Peluang Bisnis Kue Lumpang Pandan Pekanbaru

Peluang Bisnis Kue Lumpang Pandan Pekanbaru
Pekanbaru Peluang Bisnis Peluang Usaha

Peluang bisnis kue lumpang pandan pun kini juga masih terbuka sangat luas bagi pelaku bisnis tersebut. Bagi Anda yang kini merasa bingung untuk mencari kegiatan usaha, tidak ada salahnya bila mencoba mengembangkan usaha kue lumpang pandan. Untuk dapat mengetahui peluang dari usaha kue lumpang lebih lanjut, langsung saja simak ulasan yang sudah kami jelaskan di bawah ini.

Persiapan usaha kue lumpang pandan

Sebelum Anda menjalankan peluang usaha kue lumpang pandan, maka cobalah untuk mempersiapkan berbagai kebutuhan usaha demi mendukung jalannya usaha. Berbagai persiapan yang wajib dipersiapan salah satunya mengetahui cara dalam membuat kue lumpang pandan dengan tepat. Setelah mengetahui tata cara dalam membuat kue lumpang pandan, lalu Anda bisa menyiapkan modal usaha. Dimana modal usaha ini memang yang cukup penting demi berjalannya sebuah usaha. Modal usaha sangat berguna untuk membeli bahan baku serta peralatan maupun perlengkapan dalam usaha. Jika modal usaha sudah dipersiapkan dengan baik, maka usaha kue lumpang sudah bisa dijalankan.

Bahan baku usaha kue lumpang pandan

Dalam mengolah kue lumpang pandan juga sangat dibutuhkan bahan baku utamanya. Bahan baku yang dibutuhkan dalam membuat kue lumpang pandan diantaranya tepung beras, tepung kanji, pasta panda, garam, kelapa, dan berbagai bahan-bahan yang lain. Bahan baku untuk memproduksi  kue lumpang pandan memang begitu mudah sekali untuk didapatkan, karena sudah banyak disediakan di  toko – toko maupun di pasar tradisional.

Tahap membuat kue lumpang pandan

Pembuatan kue lumpang pandan memang bisa dilakukan dengan mudah. Namun bagi yang belum mengetahui cara dalam mengolah kue lumpang pandan mungkin akan merasa kesulitan sekali. Oleh karena itu, demi memudahkan Anda dalam membuat kue lumpang pandan, berikut ini juga kami berikan salah satu contoh membuat kue lumpang pandan dengan tepat. Adapun kejelasan lebih detailnya bisa dilihat di bawah ini.

Bahan – bahan

  • 100 gram gula pasir
  • 200 ml santan kental
  • ½ sdt pasta pandan
  • 120 gram tepung beras
  • 1 sdm tepung kanji
  • ½ sdt garam halus
  • Margarin secukupnya, untuk olesan cetakan

Pelengkap taburan

  • Buah kelapa sedang secukupnya, parut
  • Garam secukupnya

Cara membuat kue lumpang pandan :

  1. Campurkan tepung kanji, garam, tepung beras, dan gula pasir dalam satu wadah, kemudian aduk-aduk hingga tercampur merata.
  2. Tambahkan campuran bahan dalam wadah adonan dengan santan kelapa secara perlahan sambil diaduk merata dengan menggunakan tangan. Lakukan pengadukan hingga campuran bahannya menjadi adonan kalis.
  3. Berikutnya tuangkan pasta pandan ke dalam adonan dalam wadah, aduk kembali agar adonan merata.
  4. Setelah adonan kue lumpang selesai dibuat, selanjuntnya tuangkan ke dalam cetakan yang sebelumnya telah diberi olesan margarin.
  5. Masukkan cetakan yang sudah berisi adonan ke dalam pengukusan dan kukus matang  selama 25 menit hingga matang. Angkat.
  6. Sementara menunggu kue lumpang yang dikukus matang, buat pelengkap taburanya dengan cara memarut kelapa dan  mencampurkannya dengan garam dan mengukusnya hingga matang.
  7. Keluarkan kue lumpang yang sudah dikukus matang dari cetakanya dan sajikan bersama taburan kelapa parut kukus.
  8. Kue lumpang pandan siap untuk dinikmati.

Itulah cara dalam membuat kue lumpang pandan yang dapat Anda coba. Setelah Anda mengetahui cara termudah dalam mengolah kue lumpang pandan pasti membuat Anda ingin mengembangkan usaha tersebut. Sebelum Anda memutuskan untuk mengembangkan usaha kue lumpang pandan, Anda bisa melihat contoh analisa usaha kue lumpang pandan yang dapat dijadikan sebagai gambaran bagi pemula bisnis kue lumpang pandan. Analisa usaha kue lumpang pandan tersebut kini sudah bisa Anda lihat dengan jelas berikut ini.

Penentuan harga kue lumpang pandan

Kue lumpang pandan termasuk jajanan tradisional yang kini telah banyak disukai oleh semua kalangan. Bahkan  jajanan basah satu ini juga sering dijumpai dengan harga yang terjangkau. Ketika menjalankan usaha kue lumpang pandan, Anda bisa menyesuaikan harga yang ada dipasaran. Jika harga yang dipatok terlalu mahal maka usaha tidak bisa berjalan dengan baik. Oleh sebab itu, dalam pematokan harga juga harus menghitung modal awal untuk membeli bahan baku dengan detail supaya tidak terjadi kerugian. Anda bisa mematok harga  jual kue lumpang pandan mulai dari Rp. 2.000 dalam satu bijinya.

Penentuan lokasi usaha kue lumpang pandan

Menjalankan usaha kue lumpang pandan memang bisa dijalankan dimana saja tempatnya, asalkan berada di tempat-tempat yang strategis. Hal ini harus dilakukan supaya nantinya bisa membuat bisnis kue lumpang pandan yang Anda jalankan mudah diketahui masyarakat luas. Sebenarnya pemilihan tempat untuk berbisnis kue lumpang pandan memang banyak sekali. Usaha kue lumpang pandan dalam diawali dengan membuka stand kecil yang berada dilokasi seperti  di pasar malam, di dekat tempat rekreasi, dekat kampus, dekat kos-kosan,  dekat pusat kota, dekat alon-alon, dekat sekolah dan tempat strategis yang lain.

Pemasaran usaha kue lumpang pandan

Supaya usaha kue lumpang pandan dapat berjalan dengan maksimal maka diperlukan strategi pemasaran yang tepat. Strategi pemasaran kue lumpang pandan dapat dilakukan dengan cara membuat  cita rasa kue lumpang pandan yang nikmat. Dengan begitu tentu bisa menarik minat dari konsumen yang lebih besar. Sebenarnya  kue lumpang pandan juga bisa dipasarkan secara langsung kepada konsumen. Pemasaran bisnis kue lumpang pandan kini juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan melalui media sosial agar keberadaan bisnis kue lumpang pandan mudah diketahui masyarakat luas dan bisa berjalan lebih lancar. Beberapa media sosial yang dapat dimanfaatkan untuk memasarkan usaha kue lumpang pandan diantaranya bbm, line, facebook, twitter, path dan berbagai macam jejaring sosial yang lain.

About Sasi RWD

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA