Kerajinan dari limbah

Kerajinan dari limbah
Peluang Usaha

Pengolahan limbah menjadi barang yang lebih berguna dan bernilai materi adalah topik yang hangat pada abad ke-21. Gara-garanya, antara lain isu perubahan iklim yang kian mengkhawatirkan.

Daripada dibuang dan menjadi beban masa depan, limbah bisa diolah demi kehidupan lebih baik. Salah satunya pengolahan limbah menjadi barang kerajinan.

Umumnya, limbah berbahan plastik lebih mudah diolah. Misalnya dijahit atau dilem untuk dijadikan tas tenteng. Namun, jika melihat di sekeliling, ada lebih banyak pilihan limbah yang menyediakan peluang usaha menjanjikan.

Dari limbah rumah tangga seperti plastik, otomotif (bekas wadah oli, ban), hingga tumbuhan hama (eceng gondok), semua bisa dimanfaatkan menjadi kerajinan. Tinggal kitanya yang mesti kreatif mengolahnya menjadi sesuatu yang baru sehingga tak ada pesaing.

Selain menjual langsung ke konsumen, ada peluang mendapat perhatian berupa dana pembinaan dari dinas perdagangan atau perindustrian setempat. Sebab, produk yang dijual berbeda dari yang lain. Tapi harus ada penawaran dulu ke dinas dan tentu produk yang dihasilkan benar-benar bermutu serta bernilai jual.

Sumber : gobear.com

About Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA