Bisnis Keripik Jagung

Bisnis Keripik Jagung
Peluang Bisnis

Jagung ini seringnya dibuat menjadi olahan makanan ringan yang disukai oleh berbagai kalangan masyarakat. Salah satu olahan makanan ringan yang banyak disediakan adalah keripik jagung. Apalagi keripik sudah menjadi salah satu makanan ringan yang sangat digemari oleh masyarakat. Selain karena renyahnya, rasanya yang beragam menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap orang.

Keripik jagung ini sangat cocok untuk menemani waktu santai, harganya yang sangat terjangkau ini membuat makanan ringan yang gurih ini laris dipasaran. Saat ini sudah ada banyak pabrik dan pengusaha makanan ringan yang memproduksi keripik jagung karena banyaknya minat dari kalangan masyarakat.

Sebetulnya jenis olahan yang dibuat dengan menggunakan bahan baku jagung ini memang tak terbatas. Untuk olahan makanan ringan yang banyak digemari masyarakat dan bahkan sudah tidak asing lagi adalah olahan makanan ringan seperti keripik jagung ini.

Keripik jagung juga mempunyai banyak varian rasa, seperti balado, keju, dan aneka varian rasa lainnya sesuai dengan kreatifitas si pembuatnya. Saat ini keripik jagung sangat mudah didapatkan karena sudah banyak tersedia di berbagai pasar tradisional maupun di swalayan dan supermarket. Harga dari olahan keripik jagung ini pun juga sangat terjangkau sehingga semua kalangan masyarakat bisa menikmati olahan keripik jagung.

Tidak hanya dijadikan sebagai cemilan saja, keripik jagung juga sering dijadikan jajanan pada saat lebaran atau acara-acara tertentu lainnya. Cita rasa dari olahan keripik jagung sangat renyak sehingga banyak masyarakat yang ketagihan dengan cita rasa yang dihasilkan dari keripik jagung ini.

Cara membuat keripik jagung juga mudah, sehingga Anda bisa menjadikan keripik jagung ini sebagai peluang usaha. Penasaran bagaimana cara membuat keripik jagung yang gurih dan renyah? Berikut ini ulasannya.

Cara Membuat Keripik Jagung Yang Gurih dan Renyah
Tentu saja bahan utama yang akan Anda butuhkan adalah jagung. Anda tidak perlu khawatir karena Indonesia merupakan salah satu negara penghasil jagung yang produktif. Anda tidak akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan bahan utama yang nantinya akan anda butuhkan.

Jagung adalah sumber makanan yang mengandung karbohidrat yang hampir sama dengan beras, anda bisa menjadikan protein, karbohidrat, zat gula atau zat lain yang terkandung dalam buah jagung untuk menjadi nilai plus untuk produk anda.

Hal ini sekaligus mengedukasi masyarakat bahwa untuk mendapatkan zat-zat tersebut tidak selalu dengan mengkonsumsi beras. Apalagi kali ini jagung dikemas dalam olahan berbentuk keripik yang tentunya akan cocok di lidah siapa pun.

Warna jagung yang cerah juga menjadi daya tarik tersendiri, ini bisa menjadikannya salah satu point untuk menarik minat konsumen. Anda tidak perlu menggunakan pewarna makanan karena warna kuning jagung sudah cukup menarik.

Bahan Keripik Jagung
2 buah jagung manis (diparut halus)
250 gr tepung terigu30 gr margarin
1 butir telur ayam (kocok lepas)
35 gr tepung sagu
bubuk balado atau juga bisa yang lainnya
3/4 sdm garam
1 sdt baking powder
minyak goreng secukupnya
Cara Membuat Keripik Jagung
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memasukkan semua bahan keripik jagung (kecuali minyak goreng dan bubuk balado) pada wadah yang sudah disiapkan.
Kemudian aduk campuran bahan sampai semuanya tercampur dengan rata dan uleni hingga menggumpal.
Tahap selanjutnya adalah menggiling adonan dengan alat penggiling mulai dari awal yang tebal sampai yang lebih tipis. Atau juga bisa dengan menggunakan mesin pengemping jagung.
Setelah itu potong adonannya menjadi bentuk bulat atau kotak atau sesuai keinginan Anda.
Lalu panaskan wajan dan tuangkan minyak goreng secukupnya.
Goreng potongan adonan keripik jagung itu tadi sampai benar-benar matang dan kering.
Kemudian angkat dan tiriskan keripik jagung yang sudah digoreng.
Langkah terakhir adalah menaburi bubuk balado atau bubuk perasa yang lainnya sesuai dengan keingingan Anda.
Jika anda ingin membuat dalam jumlah banyak, anda perlu memiliki mesin pengolah jagung dan alat-alat lain yang mendukung.

Keripik jagung adalah camilan yang sangat prospek di pasaran. Ini juga termasuk camilan sehat yang bisa anda produksi tanpa campuran bahan pengawet apapun.

Karena enak, gurih dan renyah target konsumen anda bisa dari berbagai kalangan seperti anak-anak, remaja dan orang dewasa. Anda bisa menjualnya di toko, mall, warung bahkan di bioskop karena camilan satu ini cocok untuk acara santai seperti kumpul keluarga sebagai teman menonton film dan mengobrol.

Hari ini juga banyak toko camilan yang mulai menjamur, anda bisa melakukan kerjasama dengan mereka tanpa perlu pusing-pusing memikirkan outlet atau membuka toko sendiri.

Lakukan beberapa pembaruan dalam produk olahan anda dan jangan lupa sistem pengemasan yang baik karena untuk menjaga kerenyahan dan kualitas keripik jagung anda. Selain itu anda bisa membuat berbagai varian rasa karena selama ini keripik jagung hanya hadir dalam dua rasa yaitu gurih dan manis.

Sumber : rumahmesin.com

About Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA