namun hal ini bisa dijadikan bisnis awal yang menguntungkan dan akan bisa mendapatkan keuntungan beras selain itu dengan mengolah beras sendiri Anda pun bisa menjadi distributor beras yang menyediakan beras untuk para pedagang beras.

Kualitas Beras
Peluang bisnis beras ini menjajikan sekali terutama bisa Anda bisa menjakankan bisnis ini dengan menyediakan beras berkualitas tinggi. Anda harus memastikan dengan benar pasokan beras yang didapatkan, berkualitas atau tidak tentunya Anda harus menyediakan beras dengan kualitas yang baik. Pengetahuan akan beras berkualitas pun harus diketahui agar nantinya bisa mendapatkan beras sesuai dengan keinginan. Ciri beras yang berkualitas ini misalnya beras, memiliki bentuk yang utuh, berwarna putih yang alami, bau wangi tidak apek, bebas dari kutu dan sebagainya. Jika Anda menjual beras dengan kualitas yang bagus maka pelanggan pun akan setia dengan beras yang ditawarkan selain itu harga beras akan menjadi tinggi karena kualitas beras sangat baik.

Lokasi Bisnis
Dalam menjalankan bisnis beras maka Anda akan sangat membutuhkan toko atau kios untuk menjadi tempat berjualan yang tepat dan cocok. Tentunya tempat ini harus ramai dan banyak masyarakat yang melewatinya, beberapa tempa ini seperti, area pasar atau pemukiman dan perumahan penduduk. Anda pun juga bisa menyewa kios di pinggiran jalan dengan banyaknya orang yang melewati jalan tersebut jadi para pembeli beras pun bisa dengan mudah mengetahui tempat Anda ini. Lokasi ini tentu sangat strategis sekali dan akan sangat laku.

Promosi Beras
Dalam memasarkan beras ini maka Anda perlu melakukan cara supaya bisnis beras ini bisa diketahui banyak orang salah satunya ialah membuat promosi. Dengan cara memasang spanduk dengan menyediakan aneka jenis beras. Pajanglah beras dengan kemasan yang rapi, bersih dan terlihat menarik, supaya para konsumen tertarik dan membeli beras ditempat Anda. Jika sudah memiliki pelanggan maka layanilah pembeli dengan sebaik mungkin dan jawab semua pertanyaan yang ditujukan, pastinya pelanggan akan sangat senang dengan pelayanan yang diberikan.

Itulah informasi mengenai peluang bisnis beras menjajikan sekali untuk dijalankan. Sangat banyak yang membutuhkan makanan pokok ini sehari – hari sehingga membuat penyedia beras selalu dicari oleh masyarakat guna memenuhi kebutuhan pokok sehari – hari. Apabila Anda ingin menjalankan bisnis beras ini maka beberapa tahapan diatas ini perlu Anda jalankan supaya nantinya bisa membuka kios beras dengan lancar dan bisa membuat bisnis ini berkembang dengan baik.

Demikianlah pembahasan mengenai bisnis beras yang sangat menguntungkan dan menjajikan ini semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi salah satu inspirasi untuk mencoba menjalankan bisnis beras yang banyak dibutuhkan masyarakat ini. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Sumber : www.pengusahasukses.com

About Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA