Tips Pembuatan Jelly Nanas

Tips Pembuatan Jelly Nanas
Tips Bisnis

Jelly adalah produk yang terbuat dari sari buah dan dimasak dengan gula,yang berwarna jernih, transparan dan cukup kukuh mempertahankan bentuknya apabila dikeluarkan dari wadah. Zat pokok yang diperlukan pada pemnuatan jelly adalah pektin,gula, dan asam.

Bila dimasak pada kondisi tertentu gabungan ketiganya tersebur akan mambentukjelly. Pektin banyak terkandung di dalam daging buah seja awal proses pematangan, sedangkan pada buah yang masih muda dan belum masak tidak mengandunng pektin.

Cara pembuatan jelly dipengaruhi oleh tingkat kematangan buah dan jenis buah yang digunakan. Tidak semua buah mempunyai kandungan pektin yang tinggi.

Selain berfungsi sebagai rasa manis dan pengawet. Banyaknya gula yang tambahan pada kandungan pektin dan asam. Semakin tinggi kandungan pektin pada buah maka semakin banyak gula yang ditambahkan,sedangkan semakin asam rasa buahnya semakin sedikit gula yang ditambahkan. Kualitas jelly yang dihasilkan sebanding dengan gula yang ditambahkan. Semakin banyak gula yang ditambahkan, semakin lembek jelly yang dihasilkan sehingga bentuknya seperti sirup.

Sumber : bisnisukm.com

About Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA