Peluang Bisnis Supir Angkutan Online

Peluang Bisnis Supir Angkutan Online
Peluang Bisnis

Selain komunikasi, transportasi menjadi salah satu hal yang hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Hal ini karena anda membutuhkan sarana untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Meskipun saat ini kecanggihan teknologi telah menginvasi kemudahan dalam berkomunikasi, namun bukan berarti anda tidak perlu mengunjungi suatu tempat kan?

Nah, berbeda dengan kemajuan teknologi pada bidang komunikasi, nyatanya perkembangan digital pada angkutan tidak hanya menuai pro tapi juga kontra. Pada ulasan kali ini kita tidak akan mengulas mengenai peluang bisnis supir angkutan online saja. Melainkan juga alasan kenapa angkutan online dibutuhkan di Indonesia dan apa saja kendala dari pekerjaan ini.

Apa Itu Angkutan Online?
Setiap orang pasti perlu pergi, mengunjungi atau kembali ke dan dari suatu tempat. Kebutuhan setiap orang untuk berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain membuat kendaraan menjadi salah satu hal yang sangat penting. Sayangnya tidak semua orang beruntung untuk memiliki kendaraan pribadi. Tak hanya itu,orang yang memiliki kendaraan pribadi pun tidak sepenuhnya leluasa untuk mengendarai kendaraannya karena jalanan yang macet atau alasan teknis lainnya.

Nah, hal-hal yang disebutkan tadi menjadi beberapa alasan kenapa angkutan atau kendaraan umum diperlukan. Perubahan yang terjadi di berbagai bidang karena kemajuan teknologi juga ikut membuat perubahan positif di bidang transportasi. Dulu mungkin anda mengenal angkutan desa, taksi, ojek, becak dan kendaraan umum lainnya. Bahkan hingga sekarang anda masih bisa menemukan berbagai kendaraan umum tersebut.

Bedanya, saat ini pilihan kendaraan atau angkutan umum semakin luas dengan munculnya angkutan online. Anda pernah mendengar tentang angkutan online kan? Istilah yang satu ini berarti angkutan atau kendaraan umum berbasis online yang beroperasi secara komersial demi memenuhi kebutuhan manusia untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

Perbedaan angkutan online dan angkutan umum lain adalah sistem yang digunakannya. Jika angkutan umum masih menggunakan sistem manual di mana anda harus menunggu di suatu titik, membayar langsung ke supir hingga mengikuti rute yang telah ditentukan. Maka angkutan online hadir dengan segala kelebihan yang tidak dimiliki oleh angkutan umum.

Beberapa kelebihan seperti tarif yang lebih murah, mudah dalam pemesanan dan pembayaran, aman hingga banyaknya keuntungan seperti diskon dan voucher membuat bisnis angkutan online berkembang sangat pesat di Indonesia. Meskipun setiap hal selalu diikuti dengan pro dan kontra tapi melihat hingga sekarang angkutan online masih berjalan dan berkembang sepertinya bisa dikatakan bahwa bisnis ini cukup menjanjikan.

Mengapa Angkutan Online Dibutuhkan Di Indonesia?
Pada dasarnya angkutan online dibutuhkan di berbagai belahan dunia karena memang kebutuhan untuk berpindah atau mengunjungi tempat menjadi kebutuhan semua orang. Di Indonesia sendiri bisa dikatakan bahwa angkutan online sangat laris dan menjadi favorit masayarakat. Hal ini terjadi karena ada beberapa faktor yang mendasari yaitu sebagai berikut:

Tarif Angkutan Online Lebih Murah dan Transparan
Faktor pertama yang menjadi alasan kenapa angkutan online menjadi populer dan favorit di kalangan masyarakat indonesia adalah tarif angkutan online yang lebih murah dan transparan. Biaya yang harus dikeluarkan pasti menjadi salah satu hal yang menjadi pertimbangan setiap orang dalam membeli sesuatu termasuk jasa transportasi.

Nah, angkutan online sendiri mematok flat rate yang cukup rendah dibandingkan dengan transportasi umum konvensional. Bahkan saat awal kemunculannya dulu, tarif rendah dari transportasi online menjadi pemicu amarah supir angkutan konvensional lho. Hingga pada akhirnya pemerintah turun tangan untuk menerapkan regulasi baru, termasuk penentuan batas bawah tarif untuk angkutan online agar persaingan tetap sehat.

Selain murah, nyatanya sebagai konsumen anda bisa melihat terlebih dahulu biaya yang harus anda bayarkan untuk perjalanan yang akan anda tempuh nanti. Transparansi biaya ini tentu mencegah terjadinya penipuan biaya atau tarif yang harus dibayarkan oleh penumpang.

Fleksibel Dalam Hal Pemesanan
Angkutan online juga memiliki kelebihan lain yang membuatnya populer di kalangan masyarakat Indonesia yaitu fleksibel dalam hal pemesanan. Sistem online yang digunakan membuat driver dan penumpang sama-sama bisa lebih mudah dalam membuat dan menerima pesanan. Sebagai driver, anda tidak harus berkeliling untuk mencari penumpang dan sebaliknya penumpang juga tidak perlu menunggu di titik tertentu untuk naik angkutan online. Selama anda memiliki koneksi internet maka pemesanan angkutan umum bisa dilakukan di manapun dan kapanpun.

Keamanan Terjamin
Masalah keamanan di sini lebih ditekankan pada fakta bahwa semua driver dan jenis kendaraan yang digunakan telah masuk ke dalam database perusahaan. Jadi secara tidak langsung penumpang merasa aman dan bisa meminta pertanggung jawaban pada perusahaan jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Hal ini menjadi salah satu poin yang tidak bisa ditemukan pada angkutan umum konvensional. Mengingat kita cukup sering mendengar tentang kriminalitas yang terjadi di angkutan umum juga menjadi salah satu penyebab kenapa banyak orang lebih memilih menggunakan angkutan online.

Jenis Kendaraan Beragam dan Fasilitas Lebih Lengkap
Kapan lagi anda bisa naik kendaraan mewah dengan harga terjangkau? Jika jenis kendaraan yang digunakan untuk angkutan umum sudah standar di mana jenisnya hampir sama. Maka kasus ini akan berbeda dengan angkutan online. Hampir setiap jenis dan merek kendaraan bermotor (mobil atau motor) bisa anda temui. Meskipun sebagai penumpang anda tidak bisa memilih kendaraan yang diinginkan, tapi setidaknya anda tidak perlu berdesak-desakan seperti di angkutan kota untuk sampai ke tempat yang diinginkan.

Tak hanya itu, beragamnya kendaraan yang digunakan membuat penumpang bisa memperoleh fasilitas lebih lengkap termasuk jas hujan, helm SNI, jaket dan lain sebagainya untuk kendaraan roda dua, dan AC, musik, sandaran yang nyaman dan lain sebagainya untuk kendaraan roda empat.

Banyak Promo dan Diskon
Nah, faktor lain yang membuat angkutan online populer adalah tersedianya varian promo dan diskon yang sayang untuk dilewatkan. Mulai dari diskon tarif, diskon belanja di toko tertentu, diskon restoran dan lain sebagainya. Belum lagi ada sistem membership yang membuat anda mendapatkan lebih banyak keuntungan. Tidak cukup sampai disitu, beberapa promo yang diadakan di waktu-waktu tertentu membuat anda bisa saja menggunakan jasa transportasi online secara gratis lho.

Macet
Faktor selanjutnya yang membuat angkutan online populer adalah kemacetan yang terjadi. Kota-kota besar di Indonesia sudah lama dikenal dengan kemacetannya khususnya untuk kota Jakarta. Pada akhirnya jika anda ingin pergi kemana-mana maka anda akan terkena macet. Membawa kendaraan sendiri bisa membuat kesabaran anda habis. Untuk itulah transportasi online hadir untuk mengantar-jemput anda dengan nyaman dan harga terjangkau. Bayangkan saja jika anda harus naik taksi konvensional yang argonya terus berjalan meskipun mobil sedang berhenti karena macet.

Keenam faktor di ataslah yang membuat transportasi atau angkutan online di Indonesia selalu dibutuhkan dan mengalami perkembangan yang cukup pesat.

Sumber : carajadikaya.com

About Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA