Investor Semakin Melirik Batubara

Investor Semakin Melirik Batubara
Peluang Usaha

Batubara di Indonesia merupakan salah satu andalan sumber energi alternatif di luar minyak dan gas bumi. Endapan batubara terbesar cukup luas di wilayah Indonesia. Salah satu wilayah yang dianggap mempunyai potensi batubara yang sangat besar adalah pulau Kalimantan.

Wilayah ini mengandung banyak sembernya batubara dengan ketebalan yang cukup bervariasi, terletak sampai kedalam lebih dari 100 m, serta memiliki kemiringan yang tak homogen.

Kondisi ini memperhatikan gambaran keutungan untuk ditambang dengan metode tambang bawah tanah. Pada beberapa tempat lapisan betubara ini berada di bawah wilayah kawasan lindung, yang tertutup bagi kemungkinan diusahakan dengan metode tambang terbuka.

Saat ini banyak sekali perusahaan-perusahaan batubara yang melakukan kegiatan eksplorasi di wilayah-wilayah ini, bahkan ada beberapa diantaranya telah melakukan kegiatan produktif.

Banyak di daerah kaliamantan, terutama Kalimantan Tengah yang tidak memiliki pelabuhan batu bara yang memadai. Selama ini, hanya mangandalkan transportasi air sungai pun menyusut, akibatnya pengangkutan tambang yang berkapasitas besar sering mengalami penundaan.

Karena itulah, perlu dibangun infrastruktur api serta pelabuhan batu bara, dengan bisa mengangkut batu vara dalam skala besar. Ynag jelas, dari tahun ke tahun jumlah batubara yang dieksploitasi semakin besar meningkat pemerintah akan sumberdaya tesebut terus  meningkat. Tentunya harus ada sinergi mangatasi kandala tersebut, meningkat prospek usaha tambang batubara masih sangat bagus.

Sumber : bisnisukm.com

About Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA