5 Ide Bisnis Kecil-kecilan Ini Bisa Kamu Lakukan dari Rumah, Gak Perlu Modal Gede

5 Ide Bisnis Kecil-kecilan Ini Bisa Kamu Lakukan dari Rumah, Gak Perlu Modal Gede
Peluang Bisnis

BeritaUKM – Bisnis tidak melulu harus bermodalkan besar. Bisnis kecil-kecilan pun saat ini memberikan peluang cukup baik. Bahkan, kamu gak perlu sewa tempat, karena dengan bisnis yang seperti ini bisa dilakukan dari rumah lho.

Selain itu, keuntungan dari menjajal bisnis kecil-kecilan ini adalah kamu gak perlu mengeluarkan modal besar. Risikonya pun juga cukup minimalis.

Apa saja bisnis kecil-kecilan yang bisa kamu lakukan dari rumah dengan modal minim, yuk disimak langsung.

1. Jual telur ayam

Jangan kamu beranggapan menjadi agen besar telur ayam ya. Tidak seperti itu. Bisnis jual beli telur ayam disini masih yang kecil-kecilan saja. Kamu gak perlu ambil sampai 1000 butir per hari, cukup dengan 100-200 butir untuk modal awal berbisnis.

Langkah pertama, kamu perlu mencari agen besar pemasok telur ayam. Biasanya mereka melayani reseller dalam dua cara. Pertama menggunakan tray (tempat telur yang dari kardus) atau dengan peti kemas.

Karena kamu baru memulai bisnis kecil-kecilan, ada baiknya membeli dalam bentuk tray. Satu ikatnya terdapat 8-9 tray atau setara dengan 15 kg telur. Kamu tetap akan dilayani jika hanya membeli tiga ikat saja. Kalau harga telur per kilo tembus Rp 20.000 di pasaran, dari agen tersebut kamu bisa mendapatkan harga Rp 18.000 – 19.000 untuk satu kilogram. Dikali kan dengan jumlah per satu ikat tray. Kurang dari Rp 1 juta kamu sudah bisa berbisnis ini.

2. Steam motor

Bisnis kecil-kecilan lain yang bisa dilakukan dari rumah adalah cuci steam motor. Gak perlu memiliki halaman yang sangat luas, bisnis ini bahkan sering dilakukan oleh masyarakat yang tinggal di perkampungan lho. Kamu cukup membeli mesin seharga Rp 1,5 juta lengkap dengan peralatan yang dibutuhkan lain.

Setelah itu modal selanjutnya adalah sabun dan air. Kalau kamu mau menyediakan minuman atau makanan ringan juga boleh. Gak usah beli ice box baru, banyak ice box bekas seharga Rp 300 ribu di pasaran. Kamu bisa isi dengan beberapa botol minuman di dalamnya.

3. Tukang jahit

Kalau kamu memang mahir dalam mereparasi pakaian, ini bisa dijadikan peluang. Kamu hanya perlu membeli mesin jahit seharga Rp 1,5 juta sudah bisa berbisnis ini. Ruang yang diperlukan pun tak cukup besar. Jika kamu memiliki kamar kosong, bisa dijadikan tempat menjahit baju-baju tersebut.

Untuk awal, kamu bisa mempromosikan bisnis kecilmu ini kepada tetangga terdekat. Barangkali mereka memiliki pakaian yang perlu diperbaiki seperti mengganti resleting, atau mengecilkan baju. Terima saja, namanya juga kan baru memulai bisnis.

4. Jual gas dan galon air mineral

Kalau kamu tinggal di perumahan kecil, atau di pinggir jalan sekalipun, menjajal bisnis jual beli gas dan air mineral juga gak boleh dipandang remeh. Pasalnya, dua items ini merupakan kebutuhan dasar rumah tangga. Usaha gas LPG 3 kg dan galon sebenarnya tidak terlalu memakan tempat. Bisa kamu letakkan di garasi atau teras rumah. Sehingga tetangga tahu kamu bisnis tersebut. Demi keamanan, sebaiknya letakkan gas di tempat yang jauh dari api.

Langkah awal kamu perlu ke pangkalan atau membeli di toko beberapa tabung gas kosong dengan harga Rp 120 ribu per tabung atau Rp 135 ribu sudah dengan isi. Kamu gak perlu jualan sampai 100 tabung, cukup beli 20 tabung sebagai awal dengan harga Rp 2,4 juta. Setelah itu baru kamu pergi ke pangkalan untuk mengisi nya dengan satuan Rp 16.000/tabung.

Untuk galon air mineral, kamu cukup membeli satu galon bekas seharga Rp 25.000. Setelah itu kamu tinggal mencari agen air mineral terdekat dan membeli nya disana. Sekali lagi, tidak perlu kamu membeli 100 galon. Cukup dengan 20 galon saja sebagai permulaan kamu hanya membutuhkan modal usaha gak lebih dari Rp 5 juta.

5. Les privat

Nah, ini adalah bisnis yang gak perlu modal banyak. Kalau kamu memiliki ijazah pendidikan, dan perlu bisnis yang gak berisiko besar, kamu bisa coba ini. Mulai dari mengajarkan anak tetanggamu dulu, baru setelah itu kamu bisa menampung anak-anak yang lain. Percaya deh, hari gini bisnis les privat itu sedang naik daun. Pasalnya, beberapa orangtua seringkali mengeluhkan pelajaran anak mereka yang kelewat susah. Dan gak sedikit lho orangtua yang mau memasukkan anak mereka ke tempat les mahal demi bisa mengikuti pelajaran. Peluang ini bisa kamu jadikan bisnis. Toh, sekalian memperkaya wawasan kamu agar tak lupa begitu saja termakan waktu.

Yang kamu butuhkan hanya papan tulis whiteboard, spidol, penghapus papan tulis, meja belajar kecil dan karpet. Juga beberapa buku-buku mulai dari taman kanak-kanak hingga SMA. terserah, kamu mau membuka les atau datang ke rumah masing-masing. Kalau kamu mau membuka dirumah,bisa menggunakan ruang tamu sebagai area belajar mereka. Mudah bukan?

Nah, itu tadi informasi bisnis kecil-kecilan yang bisa kamu lakukan tanpa memerlukan modal ratusan juta. Bisnis gak melulu soal modal besar, dengan keterbatasan modal, asal kamu tekun dan berani berjuang, semua akan terasa hasilnya. Semangat ya!

About Isti RWD

Isti RWD Admin UKMRIAU