4 Ide Bisnis Tanpa Modal Zaman Milenial

4 Ide Bisnis Tanpa Modal Zaman Milenial
Peluang Bisnis

4 Ide Bisnis Tanpa Modal Zaman Milenial – Memiliki ide bisnis tanpa modal tentu menjadi impian setiap orang. Di era digital seperti ini, memiliki sebuah bisnis menjadi semakin mudah. Ditambah lagi keterbukaan informasi, hingga akses atau jangkauan kepada konsumen yang semakin terbuka luas.

Tentunya membuat para milenial yang merupakan generasi produktif bisa mengembangkan peluang bisnis sesuai dengan impian dan kemampuannya.

Tapi tahu kah kamu, jika ada beberapa ide bisnis yang bisa dijalankan tanpa harus keluar modal?. Berikut beberapa diantaranya yang bisa kamu aplikasikan:

1. Jasa Titip

Shutterstock

Mungkin bisnis ini tidak pernah terpikirkan pada saat era internet dan teknologi belum berkembang secara masif. Saat ini, seseorang yang tinggal disebuah kota besar hingga desa sekalipun bisa menjadi agen bisnis jasa titip. Bisa untuk pembelian barang, hingga souvenir maupun kerajinan tangan.

Dengan bermodalkan jaringan perkenalan, kamu bisa menawarkan jasa titip melalui media sosial, seperti Facebook, Instagram, hingga Twitter, dan Youtube.

Pekerjaan ini memberikan peluang yang besar jika ditekuni secara jujur dan profesional. Tak jarang saat ini telah banyak pebisnis jasa titip yang sudah terkenal dan memiliki ratusan konsumen.

Modal yang disiapkan pun juga minim, hanya ponsel pintar, koneksi internet, hingga akun media sosial. Keuntungan dari bisnis ini adalah mengambil tarif dari jasa titip pembelian barang. Tentunya semakin banyak barang yang dibeli secara jastip semakin banyak untung yang dihasilkan.

2. Reseller dan Dropsipper

Shutterstock

Nah ide bisnis yang kedua ini juga tak kalah populer. Semenjak perkembangan pasar digital atau e-commerce berkembang pesat, banyak sekali tumbuh pengusaha-pengusaha baru.

Istilah reseller atau dropshipper ini bisa jadi pilihan bisnis yang cepat. Sebab tidak perlu menyiapkan konsep bisnis atau memasarkan produk yang dihasilkan. Pebisnis Reseller dan Dropsipper hanya perlu memilih barang atau produk apa yang ingin dirinya jual. Pasarkan melalui media sosial, dan melakukan promosi secara gencar.

Menjadi reseller dan dropshipper tentu tak membutuhkan modal yang besar. Karena dalam proses bisnisnya reseller hanya perlu memasarkan produk saja tanpa harus mengeluarkan modal untuk pembelian produk.

Jika ada konsumen yang berminat dengan produknya, maka supplier akan mengirimkan produk yang dipesan dan reseller mendapatkan keuntungan dari selisih harga yang dijual.

Akan tetapi, meski terbilang mudah, bisnis ini memiliki risiko terkait kualitas produk, Resellerharus jeli dan cermat dalam memilih produk yang akan dijual, jika kualitas buruk tentu konsumen pun akan lari.

3. Freelancer Online

Shutterstock

Perkembangan digital dan internet membuat perubahan besar pada proses bisnis di dunia. Kini banyak sekali bisnis yang dijalankan hanya melalui gadget atau perangkat pintar. Keterbatasan ruang, jarak, waktu bisa teratasi dengan koneksi internet, salah satunya adalah menjadi freelancer di jagat maya.

Saat ini telah banyak website penampung para freelancer untuk mendapatkan proyek atau pekerjaan. Jenis pekerjaannya pun beragam, mulai dari penulisan artikel, jasa desain grafis, konten sosial media, pembuatan website, media sosial, marketing, hingga teknologi informasi.

Proses bisnis yang dilakukan pun secara online, dan pembayaran dari pekerjaan itu juga bisa dilakukan secara bank transfer. Nah ini bisa menjadi peluang bisnis sampingan yang menjanjikan ya. Apalagi yang punya skill dalam desain, media sosial, hingga teknologi informasi.

Cukup bermodalkan koneksi internet dan akun pada website penyedia freelancer, seseorang bisa menawarkan jasanya kepada konsumen.

4. Vlogger dan Youtuber

Shutterstock
Era penulis artikel berbayar seperti blogger mungkin sudah semakin ketinggalan jaman, saat ini beralih menjadi vlogger atau kepanjangan video blogger.

Saat ini banyak sekali bermunculan vlogger terkenal baik dari anak kecil hingga orang dewasa sekalipun.

Kemunculan vlogger tak serta merta muncul begitu saja, kehadiran platfrom video onlineYoutube menjadi penyebabnya. Banyak para vlogger dari terkenal hingga amatir sudah mendapatkan menisnya bisnis ini, caranya cukup dengan monetisasi akun atau channel pada Youtube.

Membuat konten seputar hobi atau skill yang digeluti menjadi hal yang menyenangkan ditambah dengan penonton yang jumlahnya ratusan bahkan jutaan, vlogger atau youtuber pun bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah dari hobinya. Akan tetapi bisnis ini memerlukan tingkat kreativitas yang tinggi dan soft skill yang mumpuni seperti videografi, cinematografi, hingga desain dan edit video.

Itu merupakan 4 ide bisnis tanpa modal yang bisa kamu terapkan di zaman milenial seperti ini. Jika pun ada resiko dan modal yang harus kamu keluarkan, nominalnya sangat kecil. namun keuntungan yang didapat sangat besar. Jadi, tidak ada salahnya untuk dicoba kan!.

About Isti RWD

Isti RWD Admin UKMRIAU