Bisnis Tanpa Modal yang Sedang Kekinian dengan Memanfaatkan Internet

Bisnis Tanpa Modal yang Sedang Kekinian dengan Memanfaatkan Internet
Peluang Bisnis


BeritaUKM – Tak sedikit orang ingin berbisnis namun terkendala oleh modal, padahal bisnis tanpa modal bisa dijalankan dan tak sedikit yang sukses menjalankan bisnis dengan modal nol rupiah. Modalnya tentunya bukan hanya uang melainkan ide dan relasi. Dengan begitu, Anda tak bisa bisnis tanpa modal dan hutang.

Karena banyak sekali orang yang memulai bisnis dengan hutang. Namun, dalam artikel ini kami akan menyajikan contoh bisnis tanpa modal dapat uang, bisnis tanpa modal dan hutang, bisnis di rumah tanpa modal bahkan bisnis tanpa modal dan hasil melimpah.

Berikut jenis-jenis bisnisnya

1. Bisnis Day Care

Salah satu bisnis tanpa modal yakni bisnis day care yaitu mendirikan sebuah usaha tempat penitipan bayi dan anak-anak balita. Bisnis tanpa modal hasil lumayan ini bisa Anda lakukan di rumah. Bisnis sudah bermunculan di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya. Karena kesibukan orang tua sehingga tak ada waktu untuk merawat anaknya. Sehingga alternatifnya dititipkan pada lembaga day care.

Caranya dengan menawarkannya lewat orang-orang terdekat dulu. Misalnya, dulu Anda memiliki teman kantor yang memiliki Anak dan tidak ada menjaga. Bisa juga ditawakan kepada saudara atau tetangga yang membutuhkan. Bisnis baby day care sendiri bisa juga Anda bangun sambil bekerja sama dengan lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan begitu Anda tak perlu modal untuk membangun sebuah bisnis karena day care saat ini bentuknya pre-school atau play group.

Hal terpenting dalam membangun bisnis day care adalah sebuah kepercayaan bahwa anak mereka akan aman ketika dititipkan. Upah untuk menitipkan day care beragam tergantung usia dari si Anak dan waktu penitipan. Waktunya bisa setengah hari atau full-time. Selain itu, bisa juga memilih cara asuhnya seperti apakah anak hanya dititipkan atau diberikan pendidikan.

Upahnya juga ada harian, mingguan dan bulanan tergantung dari kesepakatan. Jika Day Care Anda sudah berkembang, tak ada salahnya Anda membayar jasa psikolog atau ahli gizi anak untuk menaikkan tarif penitipan anak yang Anda miliki. Namun, upah di awal lebih disarankan karena memulai bisnis tanpa modal yang fokus kepada penitipan.

2. Translator

Bagi Anda yang mahir bahasa asing berbahagialah. Karena Anda bisa dengan mudah bisa berbisnis tanpa modal. Anda cukup menerjemahkan dari bahasa asing ke bahasa Indonesia dan sebaliknya. Di era globalisasi seperti ini, banyak yang membutuhkan jasa translator. Mulai dari anak sekolah hingga pengusaha.

Anda bisa menawarkan jasa translator Anda kepada mereka. Bisa lewat media sosial seperti FB, Linkedin, Twitter dan lain-lain. Namun, jika untuk anak sekolah dan mahasiswa, Anda bisa menawarkannya lewat brosur atau sekolahnya langsung. Selalin itu, Anda juga bisa menjadi penerjemah online bahkan bayarannya bisa memakai dollar. Mereka meraup job-nya dari internet yang tentunya pekerjaan tersebut berasal dari luar negeri yang juga diperoleh dari biro-biro penerjemah luar negeri.

3. Tour Guide

Jika Anda memiliki hobi jalan-jalan dan memiliki kemampuan dalam berbahasa asing, Anda bisa menjalankan bisnis tanpa modal apalagi hutang. Anda bisa menjadi seorang tour guideyakni sebuah pekerjaan untuk memandu wisata bagi  wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

Tugas Anda menjadi petunjuk jalan bagi para wisatawan selain itu Anda juga haru memiliki kemampuan dalam mengetahui sejarah tempat wisata tersebut. Selain itu, Anda harus memiliki kemampuan bahasa asing yang aktif, karena biasanya banyak wisatawan yang akan banyak bertanya mengenai tempat wisata ataupun perjalanan.

Untuk menjadi tour guide, biasanya biaya akomodasi dan konsumsi ditanggung oleh peserta begitu juga dengan tiket dan bensin. Asyik bukan menjadi tour guide? Dengan ini, Anda bisa berbisnis tanpa modal yang besar.

4. Endorser Produk/Selebgram

Bisnis tanpa modal yang sedang kekinian adalah endorser produk. Banyak yang mengira bahwa hanya selebritis saja yang bisa melakukan endorse produk padahal tidak. Orang biasa seperti Anda ternyata bisa juga melakoninya dengan syarat Anda harus memiliki banyak followers di med-sos. Yang perlu Anda lakukan dalam bisnis ini adalah cukup dengan meng-upload produk ke media sosial.

Cara menjadi endorse yaitu buatlah profil yang sekreatif mungkin sehingga orang tertarik untuk follow Anda. Namun, jangan sampai memajang foto orang lain apalagi foto artis yang kamu edit karena hal tersebut akan membohongi publik dan Anda bisa terkena hukuman. Selain itu, niatlah dalam berfoto bukan asal jepret. Meskipun kamera Anda standar, namun jika dikonsepkan sebelum memotret maka bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

Hal berikutnya yang harus diperhatikan adalah rajin posting dan mencantumkan tags, tempat atau brand yang terkait dengan postingan Anda dan membalas cepat komentar yang masuk. Dengan begitu, akan ada pemilik brand yang tertarik untuk menjadikan Anda sebagai endorser produknya.

5. Agen Tiket Online

Tiket merupakan hal yang paling banyak diburu apalagi jika musim liburan tiba. Makanya tak ada salahnya Anda mencoba peruntungan ini. Apalagi menjadi agen tiket bisa diusahakan tanpa modal. Selain itu, menjalankan bisnis agen tiket bisa hemat waktu dan mudah dijalankan. Anda bisa menjalankan kapan saja, karena bisnis ini dilaksanakan dengan online.

Selain itu, jika menjalankan agen tiket online berarti Anda menjalankan bisnis yang jangka panjang karena permintaan tiket semakin lama semakin tinggi. Untuk memulai bisnis agen tiket tanpa modal ini, Anda bisa melakukan kerja sama menjadi mitra waralaba penyedia tiket pesawat dan biro perjalanan. Cara ini sangat mudah yaitu dengan mengikuti prosedur untuk menjalin kerja sama dengan pihak waralaba.

Tentunya, cara memasarkannya lewat online sehingga lebih efektif. Keuntungan dengan bisnis tiket online ini, selain Anda bisa melakoni bisnis tanpa modal, Anda juga bisa mendapatkan promo-promo tiket murah atau liburan gratis.


Tentang Isti RWD