Fintech Pekanbaru

Fintech Pekanbaru
Pekanbaru


Fintech Pekanbaru Riau – Perkembangan teknologi saat ini mengalami kemajuan ke arah yang lebih praktis, modern dan serba cepat. Dari sisi bisnis, teknologi masuk ke berbagai bidang industri salah satunya di bidang industri finansial, untuk itu hadirlah Financial Technology (FinTech). Seperti yang kita ketahui bidang finansial merupakan bagian penting dalam kemajuan perekonomian negara-negara.

Hadirnya berbagai asosiasi finansial sebagai tanda dari perkembangan bidang ekonomi di Indonesia, seperti Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) dan berbagai asosiasi finansial lainnya. Saat ini tidak hanya sekedar asosiasi kartu kredit atau asuransi saja yang mendapat perhatian, karena asosiasi FinTech juga akan segera dibentuk di Indonesia.

Mengenal FIn Tech di Pekanbaru

Menurut definisi yang dijabarkan oleh National Digital Research Centre (NDRC), FinTech adalah istilah yang digunakan untuk menyebut suatu inovasi di bidang jasa finansial. Kata FinTech sendiri berasal dari kata financial dan technology yang mengacu pada inovasi finansial dengan sentuhan teknologi modern.

Konsep FinTech yang mengadaptasi perkembangan teknologi yang dipadukan dengan bidang finansial diharapkan bisa menghadirkan proses transaksi keuangan yang lebih praktis, cepat, aman serta modern.

Ada banyak hal yang bisa dikategorikan ke dalam bidang FinTech, diantaranya adalah proses pembayaran, transfer, jual beli saham, proses peminjaman uang secara peer to peer (P2P) dan masih banyak lagi.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Accenture, investasi keseluruhan pada bidang FinTech mulai merangkak naik dengan nilai mencapai 3 kali lipat dalam kurun waktu 2008 hingga 2013. Bahkan terhitung sejak tahun 2010 hingga 2013, nilai investasi di ranah FinTech berkembang hingga mencapai 4 kali lipat.

FinTech Dapat Mengubah Gaya Hidup Masyarakat

Bidang FinTech terus tumbuh menjadi sebuah kebutuhan baru bagi masyarakat. Beberapa alasan yang membuat FinTech menjadi bidang penting bagi gaya hidup dan keuangan masyarakat dunia antara lain adalah:

  1. Membantu perkembangan Startup baru

Banyak sekali Starup baru yang berupaya menciptakan inovasi di bidang FinTech. Salah satu contoh konkretnya adalah Moneythor. Moneythor adalah sebuah startup baru yang mencoba membuat produk baru demi memberikan pengalaman digital banking yang analisisnya lebih rinci dan detail. Startup di bidang FinTech tersebut biasanya tumbuh di Singapura yang menjadi pusat finansial bagi startup yang ingin menguasai ranah Asia.

  1. Mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat

Tidak hanya berfokus pada perolehan keuntungan yang besar, FinTech rupanya juga mampu meningkatkan taraf hidup dan daya beli masyarakat. Sebagai contoh, Soft Space yang merupakan startup asal Malaysia mulai berinovasi dengan menghadirkan merchant yang menerima pembayaran kartu kredit dan debit dengan biaya yang rendah.

Hampir sama seperti Soft Space, SmartPesa yang berbasis di Singapura juga mencoba menghadirkan inovasi FinTech dengan membangun infrastruktur perbankan sebagai solusi untuk meningkatkan daya beli masyarakat.

Di kawasan Asia Tenggara, FinTech berperan mengentaskan kemiskinan lebih dari 600 juta jiwa sambil terus berusaha memberikan bukti nyata tentang keuntungan startup demi meningkatkan kepercayaan para investor.

Fin Tech sangat berguna bagi para pebisnis di Indonesia untuk melakukan percepatan transaksi keuangan, mulai dari usaha kecil, menengah, dan besar.

Sumber : maxmanroe.com


Tentang Reza UKM

Web Development at Riau Web Design | Administrator at UKMRIAU | Mimin at KosNgosan | Still Ngenes With Single Status