Rabu, 26 Juni 2019 10:35:38
Dilihat sebanyak 462 kali

Bisnis Pembuatan Ikan Asin

Bisnis Pembuatan Ikan Asin
Peluang Bisnis

Bahan baku (Ikan) yang segar

1.Ikan 

Pilih ikan yang masih segar karena keseragaman ikan sangat menentukan mutu produk hasil yang dihasilkan.Bahan baju untuk pembuatan ikan asin dapat dikelompokkan menjadi 2 bagian ikan yang berukuran :

  • Besar, seperti tenggiri, tongkol, kakap, mayung, dll
  • Sedangkan, seperti kembung,laying, tiga waja, dll
  • Kecil, seperti petek dan teri

Ikan yang berukuran besar perlu disiangi yakni pembersihan dari sisik, isang, isi perut dan dibelah sepanjang garis penggung kearah perut (tetapi tidak sampai terbelah dua). Bagian yang masih tebal disayat miring bagian sampingya, jika digunakan ikan yang berukuran sedang, dapat dilakukan pembelahan atau tanpa dibelah. sedangkn ikan yang berukuran kecil cukup dicuci dengan air bersih tanpa perlu disiangi.

2. Garam

Ikan yang mengalami proses pengaraman menjadi awet karena garam dapat menghambat atau membunuh bakteri penyebab pembusukan pada ikan, oleh karena itu, kemurnian garam sangat menentukan. Garam yang dipakai adalah garam dapur (NaCI) murni, artinya garam yang sebanyak mengkin mengandung NaCI dan sekecil mungkin unsur-unsur lainnya.

Memulai Usaha Ikan Asin

Usaha ikan asin ini menarik untuk dijalankan sebab mampu memberikan keuntungan menjajikan bagi pengelola usaha ikan asin. Untuk memulai usaha ikan asin ini dibutuhkan banyak strategi supaya mampu membuat produk ikan asin dilirik oleh konsumen. Strategi usaha ini harus dipelajari dan diterapkan dalam setiap langkah usaha ikan asin. Prosepek bisnis ikan asin sangat cemerlang dilihat dari sisi peminat ikan asin yang besar. Sehingga kesempatan untuk memulai usaha ikan asin dengan strategi jitu masih berpeluang.

Memilih Produk

Ikan asin yang digemari oleh semua lapisan masyarakat ini ialah ikan asin yang berkadar garam sedang atau sedikit. Ikan asin yang terlalu asin ini kurang begitu disukai sehingga hati – hati dalam memilih produk ikan asin supaya target pasar tidak kecewa. Jadi ketahui proses pemilihan ikan asin ini bisa dengan merasakan, melihat secara langsung atau memegangnya. Akan semakin mudah jika Anda mampu membuat ikan asin sendiri sehingga proses pegaraman bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Keuntungan Usaha Ikan Asin

Menjalankan usaha ikan asin ini sangatlah menguntungkan karena banyak yang mencari ikan asin sebagai lauk. Usaha ikan asin juga mudah dijual, proses penjualan yang mudah karena ikan asin dapat dijual di pasar tradisional, diwarung, restauran, warung makan, dan aneka tempat lainnya. Harga jual dari ikan asin juga rumayan dan akan memudahkan mendapatkan keuntungan.

Pembuatan Ikan Asin

Cara membuat ikan asin ini sangat mudah hanya dengan membeli ikan air tawar atau ikan air laut yang segar. Kemudian ikan ini diasinkan dengan larutan garam pekat. Apabila ikan berukuran besar maka perlu melakukan pemotongan terlebih dahulu supaya garam mudah meresap dalam daging ikan. Diamankan dalam waktu lama lalu jemur dibawah sinar matahari sampai kering sempurna.

Kunci Sukses Usaha Ikan Asin

Cara sukses menjalankan usaha ikan asin ini yaitu mampu mepertahankan usaha dalam jangka waktu lama. Agar usaha selalu diminati ini maka carilah calon pembeli yang banyak, jika memiliki pelanggan yang banyak maka penjualan ikan asin akan selalu berlangsung.

Sumber : agrowindo.com

About Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA