Tips Memulai Waralaba Singkong Keju

Tips Memulai Waralaba Singkong Keju
Tips Bisnis


BeritaUKM – Kau Makan Singkong, Ku Makan Keju. Lagu di era 80 an tersebut seperti menggambarkan si miskin dan si kaya lewat makanannya. Tapi kini tak lagi sejak hadir kombinasi antara singkong dan keju menjadi sebuah camilan yang populer.

Sekilas tak ada yang istimewa dari perpaduan dua jenis makanan ini. Bahkan banyak yang menyangka hanya singkong goreng biasa. Tapi jika diperhatikan akan terlihat warnanya yang lebih kuning dan terdapat serpihan ketika digoreng. Dan jika dimakan maka akan lebih terasa perpaduaan rasa keju dan singkong

Cara membuatnya pun mudah, singkong digoreng dulu setengah matang kemudian direndam oleh cairan keju selama beberapa menit. Setelah itu didiamkan hingga bumbu meresap. Kemudian digoreng kembali hingga garing.

Kini singkong keju mulai dikenal oleh masyarakat terutama di kota-kota besar seperti Jakarta. Peminatnya pun beragam dari kelas kaki lima hingga pekerja kantoran.  Harga jualnya tak berbeda dengan gorengan biasa, Rp 1000-2000 per buahnya. Memang yang agak sulit adalah mencari singkongnya, karena singkong di daerah perkotaan sudah mengalami kelangkaan. Jadi harus memesan dulu di luar provinsi.

Jika Anda ingin memulai bisnis waralaba ini maka ada hal-hal yang Anda harus persiapkan yaitu

  1. Tentukan lokasi untuk menjual, pilihlah tempat startegis dan jangan di tempat yang mengundang kemacetan. Karena bisa-bisa Anda ditangkap oleh Satpol PP karena membuat macet jalanan.
  2. Siapkan gerobak, tak perlu terlalu besar yang penting bisa membawa barang dagangan. Biasanya gerobak dilengkapi oleh kompor dan wajan, juga tempat untuk menaruh bahan-bahan masakan.
  3. Anda harus punya langganan yang memproduksi singkong atau Anda sendiri yang memulai menanam. Karena kita tak tahu jika tiba-tiba permintaan singkong menjulang. Jangan sampai permintaan tinggi namun kita tak bisa memenuhi.
  4. Sama seperti singkong, Anda harus memiliki produsen keju langganan jadi tak terlalu mahal jika harus membeli eceran.
  5. Meski hanya pedagang singkong keju, Anda harus rajin berinovasi mencari rasa-rasa baru yang cocok untuk camilan singkong keju. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari kebosanan pelanggan.

Tentang Isti RWD