Tips Sukses Bisnis Kuliner Jualan Soto

Tips Sukses Bisnis Kuliner Jualan Soto
Tips Bisnis

Sebelum anda membuka usaha soto dibawah ini ada beberapa tips untuk persiapan dan pelaksanaan menjalankan usaha soto

1. modal awal
– Persipakan peralatan dan bahan baku membuat soto, misalnya daging, sayuran, mie dan bahan lain untuk membuat soto. Sesuaikan masakan dengan selera dan kebutuhan. Modal awal yang dibutuhkan membuat soto cukup kecil, sekitar Rp 300 ribuan. Modal tersebut tergantung jumlah yang akan anda buat.

– Anda bisa menjual soto menggunakan grobak, tergantung modal anda. Kalau modal kecil anda bisa keliling dengan sepeda atau juga jualan didepan rumah atau pinggir jalan.

– Untuk peralatan pembuatan anda bisa menyiapkan yang dibutuhkan saja, seperti mangkok atau plastik untuk membungkus bagi pembeli yang ingin dibawa pulang

– Untuk penjualannya sebaiknya anda sendiri yang langsung menjual, supaya tau selera pasar dengan soto anda, tetapi bila anda tidak ingin turun langsung anda bisa mencari orang untuk menjualkannya

2. Persiapan matang
Langkah awal untuk anda yang ingin menjual soto, sebaiknya anda mencari tempat yang setrategis, seperti dekat sekolahan, didaerah pasar, terminal, dan masih banyak daerah lain yang ramai orang. Berilah layanan yang baik kepada konsumen agar prang yang membeli kerasan dan ingin membeli lagi dan disamping itu anda bisa menjual minuman kaleng. Agar usaha soto anda dapat dikenal orang buatlah merek untuk soto anda.

3. Harga penjualan
Untuk penjualan bisa anda patok dengan harga yang murah saja, misal satu porsi Rp 5.000. dan untuk mendapatkan banyak pembeli berilah harga ekstra misalnya Rp 3.000 tetapi porsinya anda kurangi. Dan pertahankan citra rasa soto anda, biasanya kalau soto enak harga murah pasti orang ingin menambah. Dan jangan lupa untuk menjual minuman juga. Sesuaikan harga soto sesuai tempat dan lokasi anda karena setiap tahun harga bahan pokok selalu naik, jadi tadi itu hanya contoh saja.

4. Jenis soto
Anda bisa menjual soto sesuai dengan jenis soto didaerah anda. Anda juga bisa menjual jenis soto yang lain apabila anda bisa membuatnya. Carilah pasar jenis soto yang disukai orang orang ditempat anda. Banyak seklai jensi soto atau anda bisa menjual dengan beberapa jenis soto.

Sumber : bisnissampingan007.blogspot.com

About Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA