Contoh Usaha Berbasis Teknologi Paling Berpeluang di Era Digital

Contoh Usaha Berbasis Teknologi Paling Berpeluang di Era Digital
Peluang Bisnis

BeritaUKM,Riau-Saat ini teknologi cukup berkembang pesat. Bahkan dari teknologi tersebut dapat menghasilkan pendapatan. Tidak dipungkiri terdapat beberapa manfaat internet untuk ekonomi. Berikut adalah beberapa contoh usaha berbasis teknologi.

1. Menjadi Startup

Startup atau perusahaan rintisan merupakan suatu bisnis yang didirikan oleh perorangan atau kelompok (bisa berupa perusahaan) yang memiliki kegiatan menjual produk baik barang ataupun jasa yang baru, dengan menghadapi kondisi ketidakpastian yang sangat tinggi.

Cara memulai bisnis startup adalah bisa dengan mengidentifikasi berbagai masalah yang kita alami. Dari berbagai masalah tersebut, tentukan solusi yang cerdas dan tepat untuk mengatasi dan memecahkan permasalahan. Jangan pernah berhenti untuk bermimpi, siapa tau dari solusi tersebut bisa menjadi peluang bisnis.

Jika Anda yakin untuk memulai bisnis startup, maka Anda bisa menggali informasi dari berbagai pihak. Termasuk berdiskusi dengan komunitas ataupun menggali ilmu dari para pendiri startup yang telah sukses. Jadikan ini menjadi ide bisnis jangka panjangAnda.

2. Menjadi Konsultan Teknologi

Usaha ini cocok bagi Anda yang memiliki latar belakang pendidikan di bidang IT ataupun memiliki keahlian dalam bidang tersebut. Konsultan teknologi juga harus mampu mengetahui tren teknologi saat ini dan masa yang akan datang. Karena dengan pengetahuan dan kemampuan yang terbaru, maka menjadikan Anda sebagai konsultan teknologi yang cukup kompetitif di dalam industri.

3. Menjadi Konsultan Media Sosial

Saat ini adalah era digital. Media sosial tidak hanya berfungsi sebagai akun pribadi yang digunakan untuk membagikan berbagai kegiatan, melainkan media sosial saat ini juga berperan untuk menghasilkan pendapatan. Media sosial merupakan salah satu alat pemasaran termurah.

Anda bisa melakukan riset untuk memperoleh data yang berkaitan tentang produk apa yang saat ini sedang banyak dibutuhkan. Biasanya konsultan media sosial bisa mengisi konten berupa foto, deskripsi produk, dan lain sebagainya untuk menarik perhatian pengguna media sosial. Menjadi konsultan media sosial adalah bisnis anak kuliah modal kecil.

4. Menjadi Web Developer

Bagi Anda yang ingin menjadi web developer, harus miliki kemampuan dasar yaitu memahami konsep Hyper Text Transfer Protocol (HTTP), Hyper Text Markup Language (HTML), Cascading Style Sheet (CSS), javascript, server side programming, database SQL, web server, dan web hacking.

5. Menjadi Web Design

Kebutuhan web saat ini, terlebih lagi bagi pelaku usaha cukup berperan penting dalam meningkatkan pendapatan. Bagi Anda yang mampu mendesign tampilan web menjadi menarik, jenis usaha ini cukup bagus. Karena tidak semua orang memiliki kemampuan dalam mengelola atau melakukan perbaikan pada web. Tampilan web menjadi kesan pertama yang terlihat oleh orang lain, sehingga pemiliki web haruslah memberikan kesan pertama yang baik dengan memperindah design web.

6. Menjadi Android Developer

Pengguna smartphone di Indonesia terus meningkat dan tidak sedikit para generasi muda yang mulai menekuni untuk menjadi andorid developer, karena ini menjadi bisnis untuk mahasiswa yang menguntungkan. Dalam pengembangan aplikasi memanglah tidak mudah, namun jika terus giat dalam mencari informasi dan terus belajar maka Anda bisa menjadi seseorang yang profesional dalam bidang android developer.

7. Menjadi Penyedia Konten

Penyedia konten sering dibutuhkan di beberapa website freelance. Konten yang biasa di perlukan adalah berupa artikel, video, gambar, dan konten-konten menarik lainnya. Konten ini diperlukan karena bisa memaksimalkan lalu lintas dari website atau blog.

About Sasi RWD

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA