Bisnis Budidaya Sayuran Organik dengan Sistem Hidroponik

Bisnis Budidaya Sayuran Organik dengan Sistem Hidroponik
Peluang Bisnis


BeritaUKM,Riau-

Nah, kalau Anda ingin buka usaha budidaya sayuran organik namun terkendala di lahan, kenapa tidak mencoba bercocok tanam secara hidroponik? Hidroponik ini sebenarnya sudah lama ada, hanya saja belum terlalu booming.

Untuk menggantikan tanah, Anda hanya membutuhkan air yang diberi unsur-unsur yang dibutuhkan oleh tanaman. Medianya juga tidak terlalu sulit. Botol-botol bekas dan pipa besar bisa dijadikan media. Nah, beberapa pengetahuan dasar berikut mungkin bisa menjadi acuan awal Anda membuka usaha pertanian sayuran organik.

1. Media

Untuk pertanian, media hidroponik harus netral dengan ukuran pH sekitar 5.5-6.5. Ada dua jenis media; media pembibitan dan media pembesaran. Media pembibitan nanti bisa menggunakan pasir halus rockwool, arang sekam dan pasir halus. Kalau ingin lebih bagus, gunakan campuran arang sekam dan serbuk gergaji.

Untuk pembesaran pakai pasir yang sedikit kasar, rockwool dan arang sekam. Dalam hal ini, arang sekam lebih  disarankan karena lebih steril dan jauh dari hama seperti kutu, cacing dan lainnya. Sayangnya arang sekam hanya bisa dipakai sebanyak dua kali.

2. Pemilihan Benih

Kalau Anda mencoba hidroponik untuk pengembangan usaha budidaya sayuran organik, pilih sayuran yang memiliki nilai jual tinggi seperti, timun Jepang, Tomat Recento, paprika, kailan, melon dsb.

3. Tips Penyiraman

Ada satu tips penting yang harus diperhatikan dalam menanam tanaman hidroponik. Indikatornya, apa bila media tumbuh saat dipegang tangan Anda masih kering,itu artinya penyiraman jangan sampai terlambat.


Tentang Sasi RWD

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA