Selasa, 25 Juni 2019 13:10:25
Dilihat sebanyak 351 kali

Peluang Usaha Mnyak Atsiri

Peluang Usaha Mnyak Atsiri
Peluang Bisnis

Tanaman inimempunyai julukan keren Pogostemon patchouli atau Pogostemon cablin Benth. alias Pogostemon metha. Aslinya dari Filifina, tapi sudah dikembangkan juga di Malaysia, Mandasgaskar, Paraguay, Brasil, dan Indonesia. Gara-gara banyak ditanam di Aceh, lantas juga dijuluki nilam aceh. Varietas ini banyak dibudidayakan secara komersial.

Sampai saat ini Daerah Istimewa Aceh, terutama Aceh Selatan dan Tenggara, masih menjadi setra tanaman nilam terluas di Indonesia (Ditjen Perkebunan, 1997). Disusul Sumatra Utara (Nias, Tapanuli Selatan), Sumatra Barat,Bengkulu, Lampung, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Umumnya, masih didiominasi perkebunan rakyat bersekala kecil. Potensi daerah inilah yang nantinya dapat dijadikan peluang bisnis yang menjanjiikan. Karena pemerintah minyak atrisi relatif kecil terhadap nilai devisa total Indonesia.  Namun, ternyata terjadi kenaikan permintaan setiap tahun. Bahkan peningkatannya cukup tajam. Sehingga peluang minyak atsiri dalam hal pengembangan industrinya sangatlah terbuka lebar.

Minyak atsiri (atau asiri) juga disebut minyak eteris atau minyak terbang. Dinamai demikian karena mudah terbang (menguap) pada suhu kamar (250C) tanpa mengalami dekomposisi. Aroma minyak atrisi imumnya khas, sesuai jenis tanamannya. Bersifat mudah larut dalam pelarut organik, tapi tidak larut air.

Sumber :  Usahanyabisnisukm.com

About Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA