Senin, 20 Mei 2019 13:05:34
Dilihat sebanyak 540 kali

Inilah Peluang Usaha yang Belum Banyak Dilirik Pesaing

Inilah Peluang Usaha yang Belum Banyak Dilirik Pesaing
Peluang Usaha

Jenis usaha ini bisa menjadi alternatif jika ingin menjalankan bisnis yang minim pesaing.

1. Peluang Bisnis Produk Daur Ulang
Peluang usaha pertama dengan pesaing minim yang pertama adalah bisnis produk daur ulang. Seperti kita tahu saat ini kampanye Go Green menjadi salah satu seruan yang semakin banyak didengungkan. Kondisi lingkungan hijau yang kian memprihatinkan nyatanya masih diperburuk dengan pola hidup manusia yang terkesan acuh dalam hal pengelolaan sampah.

Namun siapa sangka dari masalah lingkungan tersebut sebenarnya menyimpan potensi bisnis yang menjanjikan yakni peluang usaha produk daur ulang. Dengan mengolah barang-barang bekas menjadi produk yang bermanfaat kembali tentu mempunyai banyak keuntungan. Keuntungan yang pertama, umumnya bahan bekas yang kita butuhkan bisa didapat dengan mudah dan murah.

Selain itu jika kita jeli, produk dari bahan bekas sebenarnya mempunyai segmentasi pasar yang cukup menjanjikan. Hal ini tentu berkaitan dengan kian besarnya perhatian masyarakat terhadap lingkungan. Dan yang jelas dengan berbisnis produk daur ulang kita juga ikut menyelamatkan lingkungan.

2. Usaha Barang Antik
Sebagai salah satu obyek hobi, barang antik ternyatanya juga mempunyai potensi untuk dijadikan sebuah bisnis. Sifatnya yang sangat segmental menjadikan bisnis barang antik mempunyai pasar yang sebenarnya sangat potensial. Bahkan tak jarang mereka yang menggemari barang antik berasal dari kalangan ekonomi berada.

Berbisnis barang antik secara sederhana bisa dilakukan dengan menjual barang antik milik kita sendiri. Disadari atau tidak terkadang di suatu rumah ada saja barang-barang yang tergolong barang antik. Atau barang tersebut bisa juga dicari di tempat keluarga atau teman.

Namun jika tidak mempunyai barang antik yang bisa diniagakan, pilihan lain yakni menjadi perantara penjualan barang antik. Kita bisa menjadi jembatan antara pemilik barang atau kolektor dengan kolektor lain yang ingin memiliki barang antik tersebut. Dari penjualan tersebut kita bisa mencari komisi berdasarkan nilai barang yang terjual.

3. Usaha Kuliner Kreatif
Kreatifitas senantiasa melahirkan inovasi, demikian juga dalam dunia bisnis. Dan mengerucut pada bisnis kuliner, mengembangkan peluang usaha kuliner kreatif nampaknya juga bisa menjadi pilihan usaha yang tergolong sepi pesaing.

Yang dimaksud kreatif di sini adalah kreatif dalam rasa, varian hingga proses penyajian. Pada kenyataannya konsumen suka dengan segala hal yang baru, unik hingga terdengar aneh. Inilah peluang yang dapat dikembangkan dalam sektor kuliner kreatif. Semakin unik kuliner tersebut, semakin penasaran pula konsumen ingin mencobanya.

4. Usaha Budidaya Jamur Tiram
Alternatif bisnis dengan tingkat persaingan cukup rendah yang terakhir adalah berbisnis jamur tiram. Jamur tiram merupakan salah satu bahan makanan yang mulai populer sejak tahun 2000an. Proses budidaya yang terbilang cukup mudah plus harga yang cenderung stabil membuat bisnis yang satu ini masih mempunyai potensi yang menjanjikan.

Dalam menjalankan bisnis ini yang perlu diperhatikan adalah masalah lokasi budidaya. Sebagai informasi, lokasi yang ideal untuk mengembangkan jamur tiram memang cukup sulit untuk didapatkan. Namun bukan berarti tidak bisa diciptakan, tinggal bagaimana kita bisa mempersiapkan segala sesuatunya untuk mendukung terciptanya suasana lingkungan yang tepat bagi si jamur tersebut.

Ditambah dengan manajemen penjualan yang baik, maka bisnis bahan makanan yang satu ini pun menawarkan potensi keuntungan yang juga tidak sedikit.

Sumber : maxmanroe.com

About Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA