Rabu, 14 Agustus 2019 10:39:19
Dilihat sebanyak 420 kali

Tips Menyusun Skripsi

Tips Menyusun Skripsi
Tips Bisnis

Sudah menjadi rahasia umum bahwa menyusun skripsi itu bisa lebih sulit dibandingkan dengan Ujian Nasional. Memang tidak semua mahasiswa/i merasa kesulitan dalam menyelesaikan skripsinya, namun secara garis besar skripsi telah menjadi momok bagi setiap mahasiswa/i tingkat akhir. Nah untuk sedikit meringankan beban untuk Anda yang sedang atau akan mengerjakan skripsi, berikut ini adalah beberapa tips menyusun skripsi :

Siapkan Segala yang Diperlukan Lebih Awal
Sebagai mahasiswa/i tingkat akhir tentu sebelum memasuki masa pengerjaan skripsi, Anda akan dihadapkan dengan berbagai hal untuk persiapan. Sebagai langkah awal sebaiknya 1 atau 2 semester sebelumnya Anda harus sudah memulai persiapan ini. Jangan memulai persiapan saat Anda memasuki semester akhir atau Anda akan merasa seperti dikejar-kejar oleh waktu.

Persiapan lebih awal yang bisa dilakukan seperti mencari topik atau judul yang akan diangkat. Lalu pelajari juga tentang berbagai teknik penyusunan proposal dan pilih yang paling sesuai. Jika semua ini sudah dilakukan maka saat penyusunan skripsi tiba, Anda tidak akan merasa terlalu tertekan.

Buat Jadwal yang Tepat dan Patuhi
Dalam melakukan apapun, perencanaan dan disiplin adalah hal yang penting termasuk dalam penyusunan skripsi. Jika Anda termasuk orang yang teratur pastinya jadwal yang dibuat tidak akan memunculkan masalah apapun. Lain halnya jika Anda tipikal orang yang sulit untuk menyusun kegiatan dan mematuhinya, jadwal yang sudah dibuat pun bisa berantakan.

Jadi pastikan bahwa Anda akan menepati jadwal yang telah dibuat sebelumnya. beberapa jadwal yang bisa Anda buat adalah, jadwal bertemu dosen, jadwal mencari data dan referensi hingga deadline penyerahan skripsi. Penyusunan jadwal ini akan membuat Anda bisa menyelesaikan skripsi tepat waktu dan bahkan bisa lebih cepat.

Aktif Dengan Dosen
Mengingat salah satu penghalang penyelesaian skripsi adalah dosen pembimbing maka tidak ada salahnya untuk lebih intens bertemu dengan dosen. Pastikan setiap kali pertemuan berlangsung, skripsi Anda mengalami kemajuan yang baik. Pertemuan rutin dengan dosen juga bisa membuat dosen menyadari bahwa Anda benar-benar berusaha keras untuk menyelesaikan skripsi.

Cari Motivasi
Dalam melakukan apapun penting bagi Anda untuk memiliki motivasi. Motivasi akan membuat Anda lebih semangat dalam mengerjakan skripsi. Ada banyak hal yang bisa Anda jadikan motivasi mulai dari liburan, membeli barang yang diinginkan hingga memajang foto-foto orang terkasih. Cara-cara ini bisa membangkitkan mood dan semangat Anda untuk terus melanjutkan perjuangan dalam menyelesaikan skripsi.

Kurangi Waktu Bermain dan Istirahat yang Cukup
Untuk bisa menyelesaikan skripsi tepat waktu, Anda wajib untuk mengurangi waktu bermain dan waktu luang yang terkadang terbuang sia-sia. Jika biasanya seminggu Anda menghabiskan waktu 3-4 kali untuk hangout bersama teman maka saat menyusun skripsi Anda bisa mengurangi intensitasnya menjadi akhir pekan saja. Sebisa mungkin efektifkan waktu untuk skripsi dan kesampingkan hal-hal yang sekunder.

Namun, meski Anda mengurangi waktu bermain bukan berarti tidak beristirahat dengan cukup. Istrirahat yang cukup harus Anda lakukan dan tidak boleh tidak. Pastikan tubuh dan fikiran Anda fresh setiap hari dengan memiliki tidur yang cukup. Jangan lupakan juga untuk makan makanan sehat dan bergizi sebagai penunjang tubuh saat mengerjakan skripsi. Ingat bahwa skripsi memang tidak terlihat menguras fisik Anda, tapi secara psikis skripsi menjadi penguras yang baik.

Sumber : carajadikaya.com

About Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA